Bahasa Pemrogaman Untuk Pemula

8 Aug 2020 13:09 204 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bingung menentukan bahasa pemrogaman yang akan dipelajari? Yuk cek disini.

Untuk seorang pemula pasti sangat merasa bingung ketika memikirkan bahasa pemrograman apa yang akan dipelajari dan bisa bermanfaat untuk karier. Nah untuk itu saya akan memberikan rekomendasi bahasa pemrograman apa saja yang layak untuk dipelajari menurut kepopulerannya.

Oke langsung saja ini adalah bahasa pemograman yang layak dipelajari berdasarkan kepopulerannya.

 

1.Python

Menurut sebuah situs yang membahas kepopuleran bahasa pemrograman, Python menjadi bahasa pemrograman terpopuler no 1.  Python memang bahasa yang diterima secara luas sebagai bahasa pemrograman yang paling banyak dipelajari. Hal ini karena bahasa ini mudah dipahami dan mudah digunakan untuk pengembangan. Python menawarkan kode yang bersih dan terstruktur dengan baik sehingga cukup kuat untuk membangun aplikasi web yang layak.

Bahasa pemrograman Python pun sangat flexible karena dapat digunakan dalam banyak kegunaan seperti aplikasi desktop, web, pembelajaran mesin, ilmu data, dll. Nah jadi karena itulah bahasa pemrograman ini sangat di rekomendasikan.

 

2.Java

Nah yang ke-2 adalah bahasa pemrograman Java. Java berada di peringkat kedua bahasa pemrograman terpopuler menurut situs yang sama. Java paling banyak digunakan di kalangan organisasi dan perusahaan besar. Selama beberapa dekade, Java digunakan untuk membangun aplikasi web skala perusahaan. Hal ini karena Java dikenal stabil sehingga banyak perusahaan yang menggunakannya.

Java bisa digunakan untuk membuat website bahkan Java banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi android. Bisa dibilang bahasa pemrograman Java ini flexible layak nya Python yang bisa digunakan untuk membuat program yang bisa berjalan di perangkat manapun. Nah karenanya Java juga layak untuk dipelajari ya.

 

3.Javascript

Yap masuk diperingkat ketiga kali ini ditempati oleh bahasa pemrograman Javascript. Namanya memang mirip dengan Java namun ini berbeda dengan Java. Javascript menjelma menjadi bahasa pemrograman dinamis tingkat tinggi yang sangat populer dikalangan developer. Biasanya para developer menggunakan Javascript ini untuk membuat sebuah website yang interaktif.Namun tak hanya untuk membuat sebuah website, Javascript juga bisa digunakan di platform lain seperti android.

Karena ini bahasa pemorgraman yang satu ini pun sangat layak untuk dipelajari pemula.

 

4.C++

Nah bahasa yang satu ini mungkin biasanya banyak dipelajari di kalangan pemula karena bahasa pemrograman ini sangat mudah difahami untuk pemula yang baru mengenal dunia pemrograman. C ++ masih tetap diminati karena fleksibilitas, kinerja, dan berbagai konteks tempat Anda dapat menggunakannya. Sampai saat ini C++ telah berkembang sehingga bisa digunakan di dalam banyak kegunaan seperti pemrograman sistem, aplikasi GUI, game development, IoT dan real-time system dll.

Nah bahasa ini pun juga layak untuk dipelajari.

 

5.PHP

Nah bahasa yang selanjutnya adalah bahasa pemrograman PHP. PHP masih layak kita pelajari karena masih banyak dipakai sebagai back-end dari sebuah website statis maupun dinamis. Di Indonesia saja bahasa ini sering sekali digunakan untuk membuat sebuah website. Kelebihan dari PHP adalah banyaknya framework yang canggih, mudah memulai membuat halaman web, dukungan komunitas yang luas, banyak alat otomatisasi untuk menguji dan menggunakan aplikasi, mendukung paradigma pemrograman berorientasi objek dan fungsional.

 

Nah mungkin itu saja bahasa pemrograman yang layak dipelajari untuk kalangan pemula. Mau apapun bahasa yang dipilih alangkah baiknya mencoba satu-satu untuk dipelajari karena semua bahasa diatas sangat layak untuk dipelajari untuk kalangan pemula ataupun bukan. Pastikan kalian benar-benar menentukan bahasa apa yang akan kalian perdalam untuk dipelajari. Sekian dan Stay Coding.

 

 

Tags

About The Author

Muhammad Iqbal 16
Novice

Muhammad Iqbal

#SkuyLiving

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel