Tips dan Cara Perawatan Motor Listrik Agar Awet

27 Jul 2020 08:50 139 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Motor listrik telah menjadi fenomena di dunia. Penggunaan motor listrik sudah mulai digalakkan untuk menggantikan penggunaan bahan bakar fosil. Tentunya akan memerlukan perawatan motor listrik yang berkala agar awet dan tidak terjadi trouble pada motornya

Perawatan motor listrik tidak musti harus dipasrahkan penuh kepada bengkel. Anda pun wajib mengerti bagaimana cara merawat motor listrik. Motor listrik sekerang menjadi trend transportasi yang ramah lingkungan dan bebas polusi. Bahkan fenomena motor berpenggerak tenaga listrik ini sedang digalakkan oleh pemerintah, agar kelak bisa menggeser motor berbahan bakar fosil. Bahkan Dahlan Iskan begitu bersemangat membiayai hingga milyaran rupiah hanya untuk riset tentang mobil listrik.

Tak hanya itu malah Menteri BUMN ini pernah celaka dengan mobil risetnya di dekat Telaga Sarangan Magetan. Ini bukti kesungguhan dari pejabat negara yang peduli terhadap, masa depan motor listrik.  Karena  selama ini di Indonesia masih sebatas negara konsumen terhadap produsen kendaraan listrik yang berasal dari luar negeri.

Sekarang ini sudah banyak dijual sepeda listrik yang digerakan dengan accu atau baterei. Walaupun tenaganya masih terbatas, tapi rupanya sepeda motor jenis ini mulai diminati oleh masyarakat luas.  Selain itu faktor harga yang lumayan murah dari pada motor mesin, sehingga lebih terjangkau.

Namun demikian tak berarti motor listrik itu bebas perawatan.  Justru itu teknologi secanggih apa pun jika tak dipelihara pasti cepat rusak.

Kinerja Motor Listrik

Sebelum Anda membeli sepada listrik, ada baiknya mempelajari sistem kerja motor listrik dahulu, agar tahu trouble shooting-nya jika motor Anda tiba-tiba mogok. Pada dasarnya kinerja motor listrik itu bersumber pada  dinamo sebagai rotor penggerak.

Prinsip kerja motor listrik adalah energi listrik diubah menjadi energi mekanik, komponen yang berfungsi mengubah energy bisa berubah dynamo atau generator. Generator ini bisa sebut sumber dari gerak mekanis. 

Pada sepeda listik motor ini dipakai untuk menggerakan gear depan yang terhubung dengan sabuk karet/belt. Ketika poros generator berputar otomatis sabuk karet pun berputar dan menggerakan gear depan. Sehingga sepeda jadi bergerak ke depan.

Sekarang pertanyaannya sumber listrik atau tenaga untuk menggerakan generator itu berasal dari mana? Dan disimpan di mana?

Listrik disimpan pada sebuah battery khusus, jenis baterei ini dapat diisi ulang lagi /discharge jika listrik yang disimpan habis. Kapasitas battery untuk menggerakan motor listrik cukup besar, bisa digeber sempai 70 km, dengan tenaga battery full. Apalagi charging battery tak butuh waktu lama.

Untuk kedepannya teknologi battery tetap terus dikembangkan hingga menemukan battery andal yang dapat menyimpan banyak listrik, tapi dengan bentuk yang kecil.

Kelebihan Motor Listrik

Tiga tahun belakangan ini trend motor listrik tengah digemari masyarakat Indonesia. Motor listrik dengan tenaga battery ini bentuknya campuran antara sepeda motor dan sepeda ontel. Banyak alasan mengapa sepeda listrik disukai konsumen. Ketika naik sepeda listrik ini kita tak usah capek-capek mengayuh pedal, tinggal putar kunci stater, bisa langsung jalan. Saat battery habis, tak masalah tinggal mengayuh pedal saja layaknya naik sepeda.

Berikut ini adalah penjelasan kelebihan motor listrik:

1. Hemat Energi
Sepeda listik ini menjawab gaya hidup hemat energy yang tengah gencar disosialisasikan oleh pemerintah maupun LSM.  Hemat energy merupakan salah satu alasan kuat membeli sepeda listrik. Sepeda ini hanya butuh tenaga listrik saja, dan cukup discharge dengan melalui kabel yang dihubung dengan saklar listrik saja. Seperti Anda mencharge telpon seluler. Waktu transfer enegi ini pun tak lama. Untuk mengisi batrey full butuh tiga jam saja. 

 

2. Murah
Berbeda dengan sepeda motor mesin yang relative mahal. Rata-rata motor baru hargannya bisa mencapai angka di atas sepuluh juta rupiah. Sedangkan sepeda listrik ini harganya antara dua juta sampai lima juta rupiah saja, semua bergantung spesifikasi dan merk saja. Selain itu dilengkapi dengan layanan purna jual, misalnya garansi service, perawatan rutin dan penjualan sparepart.

 

3. Awet 
Sepeda listrik termasuk transportasi yang terbilang awet, karena sebagian spareparnya bisa memakai sparepart sepeda ontel biasa. Asalkan pemilik merawat secara rutin, sepeda ini bisa dipakai bertahun-tahun tanpa ada kendala berarti. 

 

4. Bebas Polusi
Kendaraan listrik merupakan alat transportasi yang ramah lingkungan, dan tak menimbulkan polusi sama sekali. Mesin ini tak memakai bahan bakar jadi pada sistem geraknya meniadakan ruang bakar, sehingga tak membuang polusi.  Bahkan kendaraan listrik meniadakan polusi udara dan polusi suara, mesin ini bekerja dengan hening.

Diproyeksikan di masa depan teknologi mesin mobil akan diganti dengan listrik, menggantikan BBM yang diperkirakan habis dua puluh lima tahun lagi.

 

5. Aman
Sepeda listrik termasuk kendaraan yang aman, dan bisa dikendarai oleh siapa saja termasuk anak-anak sekalipun. Kecepatan maksimal kendaraan listrik hanya 40 km / jam, jadi tak bisa dibuat ngebut. Sistem kemana kendaraan ini dilengkapi dengan dua rem tromol depan dan belakang. Selain itu juga dilengkapi dengan dua spion kanan dan kiri. Pengendaraanya pun diwajibkan memakai helm pengaman ketika merambah jalan raya.

 

 

Tips Perawatan Jenis Motor Listrik

Merawat kendaraan listrik seperti sepeda, biasanya perlu diperhatikan adalah kelistrikannya seperti battery, sirkuit dan sistem geraknya seperti rantai roda dan poros. Berikut ini adalah tips ringkas tentang perawatan motor listrik.

1. Pembersihan
Sepada listrik seminggu sekali atau setelah habis dipakai sebaiknya wajib dibersihkan dari kotoran yang melekat. Terutama ketika dipakai saat hujan, semua body sebaiknya dikeringkan dengan kain, terutama pada rangkaian kabel. Air hujan bisa bisa mempercepat korosi pada kerangka sepeda.

 

2. Penggantian Sparepart
Bagian yang paling aus pada sepeda antara lain ban luar, ban dalam. Dua benda itu sebaiknya diganti jika ban luar mulai gundul, sedangkan ban dalam jika pernah bocor tiga kali sebaiknya ganti dengan ban baru.

Begitu juga dengan battery penyimpan listrik, wajib diganti jika umurnya lebih dari dua tahun. Tanda-tanda battery soak ditandai dengan , cepat habis / ngedrop, padahal baru saja discharge. Anda bisa membeli battery baru ditoko sepeda atau toko sparepart motor. Harga battery baru bervariasi antara 30 ribu sampai satu juta rupiah.

 

3. Charging
Perawatan motor listrik termasuk cara mencharging battery, sebaiknya waktu transfer listrik ke battery jangan dibiarkan semalam suntuk, karena bisa memendekan usia battery sepeda Anda. Ketika battery sudah penuh, dengan ditandai nyala lampu hijau sebaiknya stekernya langsung dicabut.

Tags

About The Author

Andy Ganteng 9
Novice

Andy Ganteng

Ganteng Yang Jelas

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Andy Ganteng