6 Tips Makan Sehat saat Berbuka Puasa

25 Apr 2020 09:30 234 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Selama kurang lebih 14 jam lamanya berpuasa, tubuh kita tentunya harus dimanjakan dengan asupan gizi yang seimbang dan menyehatkan.

Kemuliaan yang terdapat dalam bulan ramadhan sepatutnya dijadikan momen bagi umat islam untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas ibadah. Banyak momen yang dinantikan dalam bulan puasa dan tidak ada di bulan-bulan lainnya, salah satunya adalah berbuka puasa.

Setelah hampir 14 jam lamanya kita tidak makan dan minum pastilah tubuh kehilangan energi, cairan, dan nutrisi yang dibutuhkan untuk organ-organ tubuh kita agar dapat berfungsi dengan baik. Itulah mengapa asupan gizi seimbang ketika berbuka puasa mutlak diperlukan. Jadi bukan hanya berbuka puasa untuk membatalkan saja tapi berbuka puasa untuk kesehatan dengan menu buka puasa yang sehat pula.

Selain air, minuman terbaik saat berbuka puasa adalah jus buah atau sayuran seperti pisang, kurma dan apel. Namun tahukah kalian menu buka puasa apa saja sih yang baik untuk kesehatan? yuk simak artikel tentang menu buka puasa sehat berikut ini…

Pada prinsipnya makanan yang baik untuk berbuka itu harus memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Cepat mengembalikan energi.
  • Mengembalikan cairan yang hilang selama berpuasa (menghidrasi).
  • Tidak memberatkan pencernaan.

 

Untuk mencapai hal-hal tersebut, maka berikut tips sehat yang bisa Anda terapkan ketika berbuka puasa:

1 .Mulailah dengan makan 3 biji kurma

Berbuka puasa dengan memakan 3 biji kurma itu sangat bermanfaat, erutama bagi Anda yang menderita sakit kepala atau pusing karena kadar gula darah rendah selama puasa.

 

2. Pastikan minum cukup air

Anda bisa minum jus buah segar atau yogurt sebelum mulai makan. Hal ini akan mencegah dehidrasi dan menyediakan cairan penting bagi tubuh Anda.

 

3. Makanlah salad atau buah-buahan

Ini sangat penting, karena kedua jenis makanan tersebut kaya akan vitamin, mineral dan serat. Makanan ini akan memberi perasaan kenyang, mencegah Anda makan berlebihan nantinya.

 

4. Santap semangkuk sup (jika ada)

Ini salah satu menu hidangan yang sangat diperlukan selama Ramadhan, karena sup ramah untuk pencernaan sebagai pemanasan awal sebelum menyantap hidangan yang lebih berat.

 

5. Konsumsi Hidangan utama.

Hidangan utama akan lebih baik disantap setelah menunaikan ibadah sholat maghrib. Konsumsilah makanan dalam jumlah sedang untuk menjaga kesehatan. Hidangan utama harus mengandung sumber karbohidrat seperti nasi, kentang atau ubi, serta beberapa bentuk protein seperti daging sapi, ayam atau ikan, selain sayuran yang dimasak.

 

6. Hindari permen atau sejenisnya 

Jenis makanan seperti ini adalah salah satu yang harus dihindari karena jenis makanan ini kaya akan lemak, garam dan gula.

 

 

Demikian Tips Makan Sehat Saat Berbuka Puasa kali ini semoga bermanfaat untuk kalian semua. Selamat berpuasa bagi yang menjalankannya.

Tags

About The Author

arienichigo 14
Novice

arienichigo

baking lovers and love to experiment to make cake and bread

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel