Cara Membuat Fluffy Pancake

5 Jun 2020 08:20 306 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bikin sarapan pancake? Pasti nggak puas kalau pancake buatanmu padat dan bantat

Jepang kembali mempopulerkan fluffy pancake miliknya. Kuliner asal Negeri Sakura memang selalu memiliki tempat tersendiri di hati. Wajar saja, makanan khas Jepang biasanya memiliki konsep serta cita rasa yang unik dan lezat.

Berbeda dengan pancakes biasa yang padat, fluffy pancakes memiliki tekstur yang lebih berongga dan ringan seperti spons. Jika wadah piring pancakes digoyangkan, seluruh bagiannya akan bergelambir karena rongga yang dimilikinya.

Teksturnya yang ringan dan lembut membuat santapan ini cocok untuk sarapan atau sekedar kudapan. Karena tidak terlalu padat, fluffy pancakes tak akan memberi rasa kenyang berlebih layaknya pancakes biasa.

Jika penasaran dengan fluffy pancakes, kalian bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain mudah, bahan yang diperlukan pun cukup sederhana.

Nah, berikut ini adalah cara membuat fluffy pancakes.

 

Bahan-bahan:

  • 150 gr tepung terigu
  • 2 butir telur, pisahkan putih dan kuning telurnya
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm madu
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt vanilla essence
  • 50 ml air/ secukupnya
  • Butter unsalted secukupnya

 

 

Cara membuat:

1. Ayak tepung terigu agar tidak ada yang menggumpal.

 

2. Kocok putih telur hingga kaku, jika bowl  di balikkan adonan tidak tumpah.

 

3. Campurkan gula, kuning telur, madu, vanila essence dan garam. Aduk hingga mengembang dan gula larut, kocok dengan kecepatan sedang.

 

4. Tuang sedikit demi sedikit tepung terigu ke dalam adonan kuning telur, aduk rata. Tuangkan air sedikit demi sedikit dan aduk rata lagi.

 

5. Masukkan putih telur ke dalam adonan, aduk adonan perlahan jangan terlalu cepat dan diamkan adonan di dalam kulkas selama 10-15 menit.

 

6. Panaskan teflon, beri olesan butter secukupnya, masak dengan api kecil hingga muncul lubang-lubang kecil. Balik adonan agar matang merata, kemudian sisihkan. Lakukan hingga adonan habis.

 

Tips Membuat Pancake Fluffy Anti Gagal

  • Panaskan wajan anti lengket dengan api sedang terlebih dahulu sebelum Anda menggunakannya untuk memasak pancake. Setelah cukup panas, kecilkan api dan tunggu sekitar 2 menit. Setelah itu, oles wajan dengan butter tipis-tipis. Kalau ada kelebihan butter yang menempel, bersihkan saja dengan menggunakan serbet kertas.

  • Untuk menakar adonan dengan tepat, gunakan ring cutter atau ring cake berukuran sedang. Masukkan adonan pancake ¾ ring cutter atau ring cake. Tuangkan adonan dari tengah dan teruskan dengan gerakan berputar perlahan sampai adonan berbentuk bulat sempurna. Olesi butter untuk lingkaran dalamnya agar tidak lengket.

  • Tunggu pancake sampai benar-benar matang. Jangan terburu-buru untuk membaliknya atau memanaskan wajan dengan suhu yang tinggi. Anda bisa membalik adonan pancake yang sudah matang saat warna kulit bagian bawahnya terlihat berwarna cokelat keemasan dan terlihat gelembung di bagian permukaan di atasnya.

  • Gunakan pergelangan tangan untuk membalik adonan pancake. Cara ini akan membuat bentuk pancake tetap bulat.

  • Pastikan menggunakan baking powder yang masih baru, sehingga adonan pancake dapat mengembang dengan baik.

  • Untuk menghindari munculnya gumpalan pada adonan, Anda bisa mengocok atau mengaduk bahan-bahan kering terlebih dahulu dengan alat pengocok adonan atau lebih sering disebut whisk.

  • Diamkan adonan beberapa saat sekitar 15 - 30 menit sebelum dipanaskan di atas wajan. Cara ini akan membuat bahan-bahan di dalam adonan tercampur dengan lebih sempurna.

  • Jangan terlalu sering mengaduk adonan. Semakin sering mengaduk adonan, pancake yang dihasilkan akan keras dan padat, serta bertekstur kasar.
  • Gunakan api kecil hingga sedang untuk memanggang fluffy pancake. Hal ini dilakukan agar pancake matang secara merata dari bagian tengah.

 

Pancake bisa menjadi pilihan menu yang pas untuk melengkapi sarapan kalian bersama keluarga. Terlebih bila pancake disajikan selagi hangat, rasanya tentu akan semakin nikmat. Pancake yang enak dilihat dan enak di lidah adalah yang lembut tapi juga bisa mengembang sehingga menggugah selera. Untuk topping, kalian bisa menambahkan selai cokelat, selai strawberry, selai blueberry, butter, madu, atau apapun sesuai selera. Selamat mencoba…

Tags

About The Author

arienichigo 15
Novice

arienichigo

baking lovers and love to experiment to make cake and bread

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel