Macam-Macam Sajian Minuman Kopi di Indonesia

6 Jan 2020 17:10 172 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Kopi adalah salah satu minuman yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia.

Sebagai salah satu dari negara penghasil kopi terbesar di dunia, masyarakat Indonesia pastinya tidak asing lagi dengan yang namanya kopi. Nah kopi yang akan dibahas disini bukanlah kopi instan yang dijual di warung, namun kopi seduh yang sebagian besar anak muda menyebutnya “Kopi Kekinian”.

Kopi yang disediakan di berbagai kafe biasanya ada dua tipe, yaitu espresso based dan manual brew. Dibawah ini adalah berbagai macam seduhan kopi dari espresso based maupun manual brew.

 

Espresso Based

Kopi berbasis espresso banyak disajikan di berbagai macam kafe di Indonesia. Sebagian dari jenis-jenisnya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat indonesia.

Berikut jenis- jenis kopi espresso based:

1. Espresso

Espresso

Kopi Espresso ini awalnya berasal dari bahasa Italia yang berarti express (cepat). Espresso dihasilkan dari bubuk kopi yang ditekan dalam suhu yang sangat panas, dan hasil dari tekanan itu sering kali disebut “shot” atau “espresso shot”. Espresso berwarna hitam dengan buih berwarna coklat yang disebut crema diatasnya, buih tersebut terbentuk dari tekanan minyak dari bijih kopi.

 

2. Ristretto

ristretto

Ristretto pada dasarnya sama seperti espresso, namun saat pembuatannya menggunakan takaran kopi yang sama namun dengan dosis air yang sedikit.

 

3. Americano

Americano

Kopi Americano pada dasanya adalah espresso, namun ditambah dengan air panas sehingga warnanya tidak sepekat espresso. Americano juga bisa disajikan dalam keadaan dingin, istilahnya adalah iced americano.

 

4. Cappuccino

cappuccino

Para penikmat kopi pastinya sudah tidak asing lagi dengan cappuccino. Cappuccino adalah olahan espresso yang dipadukan dengan steamed milk dan foam. Cappuccino memiliki berbagai komposisi, ada yang menggunakan espresso dan steamed milk dengan komposisi 1:1, ada juga yang menggunakan espresso, steamed milk dan foam dengan rasio masing-masing 1/3.

 

5. Macchiato

macchiatto

Macchiato pada dasarnya adalah espresso yang ditambahkan dengan susu. Machiato sangat cocok untuk orang yang tidak suka kopi yang terlalu pahit. Ada dua jenis macchiato, yaitu latte macchiato (rasio susunya lebih banyak dari kopi) dan caffe macchiato (rasio susunya lebih sedikit).

 

6. Latte

latte

Pada dasarnya latte sama seperti cappucchino dan macchiato namun memiliki komposisi foam yang lebih sedikit. Latte biasanya disajikan dengan dengan berbagai macam kreasi yang disebut sebagai latte art.

 

7. Mochaccino

moccachino

Mochaccino atau biasa disebut moka merupakan kopi yang terdiri dari perpaduan espresso, susu, dan coklat. Moka juga biasanya diberi berbagai macam topping, ada yang menggunakan bubuk coklat, sirup coklat, atau susu coklat.

 

8. Affogato

affogato

Affogato adalah es krim vanila yang dituangkan espresso shot. Affogato memiliki tekstur dan rasa yang khas dari hasil perpaduan dari espresso yang pahit dan es krim yang meleleh saat dituangkan espresso.

Minuman ini berasal dari italia, dan es krim yang digunakan pun biasanya berasal dari italia yaitu gelato.

 

Manual Brew

Manual brew merupakan teknik menyeduh kopi yang tidak memerlukan mesin yang mahal. Kopi yang dihasilkan dari penyeduhan pun biasanya disebut nonespresso.

Kopi manual brew tidak kalah populer dibandingkan kopi espresso based, karena memiliki cita rasa yang khas.

Berikut daftar kopi manual brew yang sering dijumpai di beberapa kafe di indonesia:

1. Kopi Tubruk

Kopi Tubruk

Kopi Tubruk sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, kopi ini biasa dinikmati ditengah-tengah istirahat setelah bekerja. Cara membuat kopi ini sangatlah sederhana, yaitu dengan menyeduh kopi bubuk dengan air panas.

 

2. Pour Over

Pur Over

Pour Over merupakan sebuah teknik membuat kopi dengan cara mengalirkan air pada bubuk kopi diatas sebuah saringan (filter). Ada dua alat yang biasanya digunakan untuk teknik ini, yaitu V60 dan Chemex.

Tags Kopi

About The Author

Daffa Juliano 13
Novice

Daffa Juliano

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel