Tarian Seblang,Tarian Khas Suku Osing

17 Mar 2020 18:10 217 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tarian Seblang ,sebuah tarian ritual dari Banyuwangi ,Jawa Timur 

Ketika berkunjung ke wilayah Banyuwangi akan menjumpai tarian Seblang .Tarian Seblang ,sebuah tarian khas Suku Osing.Tarian Seblang  berbeda dengan tarian lain dari Suku Osing.
Cirikhas tarian khas Suku Osing  terletak pada penarinya . Tidak  seperti tarian lain .Penari Seblang tak bisa sembarang orang yang bisa menarikan tarian seblangsari. Tarian Seblang tidak bisa digelar setiap saat. Tarian Seblangsari hanya bisa dijumpai saat hari tertentu yakni ritual hari raya Idul Fitri dan Idul Adha setiap tahunnya.


Tarian Seblang juga hanya dijumpai di dua desa yaitu Desa Bakungan dan Desa Olehsari  di wilayah Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi.TarianSeblang digelar untuk keperluan bersih desa dan tolak balak agar desa aman dan tentram.


Ritual tarian Seblang di Banyuwangi ini diduga memiliki persamaan dengan ritual Sintren yang digelar wilayah Cirebon dan ritual Sanghyang Dedari di Pulau Bali. Beberapa alasan tidak sembarang orang bisa menarikan tarian Seblang .Hal ini terjadi menurut  Pramoe Soekarni dari Dewan kesenian Banyuwangi menyebutkan penari Seblang harus berasal dari keturunan tertentu pada sebuah keluarga di dua desa Banyuwangi yakni Desa Olehsari dan Desa Bakungan.

Dua desa ini menurut Pramoe yang punya tradisi tarian Seblang. Bedanya menurut Pramoe tarian Seblang di Desa Olehsari ditarikan oleh anak gadis yang masih perawan.


Penari Seblang di Desa Olehsari dibawah umur yang masih duduk dibangku  SD  terpilih menjadi penari Seblangsari ,meski pagi harinya sekolah seperti. Namun tidak membuatnya patah semangat menarikan tarian Seblang ini. .Sementara tarian Seblang di Desa Bakungan ditarikan oleh perempuan yang sudah berusia lanjut.

Menarik dalam prosesi menari tarian Seblang menurut Pramoe  penari harus membawakan tarian yang dipilih oleh tetua desa yang juga memilihnya lewat kondisi trace empat kali dalam sebulan menjelang sang penari beraksi.

Terpilihnya menjadi penari Seblang menurut Pramoe dianggap kebanggaan bagi sang penari dan keluarganya. Penari menurut Pramoe biasanya akan menari sesuai waktu kapan bisa menari
Sisi menarik dari penari. Seblang berbeda usia di dua desa baik Desa Bangkungan dan Desa Olehsari. Penari wanita didesa oleh sari wanita belum akil balik digelar 7 hari setelah idul fitri, sedangkan penari seblang dari desa Bakungan dimainkan oleh wanita menopause digelar 7 hari setelah hari idul adha.

Tari Seblang biasanya digelar sebagai wujud syukur atas karunia yang diberikan oleh sang Pencipta sekaligus sebagai tolak balak dan menariknya dalam ritual tari Seblang dilengkapi boneka nini towok sebagai simbol padi dan kesuburan, aneka bunga dan sesajen lainnya. Ritual tarian Seblang telah ada sejak tahun 1639 ini dibawakan oleh perempuan tua dalam keadaan kerasukan .Perempuan tua dipilih dianggap suci .

Acara ritual tarian Seblang dimulai sejak sorehari.Menariknya ritual tarian Seblang diawali pengambilan air suci  ke sumber mata air dilanjutkan selamatan. Jelang malam listrik dimatikan dan menggunakan obor. Acara ritual tarian Seblang diawali  acara selamatan dengan membuat tumpeng nasi  dan berdoa bersama dilanjutkan bersantap bersama.


Selanjutnya acara ritual tarian Seblang digelar di sanggar Seblang yang berada di tengah desa  .Penari Seblang yang bernama Supani berusia 66 tahun mulai menari .Usia Supani yang tidak lagi muda terlihat masih cantik dan energik

Supani keturunan penari 1 Agung Nyoman Dewi 1639atau terkenal dengan nama Mbah Dewi.Supani begitu enerjik menari tarian Seblang yang dipandu seorang Ruslan dan juga seorang pawang. Beragam gerakan yang dilakukan Supani saat menari tarian Seblang mulai membajak sawah,menggendong boneka sambil mata terpejam hingga kerasukan.

Setiap babak dalam  gerakan tarian Seblang menunjukan simbol kehidupan manusia seperti adegan menggendong boneka simbol kesuburan .Adegan keris yang bawa saat menari sebagai simbol perlawanan. Lagu yang dibawakan saat ritual tarian Seblang khas bahasa daerah Using seperti:podo nonton, dodol kembang hingga lagu Seblang-seblang.

Adegan yang menarik selalu ditunggu-tunggu oleh penonton yaitu adegan adol kembang atau menjualbunga.Saat adegan ini penonton berebut kembang telon yang terdiri dari:bunga wongso ,bunga pecari dan bunga mawar.

Kembang telon yang ada dalam ritual tarian Seblang dipercaya memperlancar rezeki hingga dipercaya mempermudah jodoh. Seblang berarti harus diam atau senyap ini termasuk tarian mistis dan  telah ada ratusan tahun yang lalu. Tarian ini  pernah vakum selama beberapa tahun karena kondisi politik Indonesia saat itu sedang kacau  dan tarian Seblang mulai digelar lagi tahun 1967.

 

 

 

 

   

Tags

About The Author

Suryatiningsih 35
Ordinary

Suryatiningsih

Content Writers tinggal di Magelang yang senang berbagi ilmu pengetahuan

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel