Apa itu Overclock CPU ?

14 Feb 2019 13:14 634 Hits 1 Comments
Overclock Pernah dengar ? Overclock jadi apa itu ? penasaran jadi saya jelaskan di artikel ini, dan mungkin cara Overclock juga !! Mari Simak !!!

Overclock Pernah dengar ? Overclock jadi apa itu ? penasaran jadi saya jelaskan di artikel ini, dan mungkin cara Overclock juga !! Mari Simak !!!.

Overclock adalah sebuah cara untuk membuat performa Komputer, Laptop, Handphone, dan Tablet menjadi lebih baik dari setelan Pabrik. Semua alat jaman sekarang mungkin bisa di Overclock karena meraka semua memiliki sesuatu yang bernama "Processors". Performa mereka di pengaruhi oleh Deisgn atau Artistruktur dan juga jumlah mereka berputar per detik atau biasanya di beri nama seperti Frequency atau pun ClockSpeed.

Nah itu adalah pengambilan nama Overclock jadi dengan menambah ClockSpeed menjadi lebih besar dari setelan pabrik untuk mendapatkan performa lebih baik.

Wah kalau dilihat memang menguntungkan, lalu kenapa kenapa tidak overcloking saja dari awal. Tunggu sebentar namun apakah kalian yakin mau overclock memang kalau di lihat itu kelebihannya namun dengan kalian overclock kalian membuat perangkatanda mejadi tidak stabil, kalian bisa menabahkan teggangan ke perangkat anda namun itukan memkan listirk yang lebih banyak dan pasti nya lebih panas. Namun cara ini paling banyak dipakai mereka yang memakai ini biasanya memliki system pendingin, mulai dari kipas yang banyak sampai Liquid Cooling bahkan ada yang sampai memkai subZero Cooling untuk mendapatkan performa yang maksimal.

menambah tegangan bisa megakibatkan kegagalan dalam Overclock dan yang lebih parah nya lagi banyak persuahaan yang tidak menerima garansi apabila Perangkat anda rusak karena OverClocking.

Masih mau Overclock ? Coba kalian Comment di bawah dan jangan lupa kalian like

Aturannya: Maksimalkan frekuensi dan minimalkan tegangan sembari mengeluarkan sebanyak mungkin panas agar sistem tetap stabil.

LANGKAH 1: Setel Perangkat Keras

1.1 - Mulailah dengan motherboard dan catu daya yang dioptimalkan untuk prosesor Intel® yang tidak terkunci
Pilih motherboard yang dirancang khusus untuk memungkinkan overclocking saat dipasangkan dengan prosesor Intel® yang tidak terkunci. Gunakan catu daya ATX yang kuat yang mampu menahan aliran daya yang ditingkatkan. Tinjau pengungkapan di bawah tentang overclocking dan pastikan Anda memahami risikonya.

1.2 - Terapkan pendinginan yang agresif
Gunakan larutan pendingin yang kuat yang mampu mendinginkan prosesor jauh melebihi persyaratan prosesor minimum. Pendingin cair cocok untuk ini, dan tambahan kipas sasis akan meningkatkan potensi overclocking lebih jauh lagi.

LANGKAH 2: Rekayasa Pengaturan Perangkat Lunak

2.1 - Tingkatkan batas daya dan lCC Max
Menggunakan BIOS atau perangkat lunak seperti Intel® Extreme Tuning Utility (Intel® XTU), tingkatkan batas daya dan maksimalkan batas arus/ICC agar sesuai dengan kemampuan motherboard, catu daya, dan larutan pendingin.

2.2 - Tingkatkan frekuensi
Tingkatkan rasio untuk subsistem yang coba Anda overclock (core prosesor, grafis, ring/cache). CATATAN: Frekuensinya sama dengan rasio dikali dengan base clock. Contohnya: frekuensi target meningkat hingga 5.000 MHz, maka rasionya 50, jika base clocknya pada nilai default (100 MHz). Perhatikan juga bahwa rasio overclock grafis prosesor dikalikan dengan separuh base clock.

LANGKAH 3: Jalankan Uji Stres

3.1 - Tentukan apakah stabil
Tentukan apakah sistem yang di-overclock dapat diandalkan dengan menjalankan satu atau beberapa uji stres untuk memastikan stabilitas sistem. CATATAN: Intel® Extreme Tuning Utility berisi beberapa uji stres dan benchmark yang berguna.

3.2 - Jika tidak stabil, naikkan tegangan
Jika sistem tidak stabil saat uji stres, cobalah menaikkan tegangan. Hal ini diperlukan saat melakukan overclock lebih dari 100 hingga 200 MHz. Cobalah menaikkan 5 hingga 10mV setiap kali dan gunakan tegangan paling rendah yang dimungkinkan. Jika menaikkan tegangan tidak lagi memperbaiki stabilitas, Anda telah mencapai frekuensi stabil maksimum. Disarankan agar Anda memilih mode tegangan “adaptive” sebelum menetapkan pengaturan tegangan.
Catatan: pelaku overclock tingkat lanjut dapat memilih untuk meningkatkan tegangan lebih dulu sebelum frekuensi pada percobaan lebih lanjut.

3.3 - Jika stabil, dorong frekuensi lebih tinggi atau selesaikan overclocking
Jika sistem stabil setelah uji stres, maka Anda dapat menaikkan frekuensi lebih tinggi dengan kembali ke langkah 2.2. Jika puas dengan hasil overclocking, proses ini selesai.

LANGKAH 4: Overclock Game Anda

Selamat! Anda berhasil melakukan overclock pada sistem dan memastikan stabilitas.

Stay tune For more Content

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - 

www.plimbi.id/wg

Tags

About The Author

Dwisesha Bagas 31
Ordinary

Dwisesha Bagas

Gaming,Coding,and Life

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel