Audio File Formats - MP3, AAC, WAV, FLAC, OGG

13 Feb 2019 16:15 575 Hits 0 Comments
Jika kamu sering mendengarkan music, Terlalu banya format audio untuk di pilih. lalu kamu bertanya "apakah kita bisa memakian MP3 saja ?" jawaban nya adalah tidak. Karena ada alasan dari semua format tersebut.

Jika kamu sering mendengarkan music, Terlalu banya format audio untuk di pilih. lalu kamu bertanya "apakah kita bisa memakian MP3 saja ?" jawaban nya adalah tidak. Karena ada alasan dari semua format tersebut.

Seperti format untuk DJ, atau untuk home theater, atau bahkan cuma mau mendengarkan bass.

oke saya akan bahas format yang paling sering di pakai oleh kebanyakan orang yaitu .MP3, .AAC, .OGG. jadi semua format ini memakai sesuatu yang dinamakan dengan "LOSSY COMPRESION" jadi dimana mereka menghilangkan beberapa informasi dari sumber yang asli. Karena tidak semua orang bisa mendengar semua informasi dari "UnCompress Audio File" seperti suara yang sangat rendah atau sangat tinggi atau suara yang berdekatan dengan suara lain di satu waktu yang sama, banyak sekali orang yang tidak dapat mendengarkan suara tersebut. Jadi "Lossy Format" memotang yang dan karena suara informasi itu tidak ada ukuran file pun menjadi lebih kecil. Dan juga di dalam musik ada sebuah gelombang analog entah dari gitar maupun suara penyanyi nya lalu di masukan ke recording studio lalu mengambil sample dari gelombang digital tersebut lalu di bentuk menjadi digital bits (1 dan 0). 4 menit Uncompress (.WAV) song biasa nya sebesar 42MB dan akan menjadi 8MB .MP3. Sedangkan seperti .AAC menggunkan Higher Quality At Lower Bitrate karena kompresi algoritma yang mewah. Sedangkan .OGG/Vorbis mempunyai ke unggulan yaitu gratis karen open source.

namun dengan File format MP3 dan AAC atau pun OGG. beberapa orang yang memang suka lagu ingin menginginkan suran lebih jernih dan lebih, nendang ??.

Jadi disini lah ada nya .FLAC dan .ALAC dengan memiliki LossLess Compresion. Format ini memungkinkan data dari sumber yang asli tetap ada dengan besar file yang jauh lebih kecil dari file asli. Jadi bagaimana cara kerja nya simpel, Bayang kan ada data musik seperti ini "A B C D A B C D A B C D" dengan Kompresi yang mereka lalukan mereka akan menullis nya seperti ini "(ABCD)*3". namun jika kalian ingin tau apa bedanya FLAC dan ALAC. yaitu ALAC dibuat khusus untuk "Apple"LAC. Ngerti ?? !!!.

jadi seperti ini saja jangan lupa like dan coment maaf  kalau kalian tidak mengerti mohon maaf sekali lagi !. Stay tune for more content

--------------------------------------------------------------------------

www.plimbi.id/wg

Tags

About The Author

Dwisesha Bagas 31
Ordinary

Dwisesha Bagas

Gaming,Coding,and Life

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel