Perbedaan FXAA dan MSAA di dalam games

1 Feb 2019 14:44 3536 Hits 0 Comments
​FXAA ?? MSAA ??. Apa sih itu sering banget di dunia games, Namun gak tau apa yang berubah ?. atau gak tau cara membedakan FXAA dengan MSAA ?

Jadi apa itu MSAA, MSAA adalah singkatan dari MultiSample Anti-Aliasing. mungkin dari sini kalian sudah lebih sering lagi mendengar kata Anti-Aliasing. karena mayoritas game diatas tahun 2008 sudah memiliki teknologi ini. Namun berbeda dengan FXAA yang kehadiaran nya lebih baru.

Sebelum kalian membaca artikel saya mohon kalian baca artikel saya. Review Hollow Knight terima kasih bagi kalian yang sudah membaca

MSAA biasa nya mempunya beberapa pilihan yang hampir semua nya kelipatan 2. karena masih ada Bilinear MSAA dan Trilinear MSAA, dan sisa nya 2x MSAA, 4x, 8x, dan 16x MSAA. Ya mungkin dari kalian ada yang berkorban VGA demi setidak nya 4x MSAA di game kesayangan, namun apa yang terjadi jika kalian tidak tau perbedaan nya dan cara mereka berkerja.

MSAA melakukan optimasi pada texture denegan cara memecahkan 1 pixel menjadi beberapa bagian yang lebih kecil degan harapan untuk memperlihatkan kepada user betapa mulus nya texture pada game tersebut. memakan banyak VRAM bukan berarti MSAA lebih bagus dari pada FXAA. Kemampuan MSAA 4x ini dapat dilihat dari tiang dan antena di atas gedung (lihat gambar)

FXAA di sisi lain mempunya setidaknya 2 nama yang terkenal yaitu Fast Approximate Anti-Aliasing dan Post-Process Anti-Aliasing  dan seperti nama nya yang Fast dan Post tersebut FXAA sebenarnya mempermudah VGA anda untuk berkerja. jika anda bermain di LOW SPEC saya saran kan menggunakan FXAA karena pastinya membantu VGA dan efek nya tidak terlihat bagi anda yang memang tidak tahu kegunaan nya

Walaupun membantu VGA sebenarnya FXAA ini lebih pintar di banding dengan MSAA. Cara kerja FXAA ini cukup simple di banding dengan MSAA yang perkerjaan nya memotong pixel untuk memperoleh pixel yang lebih kecil, FXAA mengoptimasi texture dengan cara mengabaikan pixel

Kalau di banding menurut saya, mendingan pake dua dua nya kalau gak kuat yaa pilih salah satu yaitu FXAA karena, udah tau gak kuat sok sok pake MSAA yaa FXAA adalah jalan keluar setidak nya membuat mata kalian less pixel dan pastinya membantu VGA dalam menjalankan game kesayangan.

Kalau kalian ingin melihat bagusan mana antara FXAA dan MSAA, Watch dog 2 MSAA VS FXAA. jadi di website itu kalian dapat melihat bagaimana FXAA bisa lebih bagus dibanding dengan MSAA yang sudah Advence. kalian mungkin dapat melihat seperti Lift yang biasanya buat bersihin kaca gedung kalau di lihat MSAA menang namum kalau kalian melihat ke bawah ada logo tempat kopi atau apalah itu FXAA melakukan perkerjaan nya dengan sangat baik. tidak ada kotak kotak (pixel) yang berada di luar garis.

yaa jadi segitu saja dari saya semoga kalian lebih mengerti sama apa yang kalian pakai  jadi jangan lupa like dan coment and stay tune for more content

Happy Gamming

----------------------------------------------------

Tags

About The Author

Dwisesha Bagas 30
Pena

Dwisesha Bagas

Gaming,Coding,and Life

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel