Berkenalan dengan Driver di CI

2 Oct 2018 11:53 1256 Hits 0 Comments
Yuk kenali fitur driver, dan rasakan banyak sekali manfaatnya!

    Hy Guys! Apa kabar hari ini? Apakah masih sehat dan bersemangat? Semoga sehat selalu ya dan pastinya kita harus bersemangat, biar semuanya bisa berjalan dengan baik dan tanpa ada hambatan apapun tentunya . Pada kesempatan kali ini saya akan coba untuk membawa kalian memahami tentang fitur pada Framework CodeIgniter . Apakah kalian sedang belajar Framework CodeIgniter? Tentunya pasti tahu kan tentang istilah Driver? Nah, di ulasan kali ini saya akan coba untuk memberikan pengetahuan mengenai konsep Driver yang sudah disediakan oleh Framework CI .

Sebelumnya, sudah tahu belum apa itu driver? Saya akan coba jelaskan menggunakan studi kasus ya . Semisal kita sedang membuat baris program di CI . Nah, kebutuhan website kita pun membutuhkan login untuk akses pertamanya . Untuk membuat fitur tersebut pastinya kita akan membuat logika nya di Controller bukan? Nah semisal baris program login membutuhkan banyak baris kode program, karena di login kita bisa menerima request, validasi, dan juga pasti harus diselipkan fitur registrasi yang selalu berkaitan dengan login . Nah, dalam hal ini pastinya sebuah controller hanya untuk menangani login pun membutuhkan banyak baris program bukan? Belum lagi dengan yang lain-lain .

            Untuk itu, solusi agar baris program kita menjadi lebih sedikit, CodeIgniter menghadirkan fitur drive niih, ya pastinya salah satu fungsinya agar kode program kita menjadi simple dan terstruktur dengan rapih, tentunya akan sangat mengurangi jumlah baris kode program yang ditulis . Karena setiap logika nya akan dipisah-pisah menjadi sub class dalam driver ini .

            Konsep driver ini, yaitu dimana sebetulnya driver pada CodeIgniter sama  saja seperti library, karena mereka berdua bertempat dalam satu folder libraries di Framework . Namun perbedaannya jika library hanya satu saja file nya dimana file tersebut berisi tentang kumpulan fungsi yang mendukung library tersebut . Sedangkan Driver ini lebih luas lagi karena, dalam folder libraries itu akan terdapat sebuah folder driver dimana didalamnya lagi akan terdapat beberapa class dari driver . Class disini bisa kita istilahkan sebagai Super class sebagai induk dari beberapa Sub Class atau biasa disebut anak-anak Class dari induk Class tersebut .

Seperti inilah folder dan file driver pada framework CI ini :

Application libraries/driverName

___________________________/driverName .php

__________________________/drivers

________________________________/driverName1 .php

________________________________/driverName2 .php

________________________________/driverName3 .php

 

            Konsep driver ini akan membantu kita dalam proses perintah baris program . Karena baris program kita akan terkesan rapih dan lebih terstruktur . Jika baris program pada controller dibuat secara menyatu dari awal sampai akhir, dengan menggunakan driver ini maka controller akan dibantu dalam proses pengendalian baris program menjadi terpisah-pisah .

Baiklah, Sekian dulu terima kasih! Semoga bermanfaat ya . .

 

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 37
Ordinary

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel