HDD VS SSD

19 Jun 2018 01:18 1382 Hits 0 Comments
Zaman sekarang , para manusia membutuhkan sebuah media penyimpanan untuk menyimpan beberapa kenang - kenangan seperti foto , video , musik , dan lain - lain . Tapi ada 2 tipe media penyimpanan , yaitu HDD dan SSD . Manakah yang lebih worth it ?

Halo semuanya , how you doin ? Sekarang saya akan membahas perbedaan HDD ( Hard Disk Drive ) dan SSD ( Solid State Drive ) . Sebelum kita mulai dengan topiknya , kalian pasti sudah tahu bahwa perkembangan dalam zaman teknologi semakin cepat , terutama barang elektronik .

Dan sesuai dengan tema hari ini , yaitu salah satu komponen komputer yang sangat dibutuhkan oleh semua umat manusia , yaitu media penyimpanan , diantaranya adalah HDD ( Hard Disk Drive ) dan SSD ( Solid State Drive ) .

Pasti semua umat manusia sudah tahu bahwa media penyimpanan sangat dibutuhkan untuk menyimpan berkas-berkas mereka atau kenang - kenangan mereka , seperti tugas sekolah , project , foto , video , musik , dan lain - lain . Dan kali ini , apa yang membedakan dari HDD dan SSD ? Silahkan disimak .

 

Komponen

Komponen HDD memiliki bagian bergerak , yaitu motor yang menggerakkan satu atau lebih platter yang dilapisi dengan lapisan tipis bahan magnetik . Head Read And Write nya diposisikan di atas disk . Semua komponen tebungkus dalam pelindung logam . Jadi komponen HDD memiliki unsur mekanik .

Sedangkan SSD tidak memiliki komponen seperti HDD , karena SSD menggunakan komponen elektronik seperti IC , Micro Chip dan kapasitor .

Ukuran Dan Berat

HDD memiliki 2 pilihan ukuran , yaitu 3.5 dan 2.5 . Mengapa ? Karena HDD tergantung dengan penggunaan material seperti platter , head , dan lain - lain . Dan juga teknologi HDD sangat bergantung dengan putaran piringannya . Jadi , untuk ukuran dan berat HDD sangat tergantung dengan teknologinya dan materialnya .

Sedangkan SSD , dia tidak tergantung dengan apapun , sehingga ukuran dan berat SSD bisa dibilang kecil . Zaman sekarang ukuran SSD yang baru keluar adalah 2.5 .

Kecepatan Read and Write Data

Kecepatan R/W data di SSD sangatlah magnificent . Karena SSD bisa 8 kali leih cepat dibanding HDD . PC yang terpasang SSD bisa melewati proses booting hanya dalam beberapa detik .

Sedangkan HDD membutuhkan waktu yang lama ( tergantung dari spesifikasi HDD nya ) .

Efek Yang Ditimbulkan

Pada HDD : Panas , Konsumsi daya listrik besar , Suara noise yang berisik . Karena pada umumnya , HDD menerapkan unsur mekanik , jadi wajar kalau HDD memang panas , berisik , konsumsi daya listrik besar .

Pada SSD : Panas tidak setinggi HDD , Konsumsi daya listrik sangat kecil , Tidak berisik .

Kapasitas penyimpanan

Pada HDD : 320GB , 500GB , 1TB , 2TB , bahkan bisa sampai 5TB .

Pada SSD : 120GB , 250GB , 500GB , 1TB .

Harga

Untuk harga , HDD dan SSD tergantung dengan kapasitas penyimpanannya . Hanya saja harga SSD bisa lebih mahal dibanding HDD karena kelebihannya .

Jadi itu perbedaan antara HDD dan SSD . Anda pasti lebih suka dengan SSD karena lebih mantap , tetapi harga SSD sangatlah mahal .

Until Next Time , Peace .

About The Author

JER 35
Ordinary

JER

Suka sesuatu. Hiatus/

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel