UI dan UX ?

6 Jun 2018 07:40 1092 Hits 0 Comments
Dalam dunia Design , mungkin sebagian para Designer belum tahu apa perbedaan UX dan UI dan apa tujuan dari UX dan UI .

“ Apakah anda seorang Designer ? “ .

Jika Ya , pernahkah anda berpikir , terutama untuk para Designer . . .

“ Apa sih itu UI ? “ atau “ Apa sih itu UX ? “ .

“ Apa sih yang membedakan UX dan UI ? “ .

Biasanya para Designer yang Pro bisa membedakan mana UX dan UI , sedangkan bagi Designer yang lain mungkin masih tidak tahu apa perbedaan dari UX dan UI . Mungkin ada yang mengatakannya sama saja , namun sebenarnya UX dengan UI itu memiliki konsep dan memiliki pandangan yang berbeda .

UX ( User Experience )

UX merupakan singkatan dari User Experience yang berarti perasaan pengguna saat menggunakan program tersebut dan untuk mendapatkan kepuasan pengguna saat program digunakan . UX dibuat agar para pengguna bisa menggunakan program tersebut dengan mudah .

Seorang UX Designer akan membuat programnya berdasarkan pengalaman dari penggunanya . Apa saja yang dirasakan dan kepuasan apa saja yang didapatkan ketika menggunakan program tersebut .

Seorang UX Designer bertanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap step by step berjalan dengan logis dan jelas . Salah satu hal yang harus dipahami oleh UX Designer ialah harus memahami bagaimana kebiasaan dan kebutuhan dari pengguna .

Jadi , UX lebih fokus kepada pengguna , karena UX lebih fokus dengan perasaan ( merasakan apa yang dirasakan ) .

UI ( User Interface )

UI merupakan singkatan dari User Interface ( Antarmuka Pengguna ) yang berarti bagaimana suatu program yang anda buat terlihat seperti apa ( Apa yang bisa dilihat oleh mata ) . Orang biasa menyebutnya sebagai tampilan .

Seorang UI Designer bertanggung jawab atas tata letak , tombol , gambar , animasi , dan semua hal yang berhubungan dengan visual . Karena itu adalah bagian dari program , yaitu apa yang dilihat dan terlihat oleh pengguna .

Biasanya seorang UI Designer akan membuat tampilan program yang sekiranya mudah dimengerti oleh pengguna . Adapun desain yang dibuat oleh UI Designer disesuaikan dengan kebutuhan pengguna agar pengguna tidak mengalami kesulitan .

Jadi , UI lebih fokus ke tampilan , karena UI lebih fokus dengan visual ( Apa yang dilihat dan terlihat oleh pengguna ) .

 

Dan itulah perbedaan antara UX dan UI . UX lebih fokus kepada pengguna , karena tujuan utama UX adalah bagaimana pengguna merasakan program tersebut , apakah pengguna tidak merasa kebingungan saat memakai program tersebut ? .

Sedangkan UI lebih fokus ke tampilan , karena tujuan utama UI adalah bagaimana tampilan tersebut dilihat oleh pengguna , apakah pengguna tertarik dengan tampilan tersebut ? .

UX = Merasakan Apa Yang Dirasakan . UI = Melihat Apa Yang Dilihat .

Until Next Time , Peace .

About The Author

JER 36
Ordinary

JER

Suka sesuatu.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel