6 Aplikasi Untuk UI UX Design

26 Feb 2018 09:35 7191 Hits 1 Comments
Beberapa Aplikasi yang dapat membantu UI/UX Designer dalam membuat pekerjaannya, simak selengkapnya!

Bagi seorang designer pasti sangat membutuhkan tools, tools yang digunakan untuk mendukung pekerjaan sang designer. ada beberapa macam aplikasi, yaitu aplikasi yang berbayar dan gratis. Tentu saja berbeda antara aplikasi yang berbayar dengan yang gratis. Contohnya untuk aplikasi yang berbayar sangat banyak fasilitas yang diberikan misalnya sketch. Ada banyak plugin pada aplikasi design itu, selain itu akan diberikan icon pack untuk memudahkan design yang kita buat. Namun untuk aplikasi berbayar ada kekurangannya juga, yaitu :

  • Operating System, aplikasi sketch hanya ada untuk OS X yaitu ada Mac ataupun iMac.
  • Harga, tentu saja harga sebanding dengan kualitas dan fasilitas yang diberikan.

Sudah membahasa sedikit tentang aplikasi yang berbayar dan gratis, berikut 6 Aplikasi untuk UI UX Design yang telah saya rangkum :

1. Adobe XD

6 Aplikasi Untuk UI UX Desaign

Aplikasi ini memang baru saja dirilis dan masih dalam tahap beta. Aplikasi ini ternyata gratis dan anda bisa mendapatkannya di website resminya. Ada banyak fitur yang sangat berguna pada sisi UI maupun UX. Disini kita memilki fitur Design dan Prototype yang dimana kita bisa membuat sebuah tampilan user-interface lalu menjadikannya Prototype, sehingga alur dari design terlihat sangat jelas.

2. Balsamiq

Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar. Balsamiq ini sering saya gunakan untuk membuat design tampilan user-interface, fasilitas yang diberikan sangatlah banyak salah satunya yaitu icon packs yang memudahkan dalam membuat tampilan.

3. Mockuplus

6 Aplikasi Untuk UI UX Desaign

Aplikasi ini menyediakan beberapa template dan komponen yang tentunya sangat dibutuhkan oleh sang designer dalam membuat sebuah tampilan UI untuk Android maupun iOS . fitur prototypepun telah disediakan.

4.Adobe Photoshop

Banyak orang hanya mengenal adobe photoshop untuk mengedit foto, tapi aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat sebuah tampilan user-interface dan sangat membantu UI/UX Designer dalam melakukan pekerjaannya.

5. Mockflow

Aplikasi ini adalah aplikasi berbasis web. Aplikasi ini menyediakan banyak fitur seperti membantu kita dalam membuat wireframe, sitemap, style-guide bahkan dapat berkolaborasi dengan yang lain pada proyek kita yang sedang dikerjakan.

6. Proto.io

Aplikasi ini juga aplikasi berbasis web, dimana dapat kita akses dan tidak bergantung dengan sistem operasi, karena selama browser yang kita gunakan sudah mendukung HTML5 seperti chrome maupun lainnya. Aplikasi ini sama seperti aplikasi design yang berbasis web lainnya, kamu juga dapat share hasil design yang kamu buat ke teman-teman sehingga kamu akan mendapatkan feedback dari temanmu tentang pendapat hasil designmu.

 

Demikian 6 aplikasi UI/UX Design yang dapat kalian gunakan dalam membantu mempermudah pekerjaan kalian, silahkan dicoba dan dapat memilih ingin menggunakan aplikasi berbayar kah atau gratis. Semoga bermanfaat. Sampai ketemu di artikel selanjutnya~

Tags

About The Author

Aghia Firrizqika 24
Novice

Aghia Firrizqika

Student.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel