Ini Dia Sejarah Perkembangan Bahasa Java!

17 Jan 2018 13:48 1847 Hits 0 Comments
Beginilah, perkembangan Bahasa Java

Sebelumnya sudah dibahas apa sih itu Bahasa Java di artikel ini : https://goo.gl/XsM2Q4

nah sekarang kita bahas gimana sih perkembangan bahasa Java dari masa ke masa. Jadi, Bahasa pemrograman Java terlahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan. Dan pada awal tahun 1991 hingga 1992, Proyek ini belum menggunakan versi "Oak". Proyek ini dibuat oleh Patrick Naughton, James Gosling dan Mike Sheridan dar Sun Microsystem. Salah satu hasil dari proyek ini adalah mascot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang. Sekitar tahun 1992, proyek ini ditutup dan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditunjukan untuk pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh. Teknologi baru ini dinamakan “Star Seven”.

Setelah era Star Seven, ada sebuah perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari Proyek  The Green Project. Pusat kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto. Perusahaan bertambah maju, jumlah karyawan yang meningkat. Pada waktu itu juga ditetapkan pemakaian internet sebagai medium yang membantu kerja dan ide karyawan. Di tahun 1990an, internet masih merupakan rintisan yang hanya dipakai dikalangan militer dan akademis.

Sekitar tahun 1995, pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesannya diikuti dengan pemberitaan untuk pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995.

Nama “Oak” sendiri diambil dari Pohon Oak yang tumbuh didepan jendela ruang kerja James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk perilisan versi Java karena nama Oak sudah ada yang menggunakan, sehingga diambil nama penggantinya yaitu “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji kesukaan James Gosling.

Versi awal java ditahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java versi 1.0. Java versi ini menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya :

  • java.lang : di peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
  •  java.io : di peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.
  •  java.util : di peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan.
  •  java.net : ditujukan untuk kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
  •  java.awt : untuk dijalankan pada Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI).
  •  java.applet : Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web.

Tentang Java Versi 1.0 :

  • Pada produksi pertama Java, JDK (Java Development Kit) yang digunakan adalah JDK versi 1.0.2.
  •  Pada awal rilisnya, JDK 1.0.2 membuat gebrakan dalam dunia web yaitu Java Applet.
  •  JDK 1.0.2 juga mengenalkan Java AWT (Abstract Windowing Toolkit) yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis tampilan window/GUI (Graphical User Interface).

Pada perkembangan selanjutnya, Sun Microsystem memperkenalkan Java Versi 1.2, atau dikenal Java Compliant. Pada Java versi 2 ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu : 

1. Java 2 Standar Edition (J2SE), yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis desktop dan applet (Aplikasi java dapat dijalankan di dalam browser)

2. Java 2 Enterprise Edition (J2EE), merupakan superset dari J2SE yang memperbolehkan kita untuk mengembangkan aplikasi desktop berskala besar (enterprise), yaitu dengan melakukan pembuatan aplikasi-aplikasi di sisi server dengan menggunakan EJBs (Enterprise JavaBeans), aplikasi web dengan menggunakan Servlet dan JSP (Java Server Pages) dan teknologi Iainnya seperti CORBA (Common Object Request Broker Architecture) dan XML (eXtensibIe Markup Language).

3. Java 2 Micro Edition (J2ME), merupakan subset dari J2SE yang digunakan untuk menangani pemrograman di dalam perangkat- perangkat kecil, yang tidak memungkinkan untuk mendukung implementasi J2SE secara penuh.

 

Tags

About The Author

Aghia Firrizqika 24
Novice

Aghia Firrizqika

Student.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel