Definisi dan Manfaat Internet of Things

29 Jan 2018 11:00 5018 Hits 0 Comments
Canggihnya Internet of Things! banyak juga manfaat penggunaan Internet of Things, yuk simak selanjutnya. 

Internet of Things atau sering dikenal IoT udah berkembang sangat pesat zaman sekarang. Sudah banyak ide-ide yang bagus dan menarik yang menggunakan IoT ini. Tapi, tau gak sih apa itu “Internet of Things” ? oke, disini bakalan ngejelasin apa sih itu “Internet of Things”.

Jadi, Internet of Things adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalu jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. “A Things” pada kata Internet of Things ini didefinisikan sebagai subjek contohnya orang dengan monitor implant jantung, mobil yang telah dilengkapi dengan sensor yang dapat memperingatkan pengemudi kalau tekanan ban sudah rendah, dan masih banyak lagi. IoT sampai saat ini paling erat hubungannya dengan komunikasi Machine-to-Machine (M2M). Konsep IoT ini sebetulnya cukup sederhana dengan cara kerja mengacu pada 3 elemen utama pada arsitektur IoT, yakni: Barang Fisik yang dilengkapi modul IoT, Perangkat Koneksi ke Internet seperti Modem dan Router Wirless Speedy seperti di rumah anda, dan Cloud Data Center tempat untuk menyimpan aplikasi beserta data base.

Perangkat yang menerapkan IoT ini banyak yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia dan mempermudah pekerjaan manusia. Seperti :

1. Industri

Penggunaan IoT untuk memantau dan memelihara fungsi-fungsi industri dan juga penggunaan kamera pengintai berbasis IP (IP Camera) untuk menjaga keamanan fisik.

2. Monitoring lingkungan

Contohnya yaitu pada saat Kebakaran hutan juga dapat di cegah dengan sistem pencegahan kebakaran yang ter-integrasi, dengan data laporan titik panas dari satelit yang terhubung langsung ke sistem penyemprotan air di titik lokasi kebakaran maka dapat lebih memungkinkan api di padamkan lebih cepat.  

3. Bidang kesehatan

Para dokter yang dapat memantai pasiennya secara khusus tanpa harus mengujungi ke kamar pasien tersebut. Dan peralatan yang digunakan juga sudah dapat dihubungkan dengan internet sehingga lebih mudah dalam pengawasan.

4. Otomasi gedung dan perumahan

Pengunaan perangkat elektronik rumahan yang dapat memudahkan orang dalam berbagai hal. Contohnya saja, aplikasi smart home yang dapat membantu anda saat melakukan berpergian tetapi lupa mematikan listrik rumah walaupun sedang berada diluar rumah anda masih dapat mematikan listrik yang tidak berguna dengan aplikasi smart home ini. Untuk contoh pada gedung yaitu, gedung dengan multi tenant yang dapat meningkatkan keamanannya dengan sistem sidik jari untuk tamu, pegawai kantor sehingga dapat mengetahui siapa saja yang masuk kedalam kantor dengan data sidik jari yang telah dikirim ke sebuah aplikasi pendaatan pengujung gedung tersebut.

 

Jadi. Singkatnya penggunaan Internet Of Things ini mempunyai banyak manfaat bagi masyarakat dalam mempermudah sebuah pekerjaan. Hanya saja perlu pengaturan yang bijak agar tidak menjadi sesuatu yang negatif baik dalam skala perorangan bahkan hingga skala nasional.

Tags

About The Author

Aghia Firrizqika 24
Novice

Aghia Firrizqika

Student.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel