Mengenal Bahasa Pemrograman Java yuk!

16 Jan 2018 13:46 1913 Hits 0 Comments
Java adalah salah satu Bahasa pemrograman yang sekarang semakin mendominasi di berbagai bidang dan merupakan Bahasa pemrograman tingkat tinggi (High Level). 

Java adalah salah satu Bahasa pemrograman yang sekarang semakin mendominasi di berbagai bidang dan merupakan Bahasa pemrograman tingkat tinggi (High Level). Java dikembangkan oleh perusahaan Sun Microsystem pada tahun 1991. Bahasa ini dikembangkan dengan model yang mirip dengan bahasa C++ dan smalltalk dan dirancang lebih mudah untuk dipakai dan Platform Indepent.

Dari pernyataan diatas apa sih Platform Indepent itu ? nah, Platform Independent itu berarti program yang ditulis dengan Bahasa java dengan mudah dapat dipindahkan antar berbagai jenis sistem operasi dan arsitektur computer. Sifat ini berlaku untuk level source code dan binary code dari program java.

Semua platform pemrograman java terdiri dari Java Virtual Machine (JVM) dan Application Programming Interface (API). JVM adalah sebuah aplikasi yang berjalan diatas sebuah sistem operasi dan menerjemahkan bytecode program java dan mengeksekusinya, secara konsep dapat dianggap sebagai sebuah interpreter. Proses pengeksekusian program Java dapat dilakukan dengan cara sebuah program Java yang telah dikompilasi akan dapat berjalan di platform mana saja tetapi harus ada JVM.

Java Developer Kit (JDK) adalah Kompiler dan Intepreter untuk program java yang diproduksi oleh Sun Microsystem. Interpreter untuk program java sendiri sering disebut Java Runtime atau Java Virtual Machine. Interpreter Java tanpa kompilernya disebut Java Runtime Environment (JRE).

Bahasa Java memiliki library yang cukup besar, yang dapat mempermudah dalam pembuatan sebuah aplikasi dengan cepat. Library ini sudah mencakup untuk grafik, desain user interface, jaringan database, dll. Dan Java itu juga Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek. Jadi, Pemrograman Berorientasi Objek itu adalah teknik untuk mengorganisir program dan dapat dilakukan dengan hamper semua Bahasa pemrograman. Tapi Java sendiri sudah mengimplementasikan berbagai fasilitas agar developer dapat mengoptimalkan teknik pemrograman berorientasi objek.

Ada 4 platform Bahasa pemograman Java, yaitu :

1. JAVA Standard Edition (JAVA SE)

platform yang sering digunakan, Java SE API mendefinisikan semua dari tipe dan objek dari dasar sampai class tingkat tinggi yang digunakan dalam GUI, XML parsing, database, security dan jaringan.

2. JAVA FX

Java FX Script adalah bahasa yang pendeklarasiannya menggunakan pendekatan statistically typed yang dicompile dengan Java Technology Bytecode dan dapat dijalankan dengan JVM. 

3. JAVA Micro Edition (JAVA ME)

API yang disediakan oleh JAVA ME ini lebih sedikit dibanding JAVA SE. JAVA ME merupakan salah satu client dari aplikasi yang elbih besar yang dikembangkan oleh JAVA EE.

4. JAVA Enterprise Edition (JAVA EE)

JAVA EE dibuat diatas JAVA SE dan menyediakan API dan runtime environment untuk pengembangan aplikasi berskala besar. 

 

Nah, ada sedikit perbandingan nih antara Java dengan Bahasa pemrograma C dan C++ yaitu semua tipe data dalam Bahasa Java mempunyai ukuran yang konsisten disemua jenis platform. Gimana, tertarik untuk belajar bahasa pemrograman Java ? 

Tags

About The Author

Aghia Firrizqika 24
Novice

Aghia Firrizqika

Student.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel