Pengertian, Keunggulan, dan Macam-macam CMS

14 Nov 2016 18:05 8502 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pembahasan terkait definisi CMS (Content Management System)

Bagaimana sih pengertian CMS (Content Management System)? Itu yang terlintas di pikiran saya ketika mendengar istilah ini pertama kali beberapa tahun lalu. Kala itu saya masih awam dengan CMS. Karena itu, sekarang saya akan membahas CMS. Bagaiamana CMS itu? Dan apa fungsi dan kegunaannya? 

Pengertian CMS 

CMS pada dasarnya adalah sebuah aplikasi berbasis web yang ditujukan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan penambahan atau pengubahan isi atau konten dari suatu situs web.

Dengan CMS, seorang pengguna bisa lebih mudah dalam mengelola konten situs tanpa harus dibebani dengan pengetahuan teknis yang umum dimiliki seorang programmer. Yang penting pengguna bisa mengakses situsnya dengan mudah mengingat umumnya CMS digunakan untuk aplikasi web 

Baca: Perbedaan Aplikasi Desktop, Aplikasi Web, dan Aplikasi Mobile

Karena itu, CMS banyak digunakan oleh orang awam dalam membuat suatu situs web. Apalagi di zaman teknologi informasi zaman sekarang, penggunaan CMS semakin mudah dan banyak. Tengok saja fakta bahwa saat ini banyak orang yang memiliki website dengan CMS. 

Perkembangan dan kepopuleran CMS tidak terlepas juga dari pengaruh teknologi dan kebutuhan generasi digital yang memungkinkan semua orang terhubung dengan internet.

Berkat CMS ini pula lah, yang akhirnya membuat jenis-jenis usaha kecil dan menengah bisa dengan mudah memiliki website sendiri. Apalagi, ketika saat ini hampir semua orang mencari informasi, baik untuk pengetahuan maupun untuk kebutuhan, semuanya di internet. 

Bayangkan jika tidak ada CMS, para pelaku bisnis di kelas usaha kecil dan mengenah atau orang yang ingin membuat website personal akan sedikit kesulitan memiliki website yang pengelolaannya mudah, cepat, dan tentu saja biayanya murah.

Jika tidak ada CMS, tentu mereka-mereka ini akan kesulitan karena biaya pembuatan website yang dibuat langsung dari nol menggunakan PHP atau program sejenisnya memakan biaya yang amat besar. 

Pengertian, Keunggulan, dan Macam-macam CMS

Elemen Penting CMS 

Dalam bahasa Indonesia, CMS disebut sebagai sistem manajemen konten yang merupakan terjemahan langsung dari content management system.

Dan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, keberadaan CMS ini bisa memudahkan pengguna dalam mengelola sebuah situs. Jadi, pengguna awam tidak akan disulitkan dengan bahasa pemograman seperti HTML, CSS, Javascript, dan PHP. 

Yang perlu diketahui oleh pengguna awam barangkali soal elemen dalam CMS. Merujuk pada Wikipedia, ada dua elemen penting dalam CMS, seperti dijelaskan pada gambar diatas, yakni

  • Content Management Application, CMA

Kemudahan penggunaan CMS bagi mereka yang mereka yang tidak mengerti teknis adalah karena adanya elemen ini. Melalui CMA, seseorang bisa dengan mudah mengelola, mengedit, mengubahsesuaikan, bahkan menghapus suatu bagian dari website tersebut. 

  • Content Delivery Application, CDA

Elemen CDA berfungsi untuk mengumpulkan informasi hasil dari pengubahan atau pengeditan   yang dilakukan oleh pengelola situs atau pemilik situs web agar web bisa tampil lebih baru sesuai modifikasi pada CMA. 

Lanjut halaman berikutnya untuk mengetahui keunggulan CMS

About The Author

Hilman 78
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel