Inilah 10 Logo Terkenal Yang Memiliki Arti Tersembunyi

11 Oct 2016 09:54 3653 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Perhatikan detailnya, kamu akan terpana dengan maksud sebenarnya.

Sering Lihat 13 Logo Terkenal Ini ? Kamu Pasti Nggak Tau Kalo Didalam Logo Tersebut Memiliki Arti Tersembunyi di Dalamnya.

Perhatikan detailnya, kamu akan terpana dengan maksud sebenarnya.

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika dalam perusahaan manapun, logo menjadi pilar utama sebagai identitas. Eksistensinya yang berhadapan langsung dengan para konsumen, mereka harus memikirkan bagaimana bentuk sampai warnanya yang akan terekam jelas dalam ingatan para konsumen mereka.

Logo yang baik tidak cuma dinilai indah secara visual, namun harus memiliki konsep yang mendalam, dan memiliki arti yang menggambarkan usaha yang ia bangun. Meski 13 logo merk terkenal di bawah ini sangat sering kita temukan di mana saja, tapi sobat Plimbi tahu nggak sih kalo ternyata di dalamnya terselip gambar lain yang memiliki arti tersembunyi ?

1. Amazon.com

Mungkin kesan pertama kali yang kamu sadari waktu kamu liat logo Amazon ini adalah tanda panah yang terlihat seperti senyuman. Itu artinya Amazon hadir untuk membuat para customer Happy. Tanda panah itu menunjukkan dari huruf a ke z, yang artinya Amazon menyediakan semua barang untuk dijual, dari huruf A sampai dengan huruf Z.

2. Carrefour

Tidak kalah unik dengan logo-logo yang lain, supermarket internasional asal Prancis ini juga cerdik dalam mendesain logonya. Meski dari jauh logo Carrefour ini hanya memperlihatkan sebuah segitiga dan jangkar, tapi jika sobat Plimbi perhatikan, terdapat huruf C ditengah logo tersebut. Arti dari logo Carrefour sendiri adalah "Persimpangan" dalam bahasa Perancis. Dimana diwakilkan oleh 2 buah panah, yang satu mengarah ke kiri dan yang satu lagi mengarah ke kanan. Warna logo yang dipilih pun berdasarkan warna bendera negara Prancis.

3. Toblerone

Sekilas logo Toblerone hanya memperlihatkan gambar gunung yang menjulang. Tapi jika dilihat lebih detail kembali, gunung itu diselipkan sosok beruang yang sedang berdiri. Beruang menjadi salah satu elemen penting di dalam logo Toblerone ini, karena awalnya Toblerone memproduksi cokelat di kota Bern, dimana beruang menjadi simbol dari kota tersebut.

4. Baskin Robbins

Sejak tahun 1953, perusahaan es krim terkenal di dunia ini menghasilkan inovasi yang luar biasa, dimana mereka mampu membuat total variasi sebanyak 31 rasa. Angka itu juga ditampilkan dengan jelas didalam logo mereka, yaitu diantara huruf B dan R.

5. FedEx

Dapatkah sobat Plimbi menemukan sesuatu yang tersembunyi di logo ini? Mungkin sekilas, logo ini terlihat sederhana. Tapi ternyata logo ini memiliki kesan yang lebih mendalam lagi. Jika dilihat kedalam kata ‘Ex’ pada logo mereka, kamu bakal menyadari ada tanda panah diantara huruf ‘E’ dan ‘x’. Arti dari tanda panah ini adalah kecepatan, keakuratan dan pentingnya perkembangan ke depan.

6. Sun Microsystem

 

Logo ini memiliki konsep dari sebuah ambigram, yakni sebuah bentuk desain permainan huruf atau bentuk suatu kata akan dapat dibaca dari berbagai macam sudut atau pandangan. Logonya ini membentuk kata ‘SUN’ dan dapat dibaca dari berbagai arah.

Uniknya, orang yang mendesain logo ini tidak mengerti sama sekali mengenai simbologi, ia adalah seorang professor ilmu komputer di Universitas Stanford, Vaughan Pratt. Hal Ini memberikan pengaruh dan pandangan bahwa setiap orang dapat mendesain logo yang baik jika mereka memikirkannya dengan baik.

7. Formula 1

Pada awalnya mungkin sobat Plimbi tidak menyadari apa arti dari logo ini, mungkin hanya huruf F dan sesuatu yang cepat menyerupai angka satu. Tetapi jika dilihat lebih teliti lagi, kamu akan menyadari bahwa ada angka satu diantara F dan strip-strip merah tersebut. Strip-strip merah ini menggambarkan kecepatan mobil-mobil F1.

8. Tour de France

Logo kompetisi olahraga sepeda terbesar di dunia, Tour de France ini punya dua pesan tersembunyi didalamnya. Tanda yang pertama yaitu terlihat ada gambar pengendara sepeda pada huruf ‘R’. Sedangkan lingkaran kuning yang terdapat di roda sepeda ternyata adalah lambang dari matahari, yang mengindikasikan jika perlombaan ini hanya berlangsung di siang hari.

9. VAIO

Sony Vaio, atau Visual Audio Intellegent Organizer menggambarkan sebuah penggabungan teknologi analog dan digital dalam produk tersebut. Tulisan ‘VA’ dibuat untuk menggambarkan gelombang analog, sedangkan ‘IO’ menyerupai angka 1 dan 0 yang artinya sebuah sinyal digital atau kode biner.

10. NBC 

 

NBC atau National Broadcasting Company merupakan perusahaan penyiaran jaringan televisi dan radio Amerika, jika kamu melihat logo mereka ada suatu hal yang menarik. Lihat gambar logo mereka di atas, sadarkah bahwa ada gambar burung merak di sana? 

Oleh karena itulah NBC dikenal sebagai “Jaringan Merak” (Peacock Network). Selain itu, logo mereka juga memiliki arti lain, dimana 6 bulu ekor merak ini menunjuk ke 6 divisi NBC pada saat mereka dibuat, yakni divisi Berita, Olahraga, Entertainment, Stasiun, Jaringan dan Produksi. Kepala burung merak yang menghadap ke kanan juga berartikan bahwa ia selalu melihat ke depan, bukan ke belakang.

Nah, itu tadi gambar dan arti tersembunyi yang ada dibalik 10  logo terkenal dunia. Sebenernya jika sobat Plimbi lebih teliti lagi, mungkin masih banyak logo-logo lain yang juga terselip gambar lain dengan makna rahasia di dalamnya. Dengan begini, terbukti sekali bahwa membuat suatu logo itu bukan hal segampang yang kamu kira.

Tags

About The Author

Syamsul Ma'arief 34
Ordinary

Syamsul Ma'arief

Graphic Designer - Keep Farmed and Carry Hard.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel