Inilah Penampakan Bumi Jika Ditinggal Manusia

10 Oct 2016 10:40 2834 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
perkiraan atau gambaran kehidupan ketika manusia sebagai makhluk utama di muka bumi ini punah

Plimbi.com - Pernahkah sobat Plimbi membayangkan jika bencana besar di muka bumi ini terjadi dan mengakibatkan punahnya manusia sebagai penghuni planet bumi. Isu kiamat yang akhir-akhir ini terjadi yaitu akibat ramalan suku Maya yang terlanjur salah dipahami. Bagi yang percaya dengan ramalan tersebut, mereka akan disibukkan dengan segala persiapan untuk kehidupan selanjutnya setelah kiamat ini terjadi.

Nah di bawah ini adalah ulasan dari sisi keilmuwan yang diungkapkan dari berbagai ilmuwan konstruksi, fisikawan, ahli biologi perkiraan atau gambaran kehidupan ketika manusia sebagai makhluk utama di muka bumi ini punah.

Periode Waktu : 10 Hari Berlalu

Stasiun Pengisian Bahan Bakar kebanyakan sudah tak berfungsi, begitu juga beberapa pembangkit listrik, yang menyebabkan pemadaman bertahap di seluruh dunia karena kehabisan bahan bakar. Beberapa pembangkit listrik tenaga angin (driven turbin) masih bertahan untuk menyediakan listrik, tetapi tanpa perawatan, mesin rotor akan rusak dengan perlahan dari waktu ke waktu. Sebagai contoh, generator Bendungan Hoover masih didorong oleh aliran air dari Danau Mead dan tanaman bisa tetap tumbuh dan beroperasi selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Kota-kota besar di dunia secara bertahap akan gelap gulita di malam hari, dan mungkin kota Las Vegas serta Nevada satu-satunya titik cahaya di permukaan planet bumi yang akan terakhir terlihat.

Tanpa konsumsi daya yang stabil, sebagian besar pembangkit listrik tenaga nuklir akan terminate dan akan otomatis ke kondisi safe mode mencegah terjadinya kebocoran. Di kota-kota besar seperti New York City, pompa air yang ada dalam terowongan kereta bawah tanah mengeluarkan sampai 13 juta galon air per hari, akibat dari tidak adanya pengelolaan, terowongan akan tenggelam dalam waktu sekitar 36 jam.

Kebanyakan makanan telah membusuk di rak-rak supermarket maupun di dalam kulkas di rumah. Beberapa hewan peliharaan yang masih terjebak di dalam rumah dapat meminum air dari plafon yang bocor atau dari saluran PAM, namun sebagian besar hewan mati secara massal pada beberapa periode. Sebagian hewan peliharaan yang berhasil lolos dari maut, mulai melarikan diri dari rumah dan akan mulai mengais-ngais untuk mendapatkan makanan. Beberapa hewan yang diciptakan hasil pembiakan silang seperti ras anjing kaki pendek dan moncong mulut pendek, tidak akan mampu bertahan lama di alam liar. Sementara itu, hama rumah tangga seperti tikus, kecoa akan berkembang dari persediaan makanan yang tersisa. Setelah habis, mereka kembali ke alam liar di mana populasi mereka dengan cepat akan berkurang karena mereka menjadi makanan bagi predator.

Periode Waktu : 6 Bulan - 1 Tahun Berlalu

Enam bulan tanpa manusia yang biasa menjadi predator mereka, hewan liar akan kembali masuk ke dalam area perkotaan. Predator kecil seperti coyote dan bobcats, yang biasanya berkeliaran di pinggiran wilayah penduduk, akan masuk menjadi warga baru pertama, diikuti selanjutnya oleh spesies besar seperti puma, serigala dan beruang.

Setelah 1 tahun berlalu, tumbuhan juga mengambil alih, banyak rumput yang tadinya terawat menjadi area tumbuhan liar. Gulma tumbuh di celah-celah di jalan dan pada akhirnya akan membentuk lapisan tanah miskin hara. Tanaman dan ivy berakar dalam mulai merusak pondasi bangunan. Binatang liar akan menemukan tempat berlindung di kota-kota yang telah ditinggalkan, seperti di Bendungan Hoover. Moluska yang disebut Kerang Quagga, mulai menyumbat pipa air pendingin yang terhubung ke generator dan pada akhirnya mereka akan menutupinya. Akibatnya, Las Vegas akhirnya menjadi gelap, karena generator listrik sudah mulai tidak beroperasi, tidak ada air melewati Dam Hoover dan akhirnya Sungai Colorado akan kering.

Sementara itu, kenaikan air di Danau Mead akan menekan tembok dan tumpah. Dipicu oleh badai petir, kebakaran liar akan cepat menjalar, dan pada akhirnya kebakaranpun bisa menyerang bangunan yang ada di kota, karena sudah tidak berfungsinya alat penangkal petir. Puing-puing yang hangus akan menyediakan nitrogen dan akan menjadi tempat tumbuh tanaman khusus.

Periode Waktu : 5 Tahun Berlalu

Jalan-jalan raya kebanyakan mulai menghilang tertutup rumput liar. Seperti terjadi di London, Istana Buckingham akan dipenuhi dengan tanaman merambat dan lumut. Di Moskow, Red Square berubah menjadi hijau karena kehidupan tanaman. Di New York City, rumput besar Central Park menyemburkan pohon anakan dan beberapa lama akan menjadi hutan yang menyebar. Monumen Washington DC ditelan oleh tanaman hijau. Di kebun binatang, jika mereka berhasil melarikan diri, ada kemungkinan bahwa beberapa binatang seperti singa, harimau, gajah, dan badak masih dapat bertahan hidup di alam liar jika mereka bermigrasi ke iklim selatan Amerika Serikat.

Periode Waktu : 20 Tahun Berlalu

Struktur beton mulai retak dan runtuh akibat dari siklus “freeze and thaw”, serta adanya serangan vegetasi. Tanpa manusia yang memelihara tanggul, kota-kota dataran rendah seperti Amsterdam dan London akan tenggelam. Sebagian besar kerangka bangunan yang terbuat dari logam akan mengalami korosi dan berkarat, jendela pun retak dan akan runtuh dari bangunan. Burung akan mengambil alih bangunan-bangunan itu sebagai tempat. Batang penyalur di atas gedung pencakar langit akan berkarat dan sambaran petir bisa membakar bangunan menjulang.

Contoh nyata yang terjadi untuk periode ini adalah di daerah Prypiat, Ukraina, yang ditinggalkan pada tahun 1986 setelah bencana Chernobyl. Tempat ini digunakan sebagai contoh kehidupan nyata dari tingkat kerusakan yang bisa terjadi setelah 20 tahun hilangnya manusia. Meskipun awalnya tingkat radiasi tinggi yang menewaskan flora dan fauna lokal di dekat pabrik nuklir, dalam 20 tahun, tanaman dan kehidupan hewan telah dikembalikan ke daerah tersebut, dengan sebagian besar berkembang secara signifikan tanpa campur tangan manusia.

Periode Waktu : 25 Tahun Berlalu

Sebagian besar bangunan akan hancur dan runtuh. Kecoa masih bertahan hidup, berkembang dari benda-benda yang membusuk seperti kertas dan kardus. Dengan tidak ada manusia untuk mengendalikan jumlah mereka. Selain itu juga populasi serigala telah meledak dan mengikuti kawanan rusa ke daerah-daerah yang sebelumnya dihuni.

Periode Waktu : 40 Tahun Berlalu

Struktur kayu kecil, seperti pada bangunan rumah akan ambruk karena mereka diserang oleh jamur dan juga rayap. Meskipun mereka bisa berdiri selama bertahun-tahun, batu-batu memburuk dengan cepat bila terkena garam seperti dari kotoran burung atau paparan air laut.

Periode Waktu : 50 Tahun Berlalu

Tanpa pemeliharaan yang rutin dan waspada, kabel baja dari Jembatan Brooklyn dan Golden Gate Bridge akan rapuh karena korosi dan struktur bangunan dari jembatan tersebut akan terancam untuk runtuh.

Periode Waktu : 75 Tahun Berlalu

Sekarang pada periode ini, sebagian besar dari sekitar 600 juta mobil di dunia, bahkan yang sempat menyandang sebagai mobil ramah lingkungan, akan berkarat dan menjadi onggokan yang nyaris tak bisa dikenali. Ban akan kempes dalam beberapa tahun, tetapi karet sintetis dan komponen plastik akan tetap bertahan dan berlangsung selama berabad-abad.

Periode Tahun : 100 Tahun Berlalu

Jembatan Brooklyn dan The Golden Gate Bridge akhirnya runtuh ketika kabel kawat putus karena berkarat dan tidak dapat lagi menopang berat beton dan jalan. Dalam lingkungan yang terkendali dari lemari besi, bahan seperti kertas dan film bisa bertahan hingga 200 - 300 tahun, namun sekali terkena kelembaban dan suhu tidak diatur, mereka akan rusak dan umurnya akan menjadi separuhnya. Media digital seperti CD dan DVD akan memakan waktu lebih lama untuk rusak.

Periode Tahun : 150 Tahun Berlalu

Di kota-kota besar, terowongan-terowonan kereta bawah tanah yang telah dibanjiri air akan menyebabkan jalan-jalan yang ada di atasnya runtuh. Tanpa campur tangan manusia, lautan akan pulih dari polusi dan populasi kehidupan laut akan meledak.

Periode Waktu : 200 Tahun Berlalu

Periode ini merupakan periode “Runtuh” banyak dari struktur terbesar dari ciptaan manusia akan runtuh pada era ini, seperti Menara Eiffel di Paris, dan Space Needle di Seattle akan jatuh. Setelah struktur besi mereka rusak terhadap korosi, angin yang kuat akan cukup untuk menyebabkan mereka runtuh. Sebuah contoh yang diberikan dalam acara adalah runtuhnya Viaduct, Kereta Api Kinzua di Pennsylvania pada tahun 2003. Runtuhnya Menara Willis (sebelumnya dikenal sebagai Menara Sears) di Chicago dan The Empire State Building di New York City akan segera menyusul.

Periode Waktu : 500 Tahun Berlalu

Pada periode ini, struktur beton bertulang yang paling kuat akan runtuh setelah inti beton ikut rusak akibat dari kelembaban. Tanpa manusia, yang diyakini sebagai bangunan-bangunan kuno, seperti The Sphinx di Giza akan terkikis dalam waktu 500 – 1000 tahun. Semua peradaban modern akan lenyap. Kota menjadi hampir tidak dikenali karena ditumbuhi oleh hutan pohon dan vegetasi. New York City mungkin terlihat seperti ketika pertama kali dieksplorasi oleh Henry Hudson pada 1609.

Periode Waktu : 1000 Tahun Berlalu

Sekarang setelah 1000 tahun setelah manusia tidak ada, sedikit sekali bukti yang tersisa dari umat manusia. Bahkan radio dan sinyal televisi yang dipancarkan ke ruang angkasa sekalipun. Tembok Besar Cina akan memiliki usia seperti gunung karena dimakan waktu selama berabad-abad. Piramida Agung Giza akan berdiri cukup lama untuk ditelan oleh gurun pasir. Dam Hoover tetap menjadi yang terakhir atau Gunung Rushmore yang akan menjadi salah satu simbol terakhir dari manusia. Dan mungkin batangan emas dan berlian yang terkubur juga menjadi salah satu saksi bisu dari peninggalan peradaban manusia.

Berikut adalah cuplikan video teaser nya :

 

 

Tags

About The Author

Syamsul Ma'arief 34
Ordinary

Syamsul Ma'arief

Graphic Designer - Keep Farmed and Carry Hard.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel