Fitur-fitur Google Pixel dan Pixel XL yang Tak Ada di Android Lain

5 Oct 2016 13:43 2806 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ada 7 fitur penting yang membuat Pixel dan Pixel XL selangkah lebih maju dibandingkan Android lain

Produk yang dinantikan itu akhirnya meluncur juga pada Rabu, 5 Oktober 2016 atau Selasa, 4 Oktober 2015 waktu setempat. Produk itu sering dibicarakan oleh orang, meski baru di jagad maya dan belum seheboh produk tetangga. 

Produk itu adalah Google Pixel dan Pixel XL. Sebuah produk teleponn genggam yang katanya besutan penuh Google. Dalam artian tidak menggandeng mitra vendor seperti yang dilakukan Google pada produk mereka sebelumnya, Nexus. 

Tidak sepenuhnya salah sih, kalau Google Pixel dan Pixel XL ini buatan Google. Seluruh piranti lunak dan perangkat keras produk tersebut memang didesain Google. Hanya saja perakitan produk tersebut dilakukan oleh HTC, perusahaan Taiwan yang produk ponsel pintarnya tidak mendapatkan sambutan hangat di pasar seperti yang sudah-sudah. 

Pixel dan Pixel XL datang dengan sistem operasi Android 7.1 Nougat. OS yang tertanamnya juga telah mengalami modifikasi khusus sehingga memiliki fitur yang eksklusif. Fitur yang bahkan bisa jadi tidak ditemukan di smartphone Android besutan vendor lain. 

Disadur dari berbagai sumber, saya mencatat ada 7 fitur penting yang membuat Pixel dan Pixel XL selangkah lebih maju dibandingkan Android biasa. Selangkah lebih hebat yang membuat ponsel ini pantas untuk bersaing dengan nama beken di kelas smartphone premium. Sebut saja si eksklusif iPhone 7 atau produk Korea yang  punya “adik meledak” Galaxy S7 dan S7 Edge. 

Mari tengok saja langsung, 7 fitur unggulan dari Google Pixel berikut ini. 

1. Google Assistant

Google Now adalah asisten yang biasa hadir di sistem operasi Android. Tapi khusus ponsel Pixel besutan Google, sang asisten itu bernama Googlle Assistant.  Perubahan asisten pintar ini bukan sekadar nama tetapi juga kemampuan. 

Diklaim oleh pihak Google, jika Google Assistant pada dasarnya mirip dengan  Google Now, hanya saja memiliki kemampuan yang lebih baik. Contoh sederhana adalah kemampuan membuka aplikasi Whatsapp lewat perintah suara. 

2. Virtual Reality 

Google punya perangkat Virtual Reality bernama Daydream.  Perangkat ini baru didukung oleh Google Pixel dan Google Pixel XL. Ini menandakan bahwa perangkat Pixel memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan OS Android lainnya. 

Untuk bisa merasakan teknologi Virtua Reality dari Pixel, pengguna harus memberi perangkat tambahan berupa VR Daydream yang dibanderol dengan harga  79 dollar AS atau sekitar Rp 1 juta untuk merasakannya. Setelah itu, pengguna bisa menikmati berbagai konten VR menggunakan Pixel. 

3. Pixel Launcher

Smartphone Android pada umumnya punya tampilan layar utama dengan beberapa ikon umum yang ditengahnya terdapat akses ke berbagai aplikasi yang ada. Tombol di tengah adalah App drawer yang umumnya ditandai dengan tanda enam titik. 

Kini, dengan memakai Pixel Launcher, tombol semacam itu tak akan terlihat lagi. Pengguna yang ingin melihat seluruh aplikasi tidak lagi menekan tombol app drawer tetapi hanya tinggal menggeser layar ke atas. Sebuah “jalan pintas” yang lebih mudah dan baru. 

4. Pixel Camera

Google sadar betul jika sebuah kamera dengan sensor dan resolusi tinggi akan percuma jika tidak didukung dengan aplikasi atau sistem yang baik. Karena itu, pada Pixel tersemat sebuah kecerdasan buatan yang mampu menghasilkan foto terbaik. 

Hal ini berkat fitur yang dinamakan smart burst dan mode pemotretan HDR+. Selain itu, terdapat pula fitur kendali manual yang tentunya akan Pixel Camera terasa seperti sedang mengatur kamera DSRL. 

5. Smart Storage 

Kelebihan dari memiliki memiliki Pixel dan Pixel XL adalah kesempatan mendapatkan ruang penyimpanan cloud di Google Photos yang tak terbatas. Berbagai foto, video yang bahkan memiliki resolusi tinggi, bisa disimpan di Google Photos tanpa takut dibatasi. 

Dukungan ini kemudian disebut sebagai fitur  “smart storage”. Fitur ini akan memaksimalkan ponsel yang hanya punya memori internal 32 GB atau 128 GB, tanpa slot MicroSD ini. 

Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu khawatir kapasitas cepat penuh. Pasalnya, foto dan video yang sudah tersimpan di Google Photos akan otomatis terhapus di memori internal Pixel. 

6. Kemudahan Memindahkan Data

Memindahkan data kini lebih mudah. Pasalnya, Google Pixel telah mendukung USB Type-C. Jika pengguna membeli Google Pixel, pengguna aakan mendapatkan kabel adapter USB Type-C yang tentunya berfungsi sistem operasi lain.

7. Layanan  24 Jam

Pembeli Ponsel Pixel dan Pixel XL mendatkan layanan purna jual yang terbilang memasukan. Layanan  tersebut adalah akses layanan pelanggan 24 jam yang akan bermanfaat jika terjadi sesuatu pada perangkat Pixel. Atau bisa sebagai layanan untuk membantu menemukan masalah pada ponsel Pixel.

 

Nah, itulah 7 fitur beda yang membuat Google Pixel dan Pixel XL terasa istimewa. 

Pixel dan Pixel XL sendiri memiliki spesifikasi yang terbilang sangat baik untuk sebuah ponsel kelas atas. Kedua ponsel ini didukung dengan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 821, kamera berkualitas 12 megapiksel dengan ukuran piksel 1,55 mikron, dan diafragma F/2.0, serta dukungan fitur quick charge. 

Sementara perbedaan Pixel dan Pixel XL terletak pada layar yang diusungnya.  Pixel berukuran layar 5 inci dan Pixel XL dengan layar 5,5 inci. 

Untuk harga, bisa tengok data dibawah ini 

Pixel

- Versi 32 GB dengan harga 649 dollar AS (sekitar Rp 8,5 juta)
- Versi 128 GB dengan harga 749 dollar AS (sekitar Rp 9,8 juta)

Pixel XL

- Versi 32 GB dengan harga 769 dollar AS (sekitar Rp 10 juta)
- Versi 128 GB dengan harga 869 dollar AS (sekitar Rp 11,3 juta)

 


Sumber : KompasTekno
Gambar : PocketLint 

 

 

About The Author

Hilman 78
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel