Mengenang 6 Ponsel BlackBerry Terlaris dan Terpopuler

30 Sep 2016 14:35 5678 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menilik kembali produk-produk BlackBerry yang pernah sukses di pasaran.

Ponsel BlackBerry Terpopuler-Kabar mengenai BlackBerry yang menutup bisnis hardware berhembus begitu kencang. Semua media memberitakan tentang pemberhentian bisnis hardware BlackBerry. Tapi sebenarnya bisnis hardware BlackBerry tidak benar-benar tutup. Mereka hanya mengalihdayakan produksi hardware ke pihak ketiga, dalam hal ini PT BB Merah Putih. 

BlackBerry sendiri akan fokus pada bisnis software. Dan ini menandakan bahwa BlackBerry sebenarnya tidak benar-benar tamat. Mereka tetap aksis, hanya saja mereka kini lebih fokus pada pengembangan piranti lunak dibandingkan dengan pengembangan perangkat keras. 

Lantas, bagaimana kemudian nasib BlackBerry selanjutnya? Seperti yang sudah disebutkan, BlackBerry akan tetap memproduksi ponsel pintar dengan OS Android. Dan yang membuat ponsel tersebut adalah PT BB Merah Putih yang ada di Indonesia. 

Tentu pengembangan ponsel BlackBerry oleh perusahaan Indonesia merupakan suatu kabar yang baik. Saya pun cukup senang mendengar hal ini. Hanya saja pertanyaan selanjutnya, apakah kemudian BlackBerry baru nanti mampu berbicara banyak di pasar smartphone Android yang sebenarnya sudah jengah ini? 

Apalagi, bakal ada muncul sentimen “BlackBerry lokal” yang bisa saja mengindentifikasi produk BlackBerry dari PT BB Merah Putih tidak akan sebagus ketika dibuat oleh perusahaan yang dulu bernama RIM itu. 

Kita tahu, bahwa BlackBerry sempat menguasai pasar. Saya masih ingat ketika saya masih memegang ponsel seadanya, dan teman-teman sudah pegang BlackBerry. Hampir semua harus pegang ponsel BlackBerry. Terlebih karena kehadiran BBM yang eksklusif untuk OS BlackBerry saat itu. 

Tidak heran jika kemudian penjualan BlackBerry meningkat. Bahkan 6 diiantaranya merupakan produk yang cukup laris. 

Sambil menanti ponsel BlackBerry ala PT BB Merah Putih, mari simak kembali, 6 ponsel terlaris dari produsen BlackBerry. Oh yah, daftar ini tidak saya buat berdasarkan urutan jumlah penjualan yah. Hanya penomoran biasa. 

Berikut daftarnya.  

1. Blackberry Bold 9900/BlackBerry Dakota 

Dulu, kalau saya lewat ke pusat toko elektronik ternama di Bandung, para penjual sering mengatakan “BlackBerry Dakota-nya boleh kakak”. Atau teman yang sering nanya harga pada saya soal harga BlackBerry Bold 9900 atau Dakota ini. Padahal punya saja tidak. 

Ini mendandakan kalau seri Dakota memang yang paling laku, terutama di Indonesia.  Ada hal yang menarik dari Dakota ini yang membuat banyak orang membelinya. Selain karena hadirnya keyboard qwerty, kehadiran  fitur touchscreen (layar sentuh) membuat Blackberry Dakota ini jadi incaran banyak orang, tertutama  para penggemar BBM.

Cukup ampuh lah, seri BlackBerry ini untuk sekadar BBMan, sosial media, dan browsing. 

2. BlackBerry Torch

Salah satu keunggulan BlackBerry ini adaqlah model desainnya yang beda. Produk ini mengusung konsep model slide dan membuat banyak orang suka dan kagum kala itu. Mode slide ini membuat orang tidak perlu menyimpan ponsel yang terlalu panjang di saku. Tetapi ketika digunakan, fungsi keyboard qwety yang  khas tidak akan tergantikan. Hal ini pulah barangkali yang membuat orang suka terhadap produk ini. 

3. BlackBerry Onyx

BlackBerry Onyx pada dasarnya masih satu keluarga dengan BlackBerry Bold (masih satu seri). Yang membuat Onyx terasa istimewa adalah bentuk dan desainnya yang lebih elegan. Tidak heran jika penjualan BlackBerry Onyx cukup laris manis di pasaran Indonesia. 

Oh yah, BlackBerry Onyx ini punya dua seri yakni BlackBerry Onyx 1 atau bisa disebut BlackBerry Bold 9000 dan BlackBerry Onyx 2.

4. BlackBerry Gemini 

Di pusat penjualan toko, kalau tidak Dakota, maka BlackBerry Gemini lah yang umum ditawarkan oleh kakak-kakak SPG cantik dan seksi. Tapi gaung panggilan BlackBerry sekarang sudah tidak terdengar. Karena nama-nama seperti Samsung, Apple, Asus, bahkan Oppo lebih sering terdengar. 

Kepupuleran BlackBerry Gemini bahkan membuat ponsel ini disebut sebagai ponsel BlackBerry sejuta umat. Tidak berlebihan sih sebenarnya penyebutan tersebut karena BlackBerry Gemini dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Bahkan, di era ketika banyak orang memakai Android dan Apple, masih ada orang yang memakai BlackBerry Gemini. 

6. BlackBerry Curve (Apollo) 

Kalau yang satu ini masih satu keluarga dengan BlakBerry Gemini. Karena masih satu keluarga, BlackBerry Curve juga banyak diminati oleh banyak orang. Bahkan, kadang ada juga yang menyebut produk ini sebagai Gemini Curve, mengingat kesuksesan Gemini dari segi penjualan. Tidak salah sih karena memang masih satu keluarga. 

7. BlackBerry Pearl

Mungkin tidak banyak orang Indonesia yang memiliki BlackBerry Pearl. Tapi ponsel ini juga sebenarnya cukup laris karena memiliki bentuk desain yang mewah dan elegan. Hanya saja ponsel ini lebih menyasar pengguna yang lebih tersegmentasi, yakni kalangan profesional dan korporat. 

Tercatat, blackBerry Pearl mampu membukukan penjualan sampai 15 juta unit. Dan penjualan ini membuat ponsel ini masuk ke dalam daftar ponsel terlaris 

Nah, pertanyaan berikutnya, mampuhkah PT BB Merah Putih menghadirkan produk BlackBerry yang menarik minat pasar? Kalau belajar dari pengalama dan dukungan konsep yang baik, bukan tidak mungkin produk BlackBerry dengan OS Android bakal  banyak bicara di pasaran. 

Sumber dan Gambar : Jalan Tikus, Gopego

About The Author

Hilman 79
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel