5 Kamera 360 Derajat Terbaik yang Layak Anda Pilih

26 Sep 2016 11:48 7850 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda yang membutuhkan kamera 360 derajat patut menilik 5 gadget berikut ini 

Kamera 360 Derajat apa yang terbaik?” Sebuah pertanyaan yang masuk lewat aplikasi chat dari seorang teman. Pertanyaan yang cukup tak terduga mengingat saya jarang sekali membahas kamera atau fotografi. Tapi karena dia tahu sering menulis tentang teknologi, ia menanyakan hal tersebut pada saya. 

Saya sebenarnya akan jawab tidak tahu. Tapi kemudian tidak ada salahnya untuk memberi rekomendasi padanya. Akhirnya, saya menemukan salah satu produk kamera 350 derajat yang cukup relevan untuk dia gunakan. Tentu juga saya mengecek ketersediaan produk tersebut di Indonesia. 

Nah, bagi Anda yang juga mengalami masalah serupa dengan teman saya, yakni memilih kamera 360 derajat, maka Anda bisa menyimak daftarnya berikut ini.  Daftar ini saya pilih karena ketersediaan produknya di Indonesia. Berikut daftarnya.

1. Ricoh Theta S

Ini adalah kamera 360 derajat yang saya rekomendasikan ke teman saya. Alasannya karena kamera ini sudah cukup mumpuni sebagai kamera 360 derajat dan yah cukup banyak tersedia di Indonesia. Kameranya mampu menangkap rekaman 1080p dengan resolusi kamera 14MP sphere image. 

Yang menarik, Anda bisa memakai smartphone untuk terhubung dengan kamera ini dan melakukan streaming via USB. Tentu saja untuk menggunakannya, diperlukan sebuah aplikasi. Oh yah, aplikasinya mampu melakukan transfer langsung dari Ricoh Theta S ke smartphone Anda. 

Barang ini tersedia di Amazon dengan $346. Di Indonesia, kamera ini dijual dengan harga Rp 5,3 jutaan. 

2. Brica Insta360

Kamera 360 derajat bernama Brica Insta360 bisa jadi andalan Anda untuk keperluan membuat video 360 derajat. Kamera ini mampu menangkap gambar kualitas 3K. Atau secara teknis mampu merekam 3040x1520 dengan kecepatan 30fps. 

5 Kamera 360 Derajat Terbaik yang Layak Anda Pilih

Kamera ini hadir dengan built-in memory berkapasitas 64GB. Hanya saja, Anda perlu menambah uang lagi untuk membeli memori 64GB.  Oh yah, kamera ini sudah dilengkapi Camera 210 Degree Dual Wide Angle Fisheye Lens Video Camera for VR Headset Glasses. Itu artinya kamera ini mendukung teknologi virtual reality. 

Produk yang bisa digunakan tanpa terhubung dengan device lainnya ini dibanderol dengan harga Rp 2,9 jutaan. 

3. LG 360 CAM

Dari namanya sudah jelas, kalau kamera ini besutan LG. Hadir dengan kemampuan merekam video 360 derajat, LG 360 CAM dibekali dengan  kamera dua sensor 13MP. Bodi kamera ini cukup kompak dan juga penggunaan yang  cukup mudah. 

Harga produk ini juga terjangkau yakni $200. Di Indonesia, produk ini dibanderol dengan harga  Rp 2,8 jutaan. Harga yang cukup terjangkau. Sayangnya, Anda harus punya smartphone LG G5 atau LG G5 SE karena gadget ini memerlukan prosesor yang cukup mumpuni. 

4. Kodak PIXPRO SP360 4K 

Kalau Anda butuh kamera video 360 derajat, maka produk dari Kodak ini bisa jadi pilihan. Pasalnya, PIXPRO SP360 4K sudah teruji mampu menghadirkan video kualitas UHD dengan kecepatan 30 fps berkat lensa 235 derajat yang tertanam di dalamnya. 

Selain itu, produk dari Kodak ini juga sudah teruji mampu bertahan di suhu ekstrim. 

Oh yah, PIXPRO SP360 4K ini hadir dengan dua bagian kamera yang bisa dipasangkan secara bersamaan. Selain itu, tersedia juga sebuah aplikasi yang sudah hadir bersama jika Anda membeli gadget ini. 

Harga gadget ini di Amazon adalah $499. Sementara di Indonesia, ada penjual yang menjual produk ini di situs marketplace dengan harga 7 sampai 10 juta. Dan untuk memesannya pun, Anda harus menunggu karena sistem pre-order. 

Jika Anda butuh harga yang lebih terjangkau, maka Anda bisa melirik Kodak Pixpro SP360 tanpa embel-embel 4K. Produk yang satu ini dibanderol dengan harga Rp 4-jutaan saja. Gambar Kodak Pixpro SP360 bisa Anda lihat pada gambar pertama tulisan ini atau cover image tulisan ini.

5. Samsung Gear 360

Jelas, Samsung Gear 360 merupakan kamera 360 derajat pilihan dan terbaik menurut hemat saya. Tapi jelas juga kalau harganya juga lumayan jika dibandingkan dengan LG G Cam yang hanya mendukung gadget besutan pabrikan sendiri. 

Yah benar, Samsung Gear 360 ini hanya mendukung perangkat Samsung Galaxy kelas atas, Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge. Jadi, Anda yang tertarik dengan kamera besutan Samsung ini minimal sudah punya gadget utamanya terlebih dulu. 

Untuk harganya, gadget ini dibanderol dengan harga kisaran Rp 5,8 jutaan. Dengan harga tersebut, Anda bisa mendapatkan sebuah kamera dengan dua buah lensa CMOS 15 MP fish-eye pada bagian depan dan belakang. Selain itu, tersedia pula, slot untuk menambah memori, serta konektivitas seperti Wi-Fi, NFC, dan Bluetooth.


Menilik daftar tersebut, jelas harga kamera 360 derajat cukup tinnggi. Rata-rata hampir 3-jutaan ke atas. Kalau hemat saya, daftar nomor 1 bisa jadi pilihan terbaik atau kalau tidak, Kodak PIXPRO SP360  yang hanya dibanderol Rp 4-jutaan bisa jadi pilihan. 

About The Author

Hilman 79
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel