Rumor Spesifikasi Google Pixel XL, Smartphone Flagship 2016 dari Google

24 Sep 2016 17:42 2687 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Google Pixel XL adalah satu dari dua varian smartphone buatan Google di tahun 2016 ini.

Tinggal sebentar lagi kita akan dapat melihat sebuah smartphone buatan Google lainnya setelah sebelumnya pernah hadir kehadapan kita seri Google Nexus 6P yang diterima sangat baik oleh para pecinta dan pengguna smartphone Android dari manca negara.

Namanya adalah Google Pixel, yaitu sebuah smartphone bersistem operasi Android yang menurut berita yang beredar di internet, sudah dibekali sistem operasi terbaru dari Google yaitu Android 7.1 atau yang lebih dikenal dengan nama Android Nougat.

Akan ada dua buah smartphone yang dirilis Google pada bulan Oktober 2016 mendatang, yang pertama adalah Google Pixel versi standar, sedangkan yang satu lagi adalah Google Pixel dengan ukuran yang lebih besar dari Google Pixel versi standar.

Namanya adalah Google Pixel XL.

Bersumber dari situs benchmarking bernama Geekbench, berikut ini adalah bocoran spesifikasi dari Google Pixel XL yang akan diumumkan bulan Oktober 2016.

 

Prosessor dan RAM

Menurut informasi yang beredar di situs Geekbench, tertulis bahwa Google Pixel XL akan menggunakan sebuah prosessor berinti empat buatan Qualcomm yang memiliki clock sebesar 1.59 GHz

Sayangnya, belum diketahui kalau prosessor yang digunakan untuk smartphone ini apakah Snapdragon 820 atau Snapdragon 821. Berhubung kedua prosessor tersebut adalah prosessor berinti empat dari Qualcomm yang sekarang ini dipergunakan di banyak smartphone flagship dari berbagai vendor.

Untuk RAM-nya sendiri, Google Pixel XL ini nantinya akan memiliki RAM sebesar 4GB yang tentunya adalah RAM kedua terbesar untuk sebuah smartphone Android di tahun 2016 ini dimana posisi pertama masih ditempati oleh posisi RAM 6GB.

 

Layar

Smartphone Google Pixel XL dikabarkan menggunakan layar berukuran 5.5 inch dengan resolusi QHD (1440x2560 pixel) dengan kerapatan layar mencapai 534 ppi.

Layar pada Google Pixel XL sendiri belum diketahui jenisnya, apakah layar IPS LCD seperti kebanyakan smartphone yang ada di dunia, atau bisa jadi menggunakan layar AMOLED/SUPER AMOLED buatan Samsung yang dari segi kualitas memiliki kemampuan yang berada di atas layar IPS LCD.

Tapi mungkin berhubung smartphone ini adalah smartphone yang mendekati julukan smartphone “flagship” dan pembuatnya adalah Google, tidak heran kalau nanti layar dari smartphone ini menggunakan layar AMOLED sama seperti layar yang digunakan pada smartphone Google sebelumnya yaitu Google Nexus 6P.

Masih dirahasiakan juga, perlindungan layar untuk Google Pixel XL pun masih belum diketahui. Tapi yang jelas, smartphone ini nantinya akan menggunakan perlindungan Gorilla Glass buatan Corning. Karena tidak mungkin, smartphone yang bakal menjadi smartphone “flagship” dan “mahal” dari Google ini memiliki kaca layar yang biasa-biasa saja atau tidak memiliki perlindungan yang spesifik.

Bahkan kalau dilihat pada pendahulunya Nexus 6P, layarnya saja sudah dilapisi perlindungan dari Corning Gorilla Glass 4 yang juga dilapisi oleophobic sehingga noda seperti noda sidik jari tidak menempel.

 

Kamera dan Penyimpanan

Kamera utama dari Google Pixel dikabarkan akan menggunakan kamera 12MP dengan apertur f/1.8 yang sudah didukung phase detection autofocus, touch foucs, HDR, Panorama serta lampu LED Flash dual tone.

Sedangkan kamera sekunder atau kamera depan dari smartphone ini adalah kamera 8MP dengan apertur f/2.0 yang sanggup merekam video berukuran full HD.

Ukuran sensor pada kamera belakang ini sendiri adalah1/2.3 inch dengan ukuran pixelnya adalah 1.55 mikron. Sedangkan ukuran sensor pada kamera depannya adalah 1/3.2 inch dengan ukuran pixel 1.4 mikron.

Beralih ke media penyimpanan, Google Pixel XL ini nantinya akan terdiri dari tiga varian yang dapat dibedakan dari ukuran memori internalnya saja yakni varian dengan memori internal 32GB, memori internal 64GB dan yang terbesar adalah yang dibekali memori internal 128GB.

 

Baterai dan Fitur Lainnya

Belum ada informasi yang konkrit tentang baterai yang terpasang pada Google Pixel XL selain tipe baterainya yang non-removable alias tidak bisa dilepas dengan mudah.

Namun dapat dipastikan, baterai dari Google Pixel XL ini sudah didukung teknologi fast charging untuk pengisian baterai lebih cepat yang langsung terhubung ke konektor Type-C 1.0 pada bodi smartphone.

Fitur-fitur pada smartphone ini juga tergolong cukup standar seperti, Wi-Fi, Hot Spot, Bluetooth 4.2, GPS, Fingerprint Sensor, Accelerometer, Gyro, Proximity, dan masih banyak lagi.

Salah satu fitur berbeda yang mungkin ada pada smartphone ini adalah sebuah teknologi bernama Google Daydream yaitu teknologi VR dari Google yang dapat membawa aplikasi favorit pada smartphone Anda ke dalam dunia Virtual-Reality.

 

Kesimpulan

Belum banyak informasi penting yang bisa menjadi sebuah kesimpulan padat tentang smartphone buatan Google ini. Namun, jika hanya sebuah kesimpulan biasa, maka smartphone ini dapat dipastikan akan menjadi sebuah smartphone flagship dari Google yang bahkan dapat mengalahkan kepopuleranm smartphone Google terdahulu yaitu seri Nexus.

 

 

 

 

 

 

About The Author

Fahd M. 79
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel