Redmi Note 4, Smartphone Baru Dengan Spesifikasi Jadul?

23 Sep 2016 08:06 3666 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Xiaomi kembali meluncurkan produk terbarunya. Tapi ada yang aneh dengan spesifikasinya.

Di tahun ini, atau mungkin sudah sejak tahun-tahun kemarin Xiaomi selalu mengeluarkan deretan smartphone buatannya yang pastinya selalu menggoda mereka para pecinta gadget baik itu para pecinta gadget tanah air maupun luar negeri.

Dirilis bulan Agustus 2016 kemarin, Xiaomi kembali mengeluarkan sebuah smartphone penerus seri Redmi Note miliknya.

Apalagi namanya kalau bukan Redmi Note 4.

Redmi Note 4, seperti dilihat dari namanya, adalah penerus dari seri Redmi Note terdahulu yang namanya sudah tidak asing lagi yakni Redmi Note 3.

Dilihat dari namanya, mungkin banyak orang berekspektasi bahwa smartphone Redmi Note 4 ini akan memiliki spesifikasi yang “WOW” atau setidaknya berbeda dengan generasi Redmi Note 3.

Namun sayangnya, hal di atas tersebut tidak berhasil terwujudkan karena spesifikasi Redmi Note 4 ini pada kenyataannya hanya berbeda tipis dengan Redmi Note 3.

Penasaran?

Silahkan simak ulasan spesifikasi Redmi Note 4 di bawah ini.

 

Desain dan Layar

“Serupa tapi tak sama,” mungkin adalah frase yang tepat untuk membandingkan Redmi Note 4 ini dengan pendahulunya yaitu Redmi Note 3.

Masih menggunakan bahan logam untuk bodi belakangnya serta mewarisi posisi penempatan kamera dan sensor sidik jari seperti pendahulunya, terdapat suatu perubahan yang signifikan dari desain bodi Redmi Note 4 dimana speaker yang biasanya terdapat di bagian belakang smartphone pada Remi Note 3, kini dipindahkan ke bagian bawah smartphone seperti pada kebanyakan smartphone saat ini.

Dan jika dilihat lebih teliti lagi, bagian belakang Redmi Note 4 ini mirip dengan iPhone 6 Plus dengan speaker yang mirip dengan iPhone 7 Plus.

Dibekali layar IPS LCD berukuran 5.5 inch dengan resolusi full HD, layar pada Redmi Note 4 sedikit lebih besar dibandingkan pendahulunya dimana screen-to-body ratio layar pada Redmi Note 4 ini adalah 72.7%. Walaupun sedikit berbeda, ketika Anda membandingkan secara langsung antara Redmi Note 3 dan Redmi Note 4, Anda tidak akan melihat perbedaan yang begitu berarti.

 

Prosessor

Mengikuti jejak pendahulunya yaitu Redmi Note 3 (bukan Redmi Note 3 Pro), Redmi Note 4 hadir masih menggunakan prosessor buatan MediaTek yang bisa dikatakan memiliki performa satu langkah di atas prosessor yang digunakan sebelumnya.

Nama prosessor tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah MediaTek MT6797 atau yang juga dikenal dengan nama Helio X20, yaitu sebuah prosessor berinti sepuluh dari MediaTek.

Mendukung prosessor canggih ini, Mali-T880 kembali dipercaya oleh MediaTek sebagai GPU partner yang tentunya dapat memaksimalkan kinerja Helio X20 untuk Redmi Note 4 ini.

 

RAM dan Penyimpanan

Sudah menjadi tradisi, Xiaomi selalu membuat beberapa varian untuk smartphone keluarannya. Tidak menjadi pengecualian bagi Redmi Note 4, Anda juga akan dapat menemukan dua varian untuk smartphone ini.

Yang pertama adalah Redmi Note 4 yang dinamakan standard edition dengan RAM 2GB serta memori internal 16 GB yang tentunya bisa diperluas dengan MicroSD hingga 256GB dengan mengorbankan slot kartu SIM kedua.

Sedangkan yang kedua adalah Redmi Note 4 dengan namanya adalah high edition dengan RAM 3GB serta memori internal 64GB yang pastinya juga bisa diperluas dengan microSD seperti halnya pada varian sebelumnya.

 

Kamera dan Baterai

Kamera belakang pada Redmi Note 4 sama seperti yang digunakan pada Redmi Note 3 dilihat dari fitur yang dimiliki. Namun jika kita lihat apertur dari kameranya sendiri, Redmi Note 4 ini memiliki apertur lebih kecil dibandingkan Redmi Note 3 dimana pada Redmi Note 4 aperturnya adalah f/2.0, sedangkan pada Redmi Note 3 aperturnya adalah f/2.2.

Untuk kamera depan, sepertinya tidak ada yang perlu dibahas lagi karena kamera depan yang ditanamkan pada Redmi Note ini adalah kamera 5MP dengan apertur f/2.0 yang sanggup merekam video berkualitas full HD.

 

Baterai dan Fitur Lainnya

Tidak puas dengan baterai 4,000 mAh pada Redmi Note 3, pihak Xiaomi kembali meningkatkan baterai pada Redmi Note 4 sebesar 100 mAh menjadi 4,100 mAh.

Sekilas memang terlihat berbeda, tapi menurut saya pribadi 100 mAh pada smartphone tidaklah begitu berarti, apalagi jika pengguna smartphone tersebut adalah seorang heavy user atau pengguna berat.

Seperti kebanyakan smartphone, Redmi Note 4 dibekali fitur-fitur umum yang dimiliki sebuah smartphone seperti GPS, compass, sensor-sensor seperti proximity accelerometer, gyro, serta fitur sekuriti tambahan yang juga menjadi warisan generasi sebelumnya yaitu fitur pengunci sidik jari.

 

Kesimpulan

Xiaomi Redmi Note 4 sepertinya dibuat bagi mereka para pengguna baru smartphone Xiaomi yang ingin merasakan pengalaman menggunakan smartphone kelas premium dengan harga termurahnya adalah 2 jutaan untuk versi standard edition, hingga harga tertingginya adalah 2.5 jutaan untuk versi high edition.

Bagi Anda yang sudah memiliki Redmi Note 3, mungkin Anda perlu berpikir dua kali sebelum membeli perangkat ini, karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak ada ada perbedaan mencolok dari Redmi Note 4 ini selain penempatan speaker yang berbeda serta prosessor yang selangkah lebih cepat. [FM]

 

 

About The Author

Fahd M. 76
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel