Resmi Diumumkan, Berikut ini Adalah Spesifikasi dan Harga iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

8 Sep 2016 03:59 3030 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
iPhone 7 dan iPhone 7 plus mengalami banyak peningkatan dari generasi iPhone sebelumnya.

Bagi Anda yang bosan dengan prediksi-prediksi atau kabar-kabar burung tentang iPhone 7, Anda tidak perlu khawatir lagi karena beberapa jam sebelum artikel ini dibuat, yakni pada tanggal 7 September 2016 waktu setempat pukul 10.28 AM PDT, iPhone 7 telah diumumkan secara resmi.

Smartphone yang menjadi generasi iPhone terbaru di tahun 2016 ini adalah smartphone yang menurut pihak Apple sendiri memiliki banyak peningkatan-peningkatan dari generasi terdahulu, namun masih memiliki kemiripan desain dengan iPhone 6s dan iPhone 6 yang rilis sebelumnya jika dilihat dari bodinya yang memiliki curve.

Dan tidak ketinggalan, ada beberapa teknologi baru yang diterapkan pada smartphone iPhone 7 dan iPhone 7 plus yang baru diumumkan ini, seperti adanya fitur ketahanan terhadap air seperti yang sering kita lihat pada smartphone Android buatan Sony dan yang baru-baru ini diterapkan oleh Samsung ke dua smartphone flagship-nya yaitu Samsung Galaxy S7 Edge dan Samsung Galaxy Note 7.

Meramaikan angka 7 di tahun 2016 ini, iPhone 7 dan 7 Plus juga menerapkan teknologi dual camera serta suara stereo dari speakernya, tepat seperti apa yang rumor atau kabar burung yang beredar di internet.

Jika Anda sudah tahu sebagus apa suara pada iPhone 6s dan 6s plus, maka Anda akan lebih dimanjakan lagi dengan dentungan suara yang dikeluarkan oleh speaker pada iPhone 7 dan iPhone 7 plus ini.

Satu hal yang mungkin akan Anda akan rindukan jika seandainya Anda membeli iPhone 7 atau iPhone 7 plus adalah colokan untuk headset atau headphone kesayangan Anda. Karena perlu diketahui, iPhone 7 dan iPhone 7 plus ternyata tidak memiliki headphone jack seperti rumor yang pernah beredar di internet.

Untuk spesifikasi lebih lengkapnya tentang iPhone 7 dan iPhone 7 plus yang menjadi kabar yang paling ditunggu-tunggu oleh para fans iPhone serta para gadget freaks di luar sana, silahkan simak informasinya di halaman berikutnya.

 

1. Desain

Dari segi desain bodi, iPhone 7 dan iPhone 7 plus ini memiliki desain yang sama dengan pendahulunya. Namun yang menjadi pembedanya, bodi pada iPhone terbaru ini menyilaukan mata; bukan menyilaukan secara harga saja, tetapi juga menyilaukan secara literal dimana bodi pada iPhone 7 ini benar-benar berkilau.

Dari empat model warna yang akan dirilisnya (Black, Gold, Silver dan Rose Gold) warna hitam dari iPhone 7 ini adalah yang paling berkilau dari keempatnya.

Bagi Anda yang tidak suka smartphone yang berkilau, jangan khawatir karena katanya, Apple juga akan mengeluarkan versi matte dari iPhone 7 untuk versi dengan warna hitam saja.

 

2. Prosessor

Sudah menjadi tradisi lama bahwa setiap ada generasi smartphone terbaru dari Apple, smartphone tersebut akan dibekali dengan prosessor terbaru buatan Apple.

Dan dengan hadirnya iPhone 7 ke hadapan masyarakat, Apple juga telah menanamkan prosessor terbaru buatan Apple yang bernama A10 dimana A10 ini memiliki empat inti CPU.

Dua diantara empat inti tersebut diklaim Apple memiliki kecepatan 40 persen lebih cepat dibandingkan prosessor A9. Sedangkan dua inti lainnya memiliki kecepatan yang rendah namun memiliki efisiensi yang tinggi dalam penghematan baterai.

Artinya, iPhone 7 ini akan memiliki baterai yang dapat bertahan jauh lebih lama dibandingkan dengan generasi iPhone sebelumnya.

Berikut ini adalah informasi dari presentasi Apple pada perilisan iPhone 7 tentang seberapa hemat baterai iPhone 7 ini dalam pemakaian berjam-jam.

 

3. Kamera

Berbicara soal kamera pada iPhone 7, smartphone ini diklaim memiliki OIS (Optical Image Stabilisation) yang mampu melakukan exposure hingga 3x lebih lama.

kamera pada iPhone 7 ini juga diklaim sebagai kamera terbaik yang ada di pasaran. Apple berani mengklaim hal tersebut karena pada iPhone 7, lensa yang digunakan memiliki apertur f/1.8.

Tidak hanya itu, kamera 12MP yang ditanamkan pada iPhone 7 ini juga diklaim memiliki sensor yang 60 persen lebih cepat dengan quad-led flash yang memberikan 50 persen peningkatan output cahaya.

Selain itu iPhone 7 juga memiliki kamera depan 7MP, peningkatan 2MP dari generasi sebelumnya yang masih menggunakan kamera depan 5MP.

Berbeda dengan iPhone 7, kamera belakang pada iPhone 7 plus ada dua (dual camera set up).

Kedua kamera tersebut memiliki ukuran 12MP. Kelebihan dual camera dari iPhone 7 ini sendiri dikatakan agar dapat mengambil foto lebih luas lagi serta fungsi lainnya yakni untuk telephoto.

Satu lensa pada kamera iPhone 7 plus memiliki 1x zoom, sedangkan lensa lainnya memiliki 2x Zoom. Untuk maksimal Zoom-nya sendiri, kamera pada iPhone 7 plus ini mampu melakukan zooming hingga 10x.

Dan pada dual camera ini, Apple juga mengklaim bahwa hasil fotonya yang berkualitas bokeh akan menghasilkan hasil yang tidak jauh berbeda dengan apa yang diambil oleh kamera DSLR.

 

4. Audio dan Layar

Tidak begitu banyak informasi dari layar yang digunakan selain kecerahannya yang meningkat sebesar 25 persen. Oleh karena itu, mari kita skip saja dan langsung masuk ke Audio.

iPhone 7 dan iPhone 7 plus hadir dengan speaker yang mampu mengeluarkan suara stereo. Selain itu, headphone jack yang diprediksi akan dihilangkan dari iPhone 7 juga benar-benar terealisasikan.

Earpods pada iPhone 7 nantinya hanya akan dapat terhubung lewat port lightning yang tentunya akan termasuk dalam pembelian iPhone 7 nanti.

Selain itu, dalam pembelian paket iPhone 7 juga, Anda akan mendapatkan sebuah adapter yang memiliki fungsi sebagai penghubung headphone yang masih menggunakan jack 3.5mm ke port lightning.

 

Penutup

 iPhone 7 dan iPhone 7 Plus ini akan hadir dalam tiga varian yang dibedakan berdasarkan luas memori internalnya.

Dengan dihapusnya varian 16GB dari kamus Apple, versi terendah yang akan Anda temukan untuk iPhone 7 dan iPhone 7 plus adalah versi 32GB, yang kemudian disusul dengan versi 128GB dan yang paling tinggi adalah 256GB.

Untuk harganya sendiri, harga iPhone 7 plus akan sedikit lebih mahal dibandingkan iPhone 7.

Versi termurah dari iPhone 7 dibanderol dengan harga 649 USD atau sekitar 8,4 juta rupiah. Sedangkan versi termurah iPhone 7 plus dibanderol dengan harga 769 USD atau sekitar 10 juta rupiah.

Anda yang ingin membelinya tapi harus sabar dulu, karena pre-order iPhone 7 sendiri baru akan dapat dilakukan mulai tanggal 16 September 2016.

Jadi, apakah Anda berminat untuk meminang smartphone terbaru dari iPhone 7 ini?

Karena dengan kelelbihan-kelebihannya seperti water-resistant, dual camera yang jauh lebih bagus dibandingkan kamera pada pendahulunya, baterai yang jauh lebih hemat dengan prosessor yang jauh lebih baik, serta peningkatan - peningkatan lainnya, saya sendiri sangat tergoda untuk mulai menggunakan iPhone 7.

Tapi godaan tersebut belum sampai ke titik puncak, karena mungkin saya harus melihat review komprehensifnya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel