7 Fitur Keren macOS Sierra yang Membuatnya Lebih Baik dari OS Windows

6 Sep 2016 21:00 4551 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apple punya OS terbaru bernama macOS Sierra yang punya fitur keren 

Apple punya OS terbaru untuk perangkat desktop mereka, yakni macOS Sierra. Sistem operasi ini punya nama unik lantaran kini Apple tidak memakai istilah OS X yang diikuti dengan nama binatang. 

Tapi bukan keunikan nama yang jadi keunggulan dari macOS Sierra. Setidaknya, ada tujuh fitur penting yang ada di macOS Sierra yang membuatnya lebih baik dibandingkan OS Windows. 

Jujur saja sih, saya bukan pengguna macOS, melainkan pengguna OS Windows. Tapi melihat fitur-fitur berikut ini, rasanya saya cukup tergoda untuk memakai macOS. Berikut fitur-fitur yang dimaksud, yang saya kutip dari T3.com (06/09/2016). 

1. Membuka Macbook dengan  Apple Watch

Membuka Mac kini bisa lebih mudah dan tidak perlu ribet mengetik password untuk masuk MacBook yang kamu gunakan. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan login memakai Apple Watch. 

Cara  masuknya juga sangat mudah. Macbook kamu nantinya akan memindai atau membaca kehadiran Apple Watch kamu ketika kamu membuka Macbook kamu. Setelah itu, kamu akan masuk secara otomatis. Lebih praktis dibandingkan sistem Windows Hello yang ada di Windows 10. 

2. Copy Teks di iPhone, Paste di Mac

Sudah banyak diketahui, kalau semua perangkat besutan Apple bisa tersingkronisasi dengan mudah lewat satu akun TouchID. Kemudahan hal yang sama yang juga ditawarkan oleh OS lain. 

Hanya saja kini, perangkat Apple, terutama macOS punya fitur yang tak hanya sekadar sinkronisasi tetapi juga akses copy paste dengan lebih cepat dan mudah. Misalnya ketika kita ingin menyalin sebuah teks (copy) di iPhone, kita bisa melakukan paste (tempel) di macOS. Hal ini juga bisa dilakukan sebaliknya, termasuk di perangkat iPad. 

Yang menarik, tidak hanya kemampuan untuk menyalin teks tetapi juga gambar. Luar biasa bukan? 

3. Akses data ke Mac Desktop Memakai iCloud Drive 

Layanan penyimpanan awan punya Apple, iCloud Drive, punya kemampuan untuk berbagi akses ke berbagai perangkat Apple. Dan kini, akses bukan semata data atau file yang tersimpan di iCloud Drive tetapi juga kemampuan akses untuk membagikan file yang ada di perangkat Desktop. 

Tentu saja fitur ini  lebih baik dibandingkan hanya sekadar berbagai desktop folder via OneDrive di Windows 10. 

7 Fitur Keren macOS Sierra yang Membuatnya Lebih Baik dari OS Windows

4.  Tab untuk Aplikasi 

Tab umum ada di browser sebagai penanda atau pemisah akses situs tertentu. Sesuatu yang umum yang terdapat di semua browser, termasuk Safari, browser yang ada di macOS. 

Berkat macOS Sierra, tab tak hanya sekadar berfungsi untuk browser atau peramban. Tab juga bisa diimplementasikan untuk berbagai aplikasi yang terinstal untuk macOS. 

5.  Bekerja Sambil Menonton Video (Picture to Picture)

Hal yang tak bisa saya lakukan di Windows adalah fitur untuk meminimalkan ukuran video agar bisa tayang selagi saya bekerja. Hal ini hanya bisa dilakukan di perangkat iPad. Tapi kini, fitur ini juga bisa dinikmati di MacOS Sierra. 

Sesuatu yang sangat baik tentunya dan menarik minat saya untuk mencicipi macOS. Tapi, kabarnya sih Microsoft tidak mau kalah dan membuat fitur serupa untuk OS Windows 10 Anniversary Update. 

6. Mengosongkan Penyimpanan memakai iCloud Drive

Layanan penyimpanan iCloud Drive punya fungsi lain yang menarik. Fungsi tersebut adalah memungkinkan penggunanya untuk menyimpan beberapa data lama, seperti film yang sudah ditonton, atau e-book yang sudah dibaca, ke dalam layanan iCloud Drive

Apple mendemokan fitur ini dengan sebuah penyimpanan 250GB yang memiliki ruang  kosong 20GB. Kemuian dengan fitur iCloud Drive, ruang penyimpanan menjadi lebih lega, yakni 150GB

Sebenarnya fitur ini sih akan mengingatkan pennguna dengan fitur Windows Cleanup Wizard, yang telah hadir sejak era  Windows XP .

7. Membayar Menggunakan Apple Pay Lewat Browser 

Apple punya layanan uang elektronik atau semacam alat pembayaran yang dinamakan Apple Pay. Penggunaan Apple Pay ini cukup praktis ketika memakai Apple Watch atau iPhone. Tapi kini, dengan macOS Sierea, hal praktis tersebut juga bisa dilakukan. Caranya adalah menekan tombol tertentu pada browser yang ada di macOS.

Masih banyak fitur lain sebenarnya seperti kehadiran Siri dan layanan authenticate payments with TouchID. Fitur-fitur yang cukup menjanjikan dan lebih baik dari Windows. Hmm, perlu menabung nih untuk beli MacBook. 


Sumber T3.COM

Tags Apple

About The Author

Hilman 78
Spidol

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel