5 Fungsi Drone yang Luar Biasa dan Bermanfaat

1 Sep 2016 18:10 4549 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menilik fungsi luar biasa dari drone jika dimanfaatkan dengan benar

Drone merupakan sebuah perangkat yang sedang naik daun.  Hal ini terlihat dari banyaknya orang di dunia yang menggunakan drone untuk berbagai keperluan. Padahal drone awalnya hanya digunakan oleh mereka yang ada di militer maupun pemerintah. Tapi kini, drone bisa dimanfaatkan oleh siapa saja untuk berbagai keperluan lain, termasuk mendukung pekerjaan. 

Oh yah, bagi yang belum tahu, drone pada dasarnya adalah sebuah perangkat berbentuk pesawat mini yang bisa terbang layaknya helikopter. Hanya saja cara menerbangkan drone ini menggunakan remote control. Mirip seperti mainan anak namun tentu saja lebih keren dan canggih. 

Nah, karena drone sekarang sudah meluas, yuk simak 5 fungsi luar biasa dari drone jika dimanfaatkan dengan benar berikut ini. 

1. Menangkap atau Merekam Berbagai Momen Penting

Fungsi paling keren yang bisa dilakukan oleh Drone adalah memantau yang terjadi dalam berbagai peristiwa hidup. Betapa tidak, kemampuan drone yang bisa merekam segala arah, memungkinkan kita untuk melihat atau memantau suatu kejadian atau peristiwa penting. 

 

gambar via fireupvideo.com 

Contoh paling keren adalah ketika kita kehabisan tiket konser musik atau malah berbaur dengan suporter di pertandingan bola. Kita bisa memanfaatkan drone dan menangkap moment dalam peristitwa tersebut. Yah, meskipun hal ini juga harus dapat izin dari penyelenggaranya. 

Selain konser musik dan pertandingan olahraga, kita juga bisa memantau suatu kejadian dengan sudut pandang dari atas 

2. Survey Daerah Berbahaya 

 gambar via fabacademy.org

Sebagian tempat bumi masih menjadi tempat misteri. Malah banyak tempat yang belum terjamah manusia. Misalnya daerah berbahaya bagian terdalam bumi. Tidak mungkin bukan untuk meneliti lebih dalam karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi bagian bawah bumi?

Nah dengan drone, semua hal bisa dilakukan. Para peniliti dan lembaga yang berkepentingan bisa memanfaatkan drone untuk memantau tempat berbahaya yang sulit dijangkau oleh manusia. Dan hal ini juga tentunya bisa membantu penelitian. 

Untuk orang pada umumnya, Drone bisa dimanfaatkan untuk melacak daerah yang belum pernah didatangi. Misalnya, para traveller yang tersesat di tengah hutan, bisa menerbangkan drone untuk mencari arah yang tepat. 

Atau bisa juga memanfaatkan drone untuk mensurvey tempat tertentu sebelum menginjakan kaki ke tempat tersebut. 

3. Pengiriman Barang 

Gambar via BBC.com

Keberadaan drone untuk mengirim barang sudah dimanfaatkan oleh perusahaan besar di luaran sana. Kita juga bisa melakukan hal yang sama, misalnya dengan  mengirimkan suatu barang dari teman kita ke tempat kita atau sebaliknya. 

Fungsi drone yang bisa terbang dan berpindah tempat ini harusnya juga sudah dimanfaatkan oleh perusahaan yang ada di Indonesia. Misalnya, restoran Pizza kini tak perlu kurir lagi untuk sekadar mengantar pizza ke rumah kita.

Hanya saja mungkin barang yang dikirim memakai drone hanya barang tertentu dan memiliki ukuran kecil. 

4. Keperluan Penegakan Hukum 

Gambar via BBC.com

Penggunaan drone untuk keperluan penegakan hukum merupakan suatu hal terkeran yang pernah ada. Bayangkan, para polisi memakai robot untuk memantau daerah para narapidana atau para penjahat. Tentu saja dengan drone ini polisi bisa lebih memantau pergerakan musuh. Bahkan sampai ke tempat persembunyiannya. 

Bagi orang biasa, hal ini mungkin tidak bisa kita lakukan karena masalah hukum ada yang mengurusnya. Tapi kita bisa saja secara tidak sengaja memantau suatu kejadian kriminal ketika kita bermain drone. Kemudian kita bisa melapor polisi untuk melakukan tindakan yang seharusnya. Saat itu, kita bisa membantu aparat dalam penegakan hukum. 

5. Keperluan Film dan Video Komersial 

Gambar via easytechnow.com

Drone juga bisa dimanfaatkan untuk para filmmaker, baik untuk membuat film atau untuk video iklan. Dengan adanya drone, tentu kita bisa menampilkan sebuah scene dengan sudut pandang atas.

Tidak perlu repot-repot lagi memakai helikopter yang tentu saja biayanya sangat mahal. Untuk  mereka yang ingin membuat film sekadar hobi juga bisa memanfaatkan drone untuk mengambil scene dengan angle tertentu. 

Nah, itulah 5 fungsi drone yang sangat luar biasa dan bisa dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berbagai keperluan. Seperti yang sudah dipaparkan, ternyata drone banyak membantu untuk berbagai profesi. 

Sumber Artikel dan Cover Image via Lifehack 
 

Tags drone

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel