Mengenang John Ellenby, Sosok yang Memopulerkan Laptop Lipat

30 Aug 2016 11:34 2454 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Biografi tentang John Ellenby dan ciptaannya bernama Compass

Beredarnya laptop lipat pada era sekarang, ternyata tidak lepas dari peranan sosok bernama John Ellenby. Sosok inilah yang  memopulerkan model laptop lipat bernama The Grid Compass atau Compass. 

Sosok John Ellenby memang sudah terkenal. Apalagi ketika ia menjabat sebagai CEO Grid Systems, sebuah perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California, Amerika Sekitar tahun 80-an, John, bersama tim dari perusahaannya tersebut menciptakan sebuah komputer clamshell atau komputer yang bisa dilipat. Kehadiran komputer ini cukup mencengangkan dunia. 

Tentang Compass

Bukan hanya soal inovasinya akan memungkinkan sebuah komputer untuk dilipat tetapi harganya juga cukup mencengangkan. Harga sebuah Compass saat itu adalah 8.150 dollar AS atau sekitar Rp 90 juta. 

Harga yang tentu saja sangat fantastis. Bahkan untuk era sekarang, harga tersebut masih terlalu mahal. Tapi, saat itu produk tersebut laku keras dan bisa dibilang sebagai 

Meskipun dibandrol mahal, Compass yang hadir ke pasaran pada 1982 ini mendapat perhatian dari banyak perusahaan. Yah, perusahaan saat itu menaruh minat terhadap Compass sehingga produk ini menjadi laku keras.

Padahal waktu itu Compass juga harus bersaing dengan produk sejenis yakni Kaypro atau Osborne 1.

Apa yang membuat Compass menjadi sangat laris? Hal ini disebabkan karena saat itu masih era komputer tebal yang hanya ada di satu tempat. Kehadiran Compass menjadi solusi agar orang yang menggunakannya bisa membawa komputer tersebut kemana saja. 

Karena kepopuleran Compass, Ellenby kemudian dianggap sebagai pionir atau "bapak" yang menciptakan sekaligus memopulerkan laptop dengan model lipat. Meskipun, bukan yang pertama yang menciptakan laptop model lipat, tetapi sosok Ellenby begitu kuat. 

Hal ini terlihat dari banyaknya perusahaan sesudah kehadiran Compass yang kemudian menghadirkan laptop lipat, bahkan sampai sekarang. 

Kepopuleran Compass semakin meningkat tatkala mendapat pujian dari John Poindexter. John Poindexter ini merupakan  penasehat keamanan nasional Presiden Ronald Reagan di pertengahan 1980-an. Ketika Ronald Reagan, John bianya sering ikut dan menjinjing laptop Compass karena memang ketertarikan John pada dunia komputer. 

Dikutip saya dari NYTimes (30/8/2016),  Admiral Poindexter berkata dalam sebuah wawancara bahwa komputer Grid  Compass meruupakan “really nice machines” that had been “built like an armored tank”.  Atau kurang lebih sebagai mesin yang benar-benar baik karena seperti dilapisi oleh tank lapis baja. 

Tentang John Ellenby 

Sosok Ellenby menjadi sosok yang inspiratif dan banyak yang menghormati. Karena itu, tidak heran  saat  terdengar kabar kematian Ellenby, semua pecinta teknologi merasa kehilangan. Yah, John Ellenby meninggal pertengahan Agustus ini atau tepatnya pada 17 Agustus 2016 di San Francisco, California, Amerika Serikat. 

John Ellenby meninggal pada usia 75 tahun. Semasa hidupnya, John memang bekerja fokus pada ranah teknologi. Tengok saja riwayat pekerjaannya. Ia ternyata pernah bekerja di Palo Alto Research Center.

Ia juga adalah orang yang yang menukangi Alto. Bagi yang belum tahu, Alto ini merupakan cetakan dasar untuk komputer terkenal dari Apple, yakni Lisa dan Mac.  

Pria yang lahir di Inggris 9 Januari 1941 ini jugalah yang mengembangkan Alto II,  yang cukup terkenal karena memang lebih komersil.

Selain pernah menjabat sebagai CEO Grid System, Ellenby juga dikenal sebagai pendiri perusahaan tablet komputer bernama Agilis. Ia juga turut berperan dalam pengembangan teknologi augmented reality (AR). 

Kiprahnya di bidang teknologi, serta visinya yang mampu melihat ke depan adalah bukti nyata kalau Ellenby adalah sosok jenius dan visioner. Hal ini terlihat dari penemuan serta keterlibatannya dalam mengembangkan laptop, yang belum populer saat itu serta teknologi AR yang kini sangat populer.  

Akhir kata, Selamat tinggal John Ellenby.

Sumber : NYTImes dan Engadget
Gambar : NYTImes.com 

About The Author

Hilman 78
Spidol

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel