Honor 8, Smartphone Murah dengan Spesifikasi Setara Huawei Mate 8

27 Aug 2016 12:00 3546 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Huawei ternyata tidak main-main bertanding di Industri smartphone.

Produk smartphone dari Huawei, di negara Indonesia memang dikenal sebagai produk smartphone yang mahal. Menurut saya wajar saja, karena spesifikasi yang ditawarkan untuk smartphone yang mereka buat pun tidak sembarangan.

Tidak hanya itu, kualitas dari material yang digunakan untuk membuat smartphone pun terlihat tidak sembarangan. Hal tersebut terlihat dari terlihat dan terasa premiumnya smartphone flagship buatan Huawei seperti Mate 8 ataupun Huawei P9.

Mahal, bagi orang Indonesia adalah hal yang sensitif. Melihat sebuah smartphone bagus tapi dengan harga yang mahal, 5 dari 7 orang Indonesia akan langsung pergi tanpa berpikir untuk membelinya.

Menghadapi situasi tersebut, Huawei akhirnya membuat sebuah sub-brand baru bernama Honor dimana salah satu keunggula dari sub-brand ini adalah smartphone dengan spesifikasi tinggi namun memiliki harga yang bisa dikatakan murah untuk spesifikasi yang ditawarkan.

Contohnya yang belum lama ini dirilis adalah Huawei Honor 8.

 

1. Desain

Huawei Honor 8  adalah sebuah smartphone buatan Huawei yang memiliki identitas berbeda dari smartphone flagship yang biasa dibuat oleh perusahaan asal negeri tirai bambu tersebut.

Dengan memiliki ujung-ujung yang membulat seperti halnya pada iPhone 6s, tangan kita akan dimanjakan dengan kenyamanan dalam menggenggam smartphone Honor 8 ini.

Di bagian belakang Anda akan menemukan sebuah kamera 12MP serta sebuah fingerprint sensor yang memang sudah menjadi ciri khas Huawei.

 

2. Layar

Dengan ukuran layar smartphone mencapai 5.2 inch, smartphone Honor 8 ini tidak menggunakan layar Quad HD seperti pada kebanyakan smartphone yang baru dirilis.

Layar dengan resolusi pada Honor 8 ini mungkin dapat dikatakan cukup standar. Namun jika harus memilih, layar yang dimiliki smartphone ini lebih condong ke arah “bermasalah” khususnya di sisi temperatur warna.

Walaupun begitu, Honor 8 sudah dilengkapi mode “eye comfort” yang membuat para pengguna smartphone ini tidak akan merasakan kelelahan karena terus-terusan memandangi smartphone.

 

3. Prosessor dan GPU

Bagi Anda yang pernah merasakan ketangguhan smartphone Huawei Mate 8, berbahagialah karena Anda akan dapat merasakan ketangguhan smartphone tersebut pada smartphone dengan ukuran yang lebih kecil serta harga yang lebih murah.

Huawei Honor 8 ditenagai oleh prosessor HiSilicon Kirin 950 buatan huawei dengan delapan prosessor inti (octa-core) dimana empat core pertama adalah Cortex-A72 2.3 GHz, dan empat core lainnya adalah Cortex A53 1.8 GHz.

GPU yang digunakan pada smartphone ini pun sama dengan GPU yang tertanam pada Huawei Mate 8 yaitu Mali-T880 MP4.

 

4. Memori Internal dan RAM

Sudah dirilis di pasaran sejak bulan Juli lalu, Huawei Honor 8 ini diketahui memiliki dua tipe. Kedua tipe tersebut tentunya memiliki perbedaan yang cukup mencolok khususnya di bagian memori internal dan RAM yang dimiliki.

Pada tipe termurah, memori internal yang ditanamkan pada Honor 8 adalah sebuah memori internal berkapasitas 32GB dengan RAM sebesar 3GB.

Sedangkan untuk tipe yang lebih mahal, memori internal yang ditanamkan pada smartphone ini adalah dua kali lipatnya dari tipe sebelumnya yakni 64GB dengan RAM sebesar 4GB.

 

5. Kamera

Smartphone Honor 8 memiliki dua buah kamera belakang 12MP serta satu kamera depan 8MP.

Dengan apertur f/2.2, fitur laser autofocus, HDR, mode panorama, face detection serta masih banyak lagi, kamera belakang pada Honor 8 ini dipastikan dapat menjadi media penyalur bakat fotografi Anda.

Tidak hanya dapat mengabadikan momen-momen dalam sebuah foto, kamera belakang pada smartphone ini juga dapat berfungsi sebagai perekam video dimana pada resolusi 1080p, video yang ditangkap dapat berjalan dengan fps mencapai 120 fps serta dalam mode HDR.

Sedangkan untuk kamera depannya, kamera pada Honor 8 ini hanya memiliki apertur f/2.4 dengan dilengkapi sebuah lampu flash untuk keperluan selfie dalam kondisi pencahayaan yang kurang.

 

6. Fitur & Sistem Operasi

Selain memiliki fitur seperti Wi-Fi, GPS, serta sensor sidik jari, smartphone Honor ini juga dilengkapi fitur-fitur seperti infrared dan NFC yang sekarang ini cukup sering digunakan oleh para pengguna smartphone di luar sana.

Sedangkan untuk sistem operasinya sendiri, smartphone ini sudah menggunakan Android Marshmallow V6.0.1 dengan custom ROM khas Huawei yaitu Emotion UI 4.1.

 

7. Baterai

Seperti kebanyakan smartphone menengah ke atas, Honor 8 juga dilengkapi sebuah baterai Li-Po berkapasitas 3,000 mAh yang sayangnya non-removable. Artinya, Anda akan direpotkan untuk pergi ke service center ketika baterai pada smartphone tersebut mulai drop atau bahkan tidak dapat mengisi daya lagi.

 

8. Harga & Kesimpulan

Berhubung ada dua tipe Honor 8 yang dirilis di pasaran, harga untuk keduanya pun pasti berbeda. Untuk tipe termurahnya, smartphone Huawei Honor 8 dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB harganya jatuh pada kisaran 5.7 juta hingga 6 juta rupiah.

Sedangkan untuk Huawei Honor 8 dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB, harga yang ditawarkan untuk smartphone tersebut ada di kisaran 6.6 juta hingga 7 juta rupiah.

Harga tersebut tentunya tidak dapat menjadi patokan mereka yang berada di Indonesia karena harga yang telah disebutkan di atas adalah harga penjualan di luar negeri.

Dilihat dari harganya sendiri, smartphone ini cukup layak untuk dibeli mereka yang sebelumnya pernah menginginkan Huawei Mate 8 yang harganya 3 juta lebih mahal dibandingkan dengan Honor 8 versi termahalnya.

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel