5 Keunggulan Android 7.0 Nougat yang Harus Kamu Tahu

23 Aug 2016 11:05 12851 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Android Nougat dirilis dengan peningkatan-peningkatan yang menggiurkan.

Beberapa jam yang lalu sebelum artikel ini dibuat, Google telah secara resmi merilis Android 7.0 atau yang juga dikenal dengan Android Nougat ke perangkat smartphone merek Nexus andalannya.

Dari apa yang ditulis di blog resminya, perilisan dan pembuatan Android Nougat ini mengambil alur yang berbeda dibandingkan sistem operasi sebelum-sebelumnya.

Seperti yang pertama kali dilakukan pada bulan Maret dimana pihak developer Android N mengundang para developer lain untuk mengintip sosok Android N sehingga mereka sudah mendapat gambaran tentang aplikasi apa yang tepat untuk Android N nantinya.

Dan tidak hanya itu, pada bulan Juni pun pihak developer Android juga mengadakan sayembara untuk penamaan Android generasi ke-7 ini dimana akhirnya kata “Nougat” dinominasikan sebagai pemenangnya.

Di Android 7.0 atau Android Nougat, ada setidaknya 250 fitur baru yang pastinya akan membuat pengalaman Anda dalam menggunakan smartphone Android lebih berwarna lagi.

Akan tetapi, karena mungkin terlalu panjang, mari kita garis bawahi saja fitur-fitur yang pastinya sangat penting dan dapat membuat Anda penasaran dan tidak sabar untuk mencobanya.

 

1. Android 7.0 lebih “personal”

Yang dimaksud lebih personal disini adalah, ketika Anda menggunakan Android Nougat, Anda akan dapat mengkustomisasi smartphone Anda lebih spesifik lagi, menyesuaikan banyak detil sesuai dengan kepribadian yang Anda miliki.

Contohnya saja Emoji yang terdapat pada Android Nougat ini mencapai 1,500 emoji dimana 72 emoji diantaranya adalah emoji baru yang tentunya mewakili ekspresi baru.

Ada juga fitur Quick Settings Control yang memungkinkan Anda sebagai pengguna dapat mengakses berbagai fitur dengan mudah dan menempatkan tiles-nya sesuai dengan keinginan Anda.

Dan yang terakhir yang membuat Android Nougat ini menjadi lebih personal adalah kemampuannya untuk mendeteksi dan mengganti bahasa dari konten yang terpasang pada smartphone Anda dengan bahasa lokal di negara Anda atau bahasa yang telah Anda tetapkan.

 

2. Android 7.0 lebih “Produktif”

Dikatakan lebih produktif tentunya bukanlah tanpa alasan. Pada Android 7.0 atau Android Nougat ini, Anda akan banyak terbantu dengan berbagai fitur barunya seperti Multi-Window yang fungsinya untuk menjalankan aplikasi secara bersamaan di satu layar, Direct reply untuk membalas notifikasi tanpa harus membuka aplikasi terkait, serta Quick Switch yaitu fungsi untuk berpindah aplikasi hanya dengan melakukan double tap pada tombol overview.

 

3. Android 7.0 memiliki baterai yang “pintar”

Baterai yang pintar disini bukanlah baterai yang bisa berpikir sendiri, melainkan pada Android 7.0 ini, terdapat fitur manajemen baterai yang jika dibandingkan dengan Android 6.0 atau Android Marshmallow sebelumnya jauh lebih unggul dikarenakan memiliki berbagai fitur pintar yang belum pernah ada sebelumnya.

Salah satu fiturnya adalah fitur dimana smartphone akan masuk ke mode low power usage ketika smartphone sedang tidak digunakan.

Hemat baterai? Pastinya!

 

4. Android 7.0 lebih “Immersive”

Android Nougat didesain untuk memberikan pengalaman yang jauh lebih baik dibandingkan Android sebelumnya. Seperti hadirnya dukungan untuk VulkanTM (render API 3D terbaru) serta platform Daydream yang juga dikenal sebagai platform mobile untuk virtual reality buatan Google.

Lalu apa kelebihan kedua nama asing yang baru terdengar oleh kita di atas?

Dengan VulkanTM sebuah game 3D akan dapat melepaskan potensinya lagi sebagai game 3D. Artinya, jika sebelumnya sebuah game itu tidak begitu “hidup” maka sekarang ini game tersebut akan lebih terlihat “hidup” lagi.

Sedangkan untuk Daydream sepertinya tidak perlu dijelaskan lagi ya? Karena sudah banyak orang paham dengan arti virtual reality.

 

5. Android 7.0 lebih “secure”

Keamanan, mungkin adalah satu-satunya kekhawatiran dari mayoritas pengguna Android di berbagai belahan penjuru dunia.

Pada Android 7.0, tingkat keamanannya sudah jauh lebih tinggi dibandingkan sistem operasi Android sebelumnya karena ada beberapa fitur terbaru seperti Seamless Update yang dapat langsung memasang update terbaru sebelum melakukan optimasi aplikasi.

Selain itu ada juga fitur File-Based Encryption dimana Android Nougat akan dapat melindungi file-file pribadi yang ditentukan sehingga tidak dapat disentuh orang lain atau bahkan dicuri orang lain.

Dan yang terakhir, Android Nougat juga memiliki Direct Boot yang fungsinya sendiri adalah untuk membantu perangkat Anda menyala lebih cepat dari posisi mati. Dengan Direct Boot ini pula, Aplikasi-aplikasi yang terpasang pada smartphone Anda akan berjalan dengan aman sebelum Anda membuka kunci perangkat smartphone Anda.

 

Penutup

Menggiurkan bukan fitur-fitur terbaru dari Android 7.0 atau yang juga dikenal dengan Android Nougat?

Berita baiknya, Android ini dipastikan akan hadir di banyak smartphone terbaru di akhir tahun 2016 serta di awal tahun 2017.

Namun berita buruknya, Anda harus mencoba untuk tidak iri dengan para pengguna perangkat Nexus, karena di bulan Agustus ini, merekalah yang akan pertama kali mencicipi Android 7.0 pada perangkat Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus 9, Nexus Player, Pixel C, serta Android One.

 

 

 

 

 

sumber: blog resmi Android

 

Tags Android

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel