Mengenal Aplikasi Video Call Google Duo dan Cara Menginstalnya

19 Aug 2016 09:52 7112 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Google Duo merupakan aplikasi video call yang dikembangkan Google

Google telah meluncurkan aplikasi bernama Google Duo. Aplikasi ini sempat dipamerkan di ajang Google I/O 2016 versi Beta. Kini, Jumat (19/8/2016), aplikasi ini sudah hadir di Google PlayStoe. 

Sebenarnya, aplikasi ini sudah muncul beberapa hari sebelumnya. Hanya saja, untuk pengguna di Indonesia, Google baru meluncurkannya pada Jumat, 19 Agustus 2016. 

Lalu, apa itu Google Duo? 

Tentang Google Duo

Google Duo merupakan aplikasi video call yang dikembangkan Google. Aplikasi ini memungkinkan orang untuk melakukan video call dengan mudah. Aplikasi semacam ini sebenarnya sudah ada di aplikasi messenger besutan pengembang lain. Tetapi, biasanya terintegrasi dengan chat. Sementara Google memisahkan layanan chat dan video call. 

Untuk layanan khusus chat, ada Allo. Nah, untuk video call, Duo adalah “senjata utama” Google dalam meramaikan khazanan aplikasi percakapakan video. 

Yang paling dekat dengan aplikasi Duo adalah FaceTime. Hanya saja FaceTime dikembangkan oleh Apple dan hanya terbatas digunakan oleh para pengguna iOS. Sementara Duo tidak hanya mendukung sistem operasi Android tetapi juga mendukung aplikasi iOS. 

Dengan hadirnya Duo ini, tentu pengguna iOS dan pengguna Android bisa saling melakukan video call dengan mudah. 

Cara Menginstal Duo 

Karena penasaran dengan aplikas ini, saya akhirnya mencoba menginstal Duo. Cara penginstalannya cukup mudah. Bagi yang mau mencoba silakan ikuti petunjuk berikut. 

1. Download atau unduh aplikasi Duo di toko aplikasi Google PlayStore untuk pengguna Android dan iTunes AppStore untuk pengguna iOS. 

 

2.  Setelah selesai mengunduh, silakan daftarkan nomor telepon. Mirip dengan cara daftar WhatsApp. 

 

3. Setelah memasukan nomor, Google akan memverifikasi nomor dengan mengirimkan kode via SMS. Masukan kode tersebut. 

4. Setelah itu, Google Duo bisa digunakan. 

5. Silakan pilih tombol video call dan nanti akan ada daftar kontak. Jika ada kontak warna kuning, maka kontak tersebut sudah memasang Google Duo. 

Untuk menggunakan Google Duo, di daftar kontak harus tersedia juga orang yang memasang aplikasi ini. Karena itu saya menyuruh seorang teman untuk memasang aplikasi ini. Setelah dia memasangnya, saya pun coba melakukan video call. 

Setelah mencoba Google Duo, saya cukup kagum dengan aplikasi ini. Aplikasi video call ini cukup mudah digunakan. Apalagi antarmukanya yang sederhana menjadi salah satu nilai tambah karena saya tidak dipusingkan dengan berbagai menu tambahan. 

Untuk diketahui, Google Duo ini dibuat berdasarkan teknologi web real-time communication (WebRTC). Teknologinya juga menggunakan jaringan mobile. Waktu saya menggunakan Google Duo, saya memakai jaringan Wifi. 

Oh yah aplikasi ini memiliki fitur yang dinamakan Knock Knock. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan preview video satu arah. Preview video tersebut  hanya bisa dilihat penerima telepon. Misalnya, jika saya menerima panggilan, saya bisa  melihat terlebih dulu preview video penelepon. Kemudian saya bisa memutuskan apakah akan mengangkatnya atau tidak. 

Secara keseluruhan, Google Duo adalah aplikasi video call yang memang bagus dan tidak ribet. Aplikasi ini berdiri sendiri sebagai layanan video call dan bukan chat. Karena itulah tampilan aplikasi ini lebih sederhana. 

Tags Google

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel