Konsep Kendaraan Pariwisata dari Yamaha untuk Masa Depan

28 Jun 2016 16:00 3183 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kedua konsep ini didesain oleh seorang arsitek kenamaan di Jepang.

Berbicara soal konsep kendaraan di masa depan, Yamaha Jepang memang selalu memiliki segudang konsep yang siap dibagi kepada publik. Contohnya adalah dua konsep terbaru keluaran Yamaha yakni kendaraan yang didesain langsung oleh seorang arsitek kenamaan di Jepang.

Nama dari kedua konsep kendaraan masa depan tersebut adalah 05GEN dan 06GEN.

Dengan konsep yang berdasar pada filosofi “Refined Dynamism” kendaraan ini memang didesain bukan untuk kecepatan maupun jarak tempuh, melainkan dengan prioritas untuk kenyamanan berkendara serta menghubungkan para penumpangnya dengan lingkungan sekitarnya.

Dikerjakan langsung oleh seorang arsitek bernama Toyo Ito, program yang yang nantinya akan menjadi bagian dari bagian dari program “Island Development” ini sudah mulai dijalankan di Omishima, tepatnya di prefecture Ehime.

Yang pertama yang akan kita lihat adalah konsep pertama bernama 05GEN.

05GEN adalah kendaraan roda tiga yang berjalan dengan dukungan teknologi listrik. Kendaraan yang didesain mirip dengan sepeda ini seperti memberikan rasa keterbukaan pada kendaraannya yang memungkinkan para pengendaranya untuk menikmati perjalanannya menggunakan kendaraan ini sambil bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya.

Didesain dengan memikirkan kondisi lahan di Jepang yang memang cukup sempit apalagi untuk menyimpan kendaraan seperti ini, bagian visor atau kaca depan yang ukurannya cukup besar ini dapat dilipat sehingga membuat kendaraan ini dapat diparkirkan dengan posisi kaca depan menutupi jok dan stangnya agar tidak kebasahan ketika hujan ataupun kepanasan di tempat yang terbuka ketika sedang tidak dikendarai.

Kemudian yang kedua adalah konsep bernama 06GEN.

Yaitu sebuah kendaraan roda empat yang memiliki keunikan dimana kursi penumpangnya menghadap ke pengemudi. Dengan tujuan dibuat untuk pariwisata, kendaraan ini tentunya memiliki desain yang mempermudah penumpangnya untuk melihat-lihat lingkungan sekitarnya.

Di bagian atap dari kendaraan bertenaga listrik ini, terdapat sebuah atap yang diklaim akan dapat melindungi para penumpangnya dari sinar matahari serta hujan ringan.

Jika dilihat lebih dekat lagi, kendaraan ini memiliki desain lekukan-lekukan seperti pada perahu. Hal ini mungkin bertujuan agar para penumpangnya merasa seperti duduk di perahu ketika mengendarai kendaraan ini.

Kedua konsep kendaraan masa depan ini akan mulai diperlihatkan kepada publik di sebuah museum bernama Toyo Ito Museum of Architecture di Imabari, prefecture Ehime.

Pamerannya pun akan dibagi ke dalam dua kelas, dimana kelas pertama adalah sebuah private meeting yang akan berlangsung pada tanggal 2 Juli. Sedangkan kelas kedua adalah sebuah event special talk yang akan berlangsung pada tanggal 3 Juli.

Dan setelah berakhirnya kedua event tersebut, 05GEN akan disimpan pada museum tersebut. Sedangkan untuk 06GEN, belum ada informasi lebih lanjut apakah konsep ini memang akan dimatangkan untuk pengembangan lebih lanjut, atau ikut saudaranya 05GEN untuk diabadikan juga di museum.

About The Author

Fahd M. 76
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel