Review Laptop Konvertibel Asus Vivobook Flip TP301UJ

27 Jun 2016 14:35 4644 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Asus VivoBook Flip TP301UJ adalah laptop konvertibel yang sekilas lebih mirip laptop biasa, namun setelah Anda lipat layarnya 360 derajat ... voila! Sebuah laptop rasa tablet dengan performa komputasi setara PC desktop.

Prolog

Di awal tahun ini, laptop konvertibel memang sedang hype. Gara-gara perang antara MacBook Air dan Microsoft Surface, laptop konvertibel yang dulunya tidak terlalu beken tiba-tiba menjadi barang yang sangat dicari.

Asus sebenarnya sudah punya lini laptop konvertibel sejak lama, dikenal dengan branding Transformer series. Mulai dari Asus Eee Transformer pad yang pernah ramai 5 tahun lalu, dan kini dilanjutkan dengan Vivobook Flip TP301UJ.

Laptop konvertibel ini adalah desain terbaru dari Asus yang menawarkan laptop tipis dan ringan, dengan spesifikasi hardware yang powerful untuk komputasi dan menjalankan aplikasi sehari-hari. Dan tentunya, khas dengan daya tahan baterai Asus yang tahan lama, siap menemani Anda sepanjang hari.

Desain dan Dimensi Fisik

Review Laptop Konvertibel Asus Vivobook Flip TP301UJ

Secara desain, Asus memang bisa membuat desain yang smart, elegan, dan modernis. Sekilas, laptop ini tampak begitu tipis, terutama jika dilihat dari sisi bukaan bilahnya. Namun jika dilihat dari sisi engsel, laptop ini akan kelihatan lebih tebal. Dimensi bodinya berukuran 32,2, cm x 22,7 cm dengan ketebalan sekitar 1,99 cm.

Hampir seluruh permukaan bodinya disapu dengan tekstur logam yang elegan dan modern. Sambungan-sambungan bodi, termasuk engsel, dirancang dengan rapi, sementara lubang ports dan tombol-tombol pinggir tersusun dengan baik.

Di situsnya, Asus menyebutkan dengan sangat bangga bahwa tim desain mereka telah memangkas berbagai elemen yang berlebih pada desain laptop Transformer series model lama sehingga Vivobook Flip TP301UJ hanya berbobot 1,7 kg. Prestasi yang sesungguhnya masih kalah jika dibandingkan dengan vendor lain. Mau adu ringan? Coba tandingin dulu Lenovo Yoga 710 yang bobotnya hanya 1,04 kg.

Prosesor dan Memori

Review Laptop Konvertibel Asus Vivobook Flip TP301UJ

Asus VivoBook Flip TP301UJ memiliki banyak varian spesifikasi. Namun yang dapat ditemukan di pasaran tanah air paling mudah adalah VivoBook Flip TP301UJ-6200U yang menggunakan prosesor Intel Core i5 6200U.

Ini adalah prosesor Intel Core i5 generasi keenam dan terbaru (Skylake), memiliki 2 CPU core yang masing-masing berfitur Hyperthreading sehingga total memiliki 4 thread. Bekerja dengan clock speed 2,3 GHz sampai 2,8 GHz berkat TurboBoosting serta 3MB L3 Smart Cache dan 512 KB L2 cache, prosesor ini sangat andal dalam hal multitasking namun tetap efisien karena memiliki TDP hanya 15 watt.

Prosesor yang digunakan sebenarnya memiliki potensi performa yang sangat tinggi. Namun sayang, memori yang disertakan hanya berkapasitas 4 GB dan masih berjenis DDR3L. Memori ini masih bisa di-upgrade jika kurang, namun sayangnya lagi, hanya maksimal 8GB. Minim sekali.

Graphics dan Display

Laptop Vivobook Flip TP301UJ sejatinya bukan laptop yang khusus untuk gaming. Namun begitu, untuk memberikan performa multimedia yang terbaik, Asus memasang prosesor grafis yang cukup andal.

Dibekali dengan Nvidia GeForce GT920 bermemori grafis 2GB, prosesor grafis ini menggunakan core 28 nanometer berarsitektur Kepler, bekerja dengan core speed 954 MHz dan memiliki 384 shader processor unit. Secara performa, graphics processor ini bekerja lebih baik daripada AMD Radeon R7 M460, namun masih bisa dilampaui oleh Intel Iris Graphics 6100.

Sementara untuk menampilkan grafis dan antarmuka program, laptop ini membawa layar LED FHD berukuran 13,3 inci diagonal yang mampu menampilkan gambar beresolusi standar 1366 x 768 pixel. Layar ini sudah menggunakan teknologi IPS sehingga mampu menampilkan gambar dengan baik pada viewing angle yang lebar, plus fitur Touchscreen menjadi metode input device alternatif.

Ports dan Konektivitas

Untuk menunjang konektivitas jaringan dan data pada laptop ini, Asus menanamkan adapter Wifi 802.11 b/g/n/ac untuk jalur wireless network. Namun demikian, agak disayangkan karena tidak ada port RJ45 dan interface konektivitas kabel LAN pada laptop ini sehingga pada saat tidak tersedianya koneksi wireless, laptop ini tidak bisa berkoneksi pada jaringan lokal maupun Internet, kecuali menggunakan fasilitas data tethering via ponsel pintar (smartphone).

Untuk memudahkan pemindahan data dan meluaskan konektivitas perangkat eksternal, laptop ini dibekali 2 port USB 3.0, 1 port 2 USB 2.0 dan 1 port USB Type C Gen. 1 (berkecepatan 5 Gbps).

Elemen penting lain pada sebuah laptop yang akan dibawa sehari-hari adalah baterai dan konektivitas. Soal baterai, para pengguna laptop Asus yang berpengalaman pasti tahu bahwa Asus senantiasa memasangkan baterai yang tahan lama pada unit-unit laptopnya. Asus mengklaim bahwa baterai 3 cell 55 WHrs ini bisa bertahan hingga 11 jam pemakaian. Namun begitu, biasanya praktis yang terjadi lebih rendah. Namun setidaknya, penggunaan katakanlah 9 jam aktif sebenarnya sudah cukup untuk menemani berkomputasi seharian di berbagai tempat.

Simpulan dan Harga

Laptop Asus Vivobook Flip TP301UJ adalah laptop dengan konsep yang sebenarnya bukan lagi baru. Laptop konvertibel dengan model flip bisa didapatkan dari berbagai vendor lain, dengan kelengkapan yang lebih baik, namun tentunya dengan harga yang berbeda pula.

Laptop ini bisa didapatkan dengan harga Rp 10 juta 200 ribuan hingga RP 10 juta 400 ribuan. Dengan harga sepantaran, Anda bisa juga memilih Lenovo Yoga 500 15 yang memiliki layar 15 inci yang lebih besar dan spek setara, atau Satellite Radius P55W dari Toshiba dengan prosesor lebih kencang, memori lebih besar, dan layar 15 inci pula. 

Tags Asus Laptop

About The Author

Shafwan Nugraha 74
Expert

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel