5 Tips Berguna Untuk Pengguna Windows 10 Yang Perlu Diketahui

24 Jun 2016 16:47 4249 Hits 2 Comments
Tips Windows 10 Yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Mempermudah Aktivitas Yang Menggunakan Komputer.

Masih ingat Windows 8? Bagi pengguna Windows pastinya akan sangat terkenang dengannya. Produk Windows 8 boleh dikatakan adalah sebuah kegagalan besar. Banyak bug dan sangat tidak user friendly. Untungnya sekarang Windows 10 telah hadir dan masih gratis untuk mendowndloadnya.

Saat ini telah banyak pengguna Windows 10. Namun, banyak yang belum mengoptimalkan penggunaan fitur yang dimilikinya. Nah di sini akan dibahas beberapa tips yang mungkin berguna buat anda pengguna Windows 10. Tipsnya,  antara lain :

 

1. Buat Virtual Desktop

5 Tips Berguna Untuk Pengguna Windows 10 Yang Perlu Diketahui

Pengguna Windows 10 disarankan menggunakan virtual desktop.  Fitur ini memberikan lebih banyak ruang untuk menaruh app. Tentunya jika dibandingkan dengan satu layar saja, virtual desktop yang berjumlah banyak mampu menawarkan kepada penggunanya berupa kreativitas dalam menaruh shortcut app sesuai kebutuhan atau kategori yang dimau.

Cara membuat virtual desktop adalah dengan klik ikon task view yang berada di kanan bawah desktop. Kalau sudah ketemu, klik saja + New Desktop. Untuk memasukkan shorcut app ke desktop yang kamu mau, cukup lakukan drag ikon app saja.

 

2. Gunakan Snipping Tool Untuk Screenshot Yang Bervariasi

Cara jadul untuk screenshoot adalah menggunakan kombinasi tombol seperti Windows + Print Screen atau juga Alt + Print Screen.  Di Windows 7, diperkenalkan app default yang bernama snipping tool yang fungsinya untuk membuat hasil screenshoot lebih bervariasi. Seiring perkembangan Windows, Snipping Tool pun berubah. Pada Windows 10, app ini dilengkapi dengan delay time screenshoot yang berguna ketika ingin screenshoot video tanpa terlihat tombol playback.

 

3. Rekam Layar Dengan Xbox App

Pada Mac, kamu bisa merekam layarmu dengan mudah menggunakan Quicktime. Windows 10 pun ternyata bisa merekam layar. Hanya saja pake trik. Caranya adalah dengan membuka Xbox app.  Lalu setelahnya pencet Windows + G. Nanti ada tulisan yang muncul, yaitu “ Do you want to open game bar?”. Klik saja “yes”.  Setelahnya akan muncul tombol rekam. Klik tombol rekam tersebut, untuk merekam layarmu.

 

4. Gunakan Cortana Sebagai Asistenmu

Windows 10 menawarkan Jarvis (AI di Iron Man) versi sederhana yang bernama Cortana. Cortana bisa diajak bicara secara natural. Bisa juga menjawab pertanyaan dan juga mencarikan file kamu tanpa harus dengan rujukan yang spesifik. Ini akan mempermudahmu dalam berkomputer ria. Jadi jangan ragu untuk gunakan Cortana sebagai asistenmu.

 

5. Hemat Baterai Dengan Switch Battery On

Windows 10 tak hanya digunakan pada PC saja, tetapi juga pada laptop. Hal yang mengganggu pada laptop biasanya adalah baterai yang cepat habis. Untuk mencegah baterai cepat habis, dapat dengan cara mengaktifkan fitur switch battery. Cara mengaktifkannya adalah dengan mengklik Settings > System > Battery Saver.

 

Nah itulah beberapa tips untuk para pengguna Windows 10 yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

About The Author

Shuhaib Sinan 23
Novice

Shuhaib Sinan

Just an ordinary man

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel