Umur Ideal Penggunaan Ban dan Perawatannya

23 Jun 2016 22:46 2675 Hits 0 Comments
Ban amat vital pada otomotif. Oleh karenanya kita perlu tahu umur ban dan bagaimana perawatannya.

Sebuah ban yang ada di kendaraan anda pastinya memiliki umur. Kualitas suatu ban kendaraan bermotor anda akan semakin berkurang ketika umurnya semakin tua. Keselamatan pengendara menjadi taruhan ketika umur ban menjadi semakin tua. Oleh karena hal ini, kita perlu tahu idealnya penggunaan dari suatu ban. Jadi mari kita simak info mengenai umur ideal penggunaan ban.Untuk mengetahui umur idealnya penggunaan ban kendaraan bermotor, maka perlu mengetahui tanggal pembuatan ban, umur pemakaian ban dan juga tingkat pemakaian ban.


Umur ideal penggunaan ban adalah maksimal 5 tahun dari tanggal pembuatan bila belum mencapai maksimal penggunaan ban secara km. Jadi jika dibuat tanggal 5 oktober 2010, maka penggunaa bannya hanya sampai 5 oktober 2015. Ini terlepas juga dari bagaimana pemakaian ban tersebut dan tingkat kerusakannya ketika dipakai. Kedua hal tersebut akan menentukan umur ban juga. Pemakaian ban secara terus menerus selama 3 tahun akan memperpendek usia ban. Ban yang tadinya dibuat untuk 5 tahun dari tahun produksi maka akan berumur 3 tahun saja.

 

Umur Ideal Penggunaan Ban dan Perawatannya

Pada kondisi tersebut, karet ban mulai mengalami retak-retak. Penggunaan secara km, diperkirakan ban dapat menempuh hingga 20.000 km untuk motor dan 40.000 km untuk mobil. Jadi jika sudah mencapai angka tersebut, maka disarankan ban kendaraan bermotor anda untuk diganti.


Ban kendaraan bermotor dapat tetap awet hingga mencapai tingkat maksimal pemakaian ban, jika melakukan perawatan yang benar. Salah satu caranya adalah dengan menjaga suhu dalam ban. Ban tidak akan berumur panjang atau tidak mencapai maksimal umur ideal penggunaan ban jika terlalu panas. Oleh karena itu, perjalanan dengan mobil dan motor memiliki waktu maksimal. Tujuannya agar menjaga suhu ban mobil atau motor menjadi tetap dingin. Penggunaan 3 sampai 4 jam adalah maksimal. Pengendara harus mengistirahatkan kendaraanya, yang mana dapat berbarengan dengan kegiatan pengendara untuk beristirahat.


Cara agar menjaga ban juga dapat dengan memeriksa tekanan angin ban secara rutin setiap 2 minggu sekali. Lakukan kegiatan ini ketika ban masih dalam keadaan kondisi dingin. Angin untuk ban biasanya menggunakan angin biasa. Ubah kebiasaan menggunakan angin tersebut agar umur ideal penggunaan ban yang maksimal bisa tercapai. Ganti dengan penggunaan nitrogen untuk menjaga panas pada ban. Cara selanjutnya adalah dengan selalu melihat kondisi ban secara visual. Bila ada kerikil atau benda apa pun yang menempel pada ban maka cabutlah dari ban. Jika ada benda seperti oli atau gemuk, maka hilangkan dengan air.

Tags Otomotif

About The Author

Shuhaib Sinan 23
Novice

Shuhaib Sinan

Just an ordinary man

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel