7 Nama Ports Pada Laptop Beserta Fungsinya

21 Jun 2016 09:10 21273 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
BIngung banyak lubang/ports pada laptop atau komputer Anda? Ketahui nama dan fungsinya disini.

Seringkali ketika kita melihat laptop-laptop terbaru saat ini baik itu di pusat-pusat elektronik, ataupun di tempat-tempat lainnya. Terkadang kita suka penasaran dengan banyak lubang yang ada pada laptop tersebut.

Disebut dengan nama ports, lubang-lubang yang ada pada laptop ini memiliki fungsi dan keunikannya sendiri-sendiri.

Berikut ini adalah nama dan fungsi dari ports yang sering kita temukan pada sebuah laptop.

 

1. 3.5mm Audio Jack

Lebih dikenal dengan headphone jack, port yang satu ini berfungsi untuk menghubungkan perangkat peripheral komputer seperti headphone, speaker dan mic pada laptop.

Pada laptop zaman dulu, port ini biasanya terbagi dua yaitu untuk suara headphone dan mic headphone. Tapi pada laptop-laptop sekarang ini, colokan 3.5mm ini biasanya hanya ada satu saja.

 

2. Port Ethernet

Port yang satu ini dikenal juga dengan banyak nama seperti RJ-45, Gigabit Ethernet, dan juga 10/100 ethernet.

Biasa ditemukan pada laptop dan juga PC desktop, port yang satu ini memiliki fungsi untuk menghubungkan perangkat komputer Anda langsung ke internet yang terkoneksi dengan koneksi kabel.

Walaupun Wi-Fi memang lebih mendominasi konektivitas internet di dunia, koneksi yang menggunakan port ethernet sebagai perantara pun masih sering digunakan karena berbagai alasan seperti sinyal yang lemah.

 

3. Port HDMI

Port yang satu ini cukup populer di kalangan para pengguna laptop atau komputer desktop. Hal tersebut dikarenakan port HDMI ini memiliki fungsi yang cukup unik dan bermanfaat yakni menghubungkan televisi, monitor atau proyektor Anda kepada laptop milik Anda.

 

4. Port Display / Mini Display

Adalah salah satu teknologi penayangan standar terbaik hingga saat ini. Dikatakan seperti itu karena port yang satu ini mampu untuk menopang 1 monitor dengan layar 4K dan juga refresh rate mencapai 60 Hz.

 

5. Port DVI

Dikenal juga dengan nama port DV-I,  DV-D dan DVI, port yang satu ini cukup jarang terlihat menempel pada sebuah laptop.

Meskipun jarang terlihat, port ini sangat sering dipakai orang-orang karena monitor dengan layar full HD ataupun dengan resolusi dibawahnya sering menggunakan port ini.

 

6. MicroSD dan SD Card Reader

Dikenal juga dengan nama Micro SD Slot, MicroSDHC Reader dan juga MicroSDXC, slot atau port yang satu ini memiliki fungsi untuk membaca microSD, yaitu sebuah penyimpanan eksternal yang bentuknya kecil seperti chip.

Kemudian SD Card Reader juga masih memiliki fungsi yang sama, hanya bentuk portnya lebih besar sedikit, menyesuaikan dengan ukuran dari SD Card.

Bagi yang memiliki smartphone dan sering bertukar data dengan komputer, port yang satu ini adalah port yang pastinya lebih sering dipakai dibandingkan port lainnya.

 

7. Port USB A / B / C

Adalah port yang fungsinya adalah sebagai tempat menghubungkan kabel USB tipe A, tipe B ataupun tipe C yang biasanya digunakan untuk menghubungkan mouse, speaker, keyboard, thumb drive dan masih banyak lagi.

Port USB Tipe A adalah yang paling sering kita lihat dan paling sering digunakan. Sedangkan untuk port USB tipe B sendiri jarang terlihat pada sebuah laptop ktau komputer desktop.

USB tipe B sendri lebih sering dipasangkan dengan smartphone dan modem yang ada di luar sana. Jadi sepertinya memang USB Tipe B tidak begitu diperlukan pada sebuah laptop atau komputer.

Kemudian untuk port USB tipe C; port USB ini hingga saat ini masih jarang digunakan. Hal tersebut karena belum banyak perangkat yang membutuhkan port dengan kecepatan transfer yang dahsyat ini.

 

Tags Komputer

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel