iOS 10 Diumumkan! 5 Peningkatan Berikut Siap Memanjakan Anda

14 Jun 2016 18:42 3743 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
iOS 10 sepertinya akan menjadi update terbesar Apple untuk sistem operasi iOS.

Apa yang membuat Anda merasa bahagia sebagai pengguna smartphone?

Salah satunya mungkin adalah hadirnya update sistem operasi terbaru untuk smartphone kesayangan Anda yang biasanya memang isinya berupa tambahan fitur-fitur terbaru, peningkatan performa, serta perbaikan-perbaikan dari bugs atau masalah-masalah yang terjadi dari versi sebelumnya.

Dan di bulan Juni ini adalah bulannya Apple.

Kenapa begitu?

Karena baru-baru ini, Apple telah mengumumkan update terbesarnya di tahun ini yakni update versi terbaru dari sistem operasinya iOS ke versi terbarunya iOS 10.

Ada update terbaru, pasti Anda semua penasaran tentang apa saja yang berubah dari update terbaru ini.

Dan di bawah ini, saya akan mengulas sedikit perubahan, peningkatan, dan penambahan fitur baru yang akan hadir pada iOS 10.

 

1. Lebih Fokus Pada User Experience

Pada update terbarunya kali ini, iOS akan menghadirkan banyak fitur-fitur terbaru yang akan memanjakan penggunanya lebih dari yang sekarang ini.

Beberapa diantaranya adalah kehadiran dari fitur pengunci layar (lock screen) yang lebih baik dan lebih canggih lagi. Kecanggihannya sendiri terletak pada layar dari iPhone milik Anda yang akan secara otomatis menyalakan layar sesaat Anda memegang iPhone Anda.

Selain itu, akses ke kamera pun menjadi lebih mudah lagi. Dari posisi layar terkunci, nanti Anda dapat mengusap layar bagian ujung untuk langsung masuk ke kamera tanpa harus membuka kunci layar terlebih dahulu.

Peningkatan lainnya dari iOS 10 untuk kategori peningkatan user experience dapat Anda lihat lagi pada fungsi Force Touch-nya yang lebih memiliki fungsi dibandingkan sebelumnya karena terintegrasinya widgets dengan setiap aksi yang dapat dilakukan pada ikon di home screen.

 

2. Siri yang Semakin Pintar

Dikarenakan Siri harus menerima permintaan yang jumlahnya lebih dari 2 milyar setiap minggunya, pihak Apple akhirnya memutuskan untuk memberikan Siri fungsi yang lebih dibandingkan dengan fungsinya sekarang.

Salah satunya adalah fungsi Siri sebagai virtual assistant; maksudnya, Siri nanti akan dapat merespon permintaan-permintaan yang berhubungan dengan aplikasi pihak ketiga.

Contohnya saja ketika Anda menggunakan WhatsApp, nanti Anda akan dapat mengirim pesan WhatsApp ke orang lain hanya melalui Siri hanya dengan mengucapkan kalimat perintah “Send a WhatsApp to Budi.”

 

3. Chatting di iOS akan Lebih Menyenangkan

Aplikasi pesan yang hadir pada iOS 10 akan mendapatkan wajah yang baru. Banyak fitur yang ditambahkan mulai dari pilihan untuk membuat teks atau emoji menjadi lebih besar atau lebih kecil. Selain itu, ada juga fitur yang membuat Anda dapat mengirim pesan yang sangat privat dengan sebuah “invisible link.”

Tidak berhenti disitu, pada iOS 10 juga ditambahkan fitur stiker yang membuat percakapan lebih berwarna lagi.

Kemudian, bagi mereka yang suka menelepon, iOS 10 ini nantinya akan memiliki fitur yang sangat canggih dimana iPhone Anda akan dapat membedakan penelepon yang benar-benar orang dan juga telepon yang merupakan spammer.

 

4. Photo Dapat berubah Menjadi Kenangan

iOS 10 memiliki satu fitur unik dan menarik ketika berbicara soal foto. Pasalnya, foto yang asalnya berserakan di dalam sebuah folder akan dapat dikumpulkan dalam satu album.

Caranya sendiri didukung oleh teknologi face recognition, dimana foto-foto yang tersebar di dalam smartphone Anda diperiksa wajahnya satu-persatu untuk kemudian disatukan di dalam satu album.

Bagi Anda yang khawatir tentang privasi, jangan khawatir kalau foto-foto tersebut dapat dilihat pihak-pihak yang tidak diinginkan karena proses pengumpulan foto-foto yang menggunakan face recognition tersebut dilakukan pada smartphone Anda sendiri tanpa harus terhubung ke internet.

 

5. Apple Music, Hadir dengan Lirik

Masih merupakan sebuah kabar burung, konon katanya Apple Music akan mengalami peningkatan dari segi desain dan juga peningkatan lainnya dimana ketika kita mendengarkan sebuah lagu, aplikasi akan secara otomatis mencari lirik dan menyajikannya untuk Anda.

Apple Music juga nantinya tidak akan serumit dulu lagi. Karena pengguna nantinya akan dapat mendengarkan musik dengan mudah dan cepat.

Contohnya adalah ketika Anda membuka aplikasi Apple Music, halaman pertama yang akan ditampilkan adalah Library yang berisi lagu-lagu favorit Anda.

 

Penutup dan Informasi Tambahan Seputar iOS 10

Walaupun pengumuman resmi tentang kehadiran iOS 10 ini membuat Anda para pengguna iPhone berbahagia, sistem operasi versi terbaru ini sepertinya belum akan dapat Anda dapatkan dalam waktu dekat ini.

Karena pada bulan-bulan ini, iOS 10 baru akan tersedia untuk para developer terlebih dahulu, dan pada bulan Juli mendatang, baru versi betanya yang akan muncul.

Sehingga sepertinya, iOS 10 yang sudah final mungkin akan hadir di musim gugur mendatang, bertepatan dengan dirilisnya iPhone generasi terbaru.

Tags Smartphone

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel