5 Minuman dan Makanan Manis ini Paling Direkomendasikan untuk Buka Puasa

6 Jun 2016 15:51 6874 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Yang sering Anda makan atau minum yang mana?

Pusing memikirkan nanti berbuka dengan apa?

Di bulan Ramadhan, Adzan Maghrib adalah sebuah momen dimana banyak orang beragama islam merasa paling bahagia di hari itu. Hal tersebut dikarenakan oleh adzan Maghrib sebagai penanda bahwa seorang muslim yang menjalankan puasa telah berhasil mencapai titik check point atau titik pemberhentian pertama dari total 30 titik pemberhentian.

Namun tidak jarang, mereka yang berpuasa tidak tahu harus berbuka puasa dengan apa yang ujung-ujungnya berbuka puasa dengan meminum air putih saja sebelum kemudian dilanjutkan dengan memakan makanan yang berat.

Padahal, sudah menjadi sebuah tradisi di Indonesia, memakan atau meminum yang manis-manis adalah sebuah aktivitas wajib sebelum akhirnya menyantap makanan berat (nasi dan lauknya).

Berikut ini adalah 5 makanan dan minuman manis teratas yang paling direkomendasikan untuk disantap ketika berbuka puasa dengan kriterianya ringan, enak, mudah didapat dan ramah di kantong.

 

1. Buah Kurma

Berbuka puasa dengan menyantap buah kurma, adalah salah satu hal yang dicontohkan Rasulullah SAW. Berdasarkan hadits riwayat Ahmad dan Abu Dawud, Rasullullah SAW berbuka dengang Rutab (buah kurma yang lembek) atau jika tidak ada, beliau berbuka puasa dengan Tamr (buah kurma kering).

Bagi Anda yang ingin mencontoh Rasulullah SAW, buah kurma adalah makanan berbuka puasa paling tepat untuk Anda.

Langka? Tentu tidak, karena Anda akan dapat menemukan buah kurma di hampir setiap tempat jajanan di bulan puasa ataupun supermarket terdekat.

Enak? Walaupun kata enak itu relatif bagi setiap orang, kalau saya pribadi sih cukup menikmati buah kurma di mulut saya.

Murah? Ya, harganya berkisar puluhan ribu saja untuk beberapa kali santap.

(sumber gambar: tokokurmaajwadotcom)

 

2. Kolak

Salah satu santapan turun temurun orang Indonesia ketika berbuka puasa adalah kolak.

Takjil yang biasanya hanya ada dan ramai pada bulan Ramadhan ini mungkin adalah satu-satunya yang menjadi menu berbuka puasa wajib bagi kebanyakan orang.

Jenisnya juga beragam, mulai dari kolak pisang, kolak labu, kolak ubi dan juga kolak waluh.

Tidak hanya untuk berbuka puasa, sebagian orang juga menjadikan kolak sebagai santapan sahur yang fungsinya dijadikan sebagai pengganti nasi. Tapi apakah kenyang? Saya pernah coba, dan jawaban saya adalah tidak.

Selain enak, kolak juga ternyata murah meriah dimana satu porsinya biasa dihargai 5 ribu sampai 10 ribu rupiah saja.

(sumber gambar: seputarmakandotcom)

 

3. Sop Buah

Sop yang kita kenal mungkin umumnya adalah sop yang isinya terdiri dari sayuran dan daging sapi atau daging ayam.

Akan tetapi, di sebagian daerah di pulau Jawa sop ini ternyata dipergunakan juga untuk sebuah sajian yang terdiri dari kombinasi buah-buahan yang kemudian disiram oleh susu. Namanya adalah Sop Buah.

Namanya saja sop buah, dan sudah diketahui merupakan gabungan dari banyak buah-buahan. Jelas mengandung banyak vitamin, betul?

Santapan yang satu ini mudah ditemukan khususnya di daerah Bandung. Selain itu, untuk kesegaran dan kelezatannya, sop buah ini dibanderol dengan harga yang cukup murah yakni sekitar 10 ribu rupiah saja.

(sumber gambar: resepdanmasakandotcom)

 

4. Es Cendol

Es Cendol terbilang cukup populer diantara sekian banyaknya kuliner buka puasa. Sudah sejak dulu hadir di tengah-tengah kita, es cendol dikenal sebagai minuman yang merangkap sebagai makanan buka puasa.
hal tersebut dikarenakan ketika Anda meminum segelas besar es cendol, maka Anda akan merasakan rasa kenyang sampai tengah malam atau bahkan waktu subuh tiba.

Oleh karena itu, umumnya orang-orang meminum es cendol ketika berbuka puasa dengan porsi sedikit demi menghindari perut kekenyangan.

Es cendol hampir dapat ditemukan dimana saja, selain itu harganya pun murah yakni sekitar 3 hingga 8 ribu rupiah saja per porsi. Tapi untuk es cendol terkenal seperti es cendol Elizabeth di Bandung, harganya bisa mencapai belasan hingga puluhan ribu.

(sumber gambar: reseplengkapdotcom)

 

5. Teh Manis

Akhir bulan? Dompet kosong? Atau gangguan finansial lainnya sehingga tidak dapat membeli keempat minuman dan makanan berbuka puasa di atas?

Ada alternatif terakhir yang dapat diambil yaitu teh manis. Walaupun sederhana, teh manis menurut saya adalah minuman yang cukup direkomendasikan untuk berbuka puasa. Apalagi teh manisnya disuguhkan dan diminum ketika masih hangat, rasanya pasti nikmat.

Tapi jangan salah, kenikmatan bukanlah satu-satunya yang Anda dapat dari meminum teh manis, karena seperti kita tahu bahwa teh itu memiliki khasiat untuk melarutkan lemak, mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke, meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah diabetes, mengurangi stress, menghilangkan kantuk, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apa lagi? Berbuka puasalah dengan teh manis wahai kalian yang sedang tak punya uang.

(sumber gambar: detikdotcom)

 

 

 

sumber gambar cover: Upin & Ipin

Tags

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel