Heboh! Akhirnya ASUS Merilis Smartphone Terbarunya Bernama ZenFone 3

30 May 2016 16:03 3331 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Yang dirilis bukan hanya satu, tapi 3 buah smartphone.

Intel mungkin sudah mundur dari cita-citanya untuk meraih sukses di industri smartphone. Tapi sahabatnya ASUS hingga saat ini masih terus berjuang di industri smartphone tanpa mengenal kata menyerah dimana hal tersebut dibuktikan dengan diumumkannya tiga buah smartphone baru dari ASUS di tahun 2016 ini.

Ya, bukan satu atau dua buah smartphone melainkan tiga buah smartphone baru yang baru saja diumumkan Asus

Raksasa elektronik asal Taiwan ini beberapa waktu lalu tengah mengumumkan tiga buah smartphone seri zenfone terbarunya yakni ZenFone 3 yang terbagi ke dalam tiga tipe.

Dengan tipe paling standar bernama ZenFone, tipe di atasnya bernama ZenFone Deluxe, dan yang terakhir adalah ZenFone Ultra.

Ketiga smartphone ini sekilas terlihat memiliki desain yang sama dan juga sistem operasi yang sama (Android M). Namun jika dilihat secara jeli, ketiganya ternyata memiliki desain yang berbeda.

ZenFone 3

Contohnya saja tipe standar dari ZenFone 3 ini memiliki bodi Gorilla Glass di kedua sisinya dengan lapisan dalamnya berbahan metal yang tentunya membuat smartphone ini terkesan elegan.

Sayangnya, menurut informasi yang saya dapat ZenFone 3 tipe standar ini ternyata tidak menggunakan prosesor andalan Snapdragon (seri 800), melainkan menggunakan prosesor Snapdragon seri menengah (Snapdragon 625).

Baterainya pun standar-standar saja untuk ukuran smartphone zaman sekarang dimana kapasitasnya hanyalah 3,000 mAh saja.

Untuk tipe standar, harga yang ditawarkan bagi para calon pembeli ZenFone 3 ini adalah 3.4 jutaan dengan spesifikasi utamanya RAM 3GB serta memori internal 32GB yang dapat diperluas menggunakan MicroSD.

Apa yang mungkin menjadi keunggulan dari smartphone berukuran 5.5 inch ini adalah pada speakernya yang telah di-upgrade dengan menggunakan driver “5-magnet” yang ditenagai oleh NXP smart amp, serta audio hi-res yang telah tersertifikasi dapat mengeluarkan suara yang gurih ketika menggunakan headphone.

Hal lain yang dimiliki ASUS ZenFone 3 ini adalah fingerprint scanner dan juga USB Type-C yang masih menggunakan konektivitas USB 2.0.

Keunggulan lain dari ZenFone 3 ada pada kameranya yang sudah menggunakan kamera 16MP dengan sensor IMX298 buatan Sony, sama seperti kamera yang ada pada smartphone Xiaomi Mi 5, Vivo Xplay5, Huawei Mate 8 serta Oppo R9 Plus.

Kamera pada smartphone ZenFone 3 ini cukup kaya akan fitur. Beberapa diantaranya adalah laser-autofocus generasi kedua, phase detection autofocus, color-correction RGB sensor, dual-tone LED Flash, 4-axis stabilization untuk kamera serta 3-axis stabilization untuk perekaman video.

Dengan sekian banyak fitur pada kameranya, tentu ada yang harus dikorbankan yakni menonjolnya bagian kamera sehingga tidak datar dengan bodi dari smartphone ini.

ZenFone 3 Deluxe

Untuk tipe keduanya yaitu ZenFone 3 Deluxe, bisa dibilang hampir sedikit mirip dengan tipe standar. Yang membedakannya mungkin adalah ukuran layarnya yang sedikit lebih besar yakni 5.7 inch, serta layar yang sudah menggunakan Super AMOLED.

Dari segi spesifikasi hardware, ZenFone 3 Deluxe ini juga sudah menggunakan Snapdragon seri terbaik dari Qualcomm yakni Snapdragon 820 yang tentunya sudah memiliki fitur quick charge 3.0 serta konektivitas USB 3.0.

Pada bagian kamera, ZenFone 3 Deluxe ini juga sudah menggunakan kamera 23MP, RAM 6GB serta memori internal sebesar 64GB dengan harga pembukanya adalah di angka 6.8 jutaan.

 

ZenFone 3 Ultra

Yang terakhir adalah ZenFone 3 Ultra.

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa smartphone tipe Ultra ini memiliki spesifikasi yang jauh lebih baik dibandingkan ZenFone 3 Deluxe. Maaf mengecawakan, tapi ZenFone 3 Ultra ini ternyata hanya unggul pada ukuran layar saja dimana ukurannya mencapai 6.8 inch dengan resolusinya 1080p.

Selain layarnya yang besar, baterai yang sebesar 4,600 mAh juga mungkin merupakan kelebihan dari ZenFone 3 Ultra ini. Tapi mengingat ukurannya yang besar, baterai 4,600 sepertinya akan cepat habis dikonsumsi layar yang ukurannya 6.8 inch.

ZenFone 3 Ultra memiliki spesifikasi utama hardware yang bisa dikatakan “berada di tengah-tengah” antara ZenFone 3 Standar dan Zenfone 3 Deluxe.

Dimulai dari prosesornya, ZenFone 3 Ultra ini dibekali prosesor Snapdragon 652, RAM 4GB serta memori internal sebesar 64GB yang juga bisa diekspansi lagi menggunakan MicroSD.

Walaupun tidak memiliki konektivitas USB 3.0, ZenFone 3 Ultra ini memiliki fitur quick charge 3.0 untuk pengisian daya baterai yang cepat.

Bagi Anda para penggemar ZenFone, smartphone mana kira-kira yang Anda minati?

 

Tags

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel