Tutorial Mengembalikan File Microsoft Office yang Sempat Hilang

20 May 2016 17:00 18343 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Biasanya file yang hilang karena terjadi 'crash' pada Microsoft Office.

Hal paling menjengkelkan ketika menggunakan salah satu aplikasi dari Microsoft Office, baik itu MS Excel ataupun MS Word adalah ketika aplikasi tersebut mengalami ‘crash’ dan Anda belum menyimpan file yang sedang dalam proses pengerjaan.

Lebih buruk lagi, hal tersebut terjadi ketika mode auto-save belum melakukan proses penyimpanan lagi padahal Anda sudah mengetik banyak.

Hal tersebut sering terjadi pada saya, mungkin dikarenakan spesifikasi komputer saya yang terlalu rendah tapi aplikasi atau program yang dibuka sangat banyak sampai-sampai membebani CPU serta RAM pada komputer.

Saya pernah mengalami satu kejadian dimana saya sedang mengerjakan sebuah proyek terjemahan sebanyak 10 lembar tiba-tiba Microsoft Word yang sedang saya gunakan sebagai media untuk mengerjakan tersebut tiba-tiba ‘not responding’ dan tiba-tiba tertutup dengan sendirinya.

Ketika saya buka aplikasi Microsoft Word, ternyata apa yang sudah saya tulis sebanyak 3 halaman yang pengerjaannya memakan waktu lebih dari 4 jam ternyata hilang semuanya dan sama sekali tidak ada pilihan recovery seperti ketika komputer mendadak tapi aplikasi Microsoft Word masih terbuka.

Sempat stress selama beberapa saat, saya akhirnya memutuskan untuk mencari solusi di Internet yang memang akhirnya saya mendapatkan solusi sesuai harapan saya.

Di bawah ini adalah cara bagaimana mengembalikan file yang sempat hilang di Microsoft Office akibat terjadinya ‘crash’

 

1.buka MS Word, Excel ataupun Power Point kemudian klik “File”

2. pilih opsi “Info” yang letaknya ada di sebelah kiri atas (di dekat tanda panah ke kiri/back)

3. setelah itu di jendela sebelah kanan akan muncul tiga pilihan. Tergantung versi Microsoft Office Anda disini Anda harus memilih pilihan “Manage Document” atau “Manage Version”

4. setelah mengklik “Manage document” atau “Manage Version” akan muncul dual pilihan yakni “Recover Unsaved Document” dan “Delete Unsaved Document.” Untuk mengembalikan file Anda harus memilih pilihan “Recover Unsaved Document”

5. Setelah memilih pilihan “Recover Unsaved Document,” Sebuah jendela baru akan terbuka dimana di dalam jendela tersebut akan ada berbagai file yang sempat hilang dikarenakan Microsoft Office mengalami Crash. Setelah memilih dokumen yang ingin di-recover klik pada bagian “Open”

6. Sebuah jendela baru yang merupakan jendela dari file MS Office Anda yang sempat hilang kemudian akan terbuka, dan sekarang Anda dapat segera menyimpan(save as) file tersebut.

Sekian tutorial seputar Windows yang saya dapat sajikan kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda semuanya.

Bagi Anda yang bertanya-tanya soal tutorial untuk Excel dan Power Point-nya mana, tutorial yang saya tulis di atas juga berlaku bagi Excel dan Power Point. Bedanya di sebagian versi Microsoft Office pada poin nomor 3 bukan tertulis “Manage Document” ataupun “Manage Version,” melainkan “Manage Workbook” untuk Excel, dan “Manage Presentation” untuk Power Point.

About The Author

Fahd M. 76
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel