Biografi Sir Alex, Legenda Pelatih Manchester United

20 Apr 2016 17:01 5930 Hits 1 Comments
Sir Alex Ferguson atau biasa dipanggil Opa Fergie bernama asli Sir Alexander Chapman Ferguson. Fergie lahir di Glasgow, Skotlandia 31 Desember 1941 atau berumur 74 tahun) adalah seorang pelatih dan mantan pemain sepak bola berkebangsaan Skotlandia, yang pernah menangani Manchester United FC.

Sir Alex Ferguson atau biasa dipanggil Opa Fergie bernama asli Sir Alexander Chapman Ferguson. Fergie lahir di Glasgow, Skotlandia 31 Desember 1941 atau berumur 74 tahun) adalah seorang pelatih dan mantan pemain sepak bola berkebangsaan Skotlandia, yang pernah menangani Manchester United FC. di mana dia telah bertugas lebih dari 1000 pertandingan. Dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik dalam sejarah, dia telah memenangkan lebih banyak trofi daripada pelatih manapun sepanjang sejarah sepak bola Inggris. Dia telah menangani Manchester United sejak tanggal 6 November 1986 sampai 19 Mei 2013 ( Terakhir melawan WBA ). Setelah Fergie pensiun dia digantikan oleh David Moyes ( terhitung mulai 1 Juli 2013 ).

Karier sepak bola Ferguson dimulai ketika ia bergabung dengan klub amatir Queens Park pada umur 16 tahun. Berposisi sebagai penyerang ia mencetak 20 gol pada musim debutnya dan pindah pada musim berikutnya ke klub amatir St. Johnstone. Di klub barunya, Ferguson mengejutkan publik dengan mencetak hattrick melawan klub idolanya Glasgow Rangers. Performanya membuat ia dikontrak profesional oleh Dunfermline. Pada musim pertamanya Ferguson berhasil mencapai final Piala Skotlandia melawan Glasgow Celtic akan tetapi kalah 3-2. Ferguson sendiri tidak tampil dalam final karena penampilan buruknya ketika melawan St. Johnstone pada pertandingan sebelumnya. Musim keduanya bersama Dunfermline, ia berhasil keluar sebagai pencetak gol terbanyak Liga Skotlandia bersama Joe McBride dengan 31 gol.

Prestasi ini akhirnya mengantarkan Ferguson ke klub impiannya sejak kecil, Glasgow Rangers. Masa-masa di Rangers ternyata tidak menyenangkan Ferguson. Ia sering dicadangkan dan berlatih dengan tim junior. Hal ini membuat Fergie tidak betah dan hanya bertahan 2 musim bersama Rangers. Ia kemudian ditawari pindah oleh klub Inggris, Nottingham Forest. Akan tetapi istrinya, Cathie tidak menyetujui kepindahan mereka ke Inggris. Ia lalu memilih untuk pindah ke klub Falkirk. Ferguson dipromosikan sebagai pelatih merangkap pemain. Namun tak lama kemudian jabatannya digantikan oleh John Prentice. Ferguson kemudian memilih untuk pindah ke Ayr United dimana ia bermain disana sampai pensiun sebagai pemain pada 1974. Sebagai pemain Ferguson telah mencetak total 170 gol dalam 317 pertandingan.

Pada umurnya yang berumur 32 Tahun ( Bulan Juni 1974 ), Fergie mengakhiri kariernya di dunia Pemain dan menjadi Pelatih tim tim kecil. Fergie melatih 4 Club dan 1 Tim Nasional yaitu :

  • Club
  1. East Stirlingshire ( 1974 )
  2. St. Mirren (1974-1978)
  3. Aberdeen (1978-1986)
  4. Manchester United ( 1986 -2013 )
  • Tim Nasional
  1.  Skotlandia ( 1985-1986 )

Pertandingan debutnya sebagai pelatih bersama Man. Utd berakhir dengan kekalahan 2-0 atas klub underdog, Oxford United. Diikuti oleh hasil imbang 0-0 7 hari berikutnya melawan Norwich City. Kemenangan pertama United dibawah asuhan Fergie hadir pada 22 November 1986 ketika Red Devils mengalahkan Queens Park Rangers 1–0 di Old Trafford. Sir Alex menjadi pelatih tersukses dalam sejarah sepak bola Inggris, dengan memimpin tim memenangkan 13 gelar juara Liga Premier Inggris.

Diolah dari berbagai sumber

About The Author

Fallah Ansoryllah 30
Ordinary

Fallah Ansoryllah

Blogger yang bertempat tinggal di Banjarnegara
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel