Kasihan, OnePlus X di Indonesia Hadir dengan Dukungan Hingga 3G Saja

29 Mar 2016 08:00 1995 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Lalu apa alasan tidak memasukkan versi 4G smartphone ini?

Beberapa jam yang lalu, sebuah vendor asal China bernama OnePlus telah selesai melakukan flash sale smartphone kelas menengah terbarunya yang diberi nama OnePlus X.

OnePlus X sendiri secara desain memang tergolong baru, namun jeroan dari OnePlus X ini tidak berbeda jauh dengan kakaknya yang sudah duluan muncul pada tahun 2014 lalu yaitu OnePlus One atau yang lebih dikenal dengan nama OPO.

Tidak seperti kakaknya, OnePlus X yang sudah ditunggu-tunggu kehadirannya oleh para fans OnePlus Indonesia ini ternyata ketika dilihat sekilas telah memberikan kabar yang cukup mengecewakan yang bisa membuat mereka yang sudah menunggu kehadiran OnePlus X di Indonesia ini membanting keyboard.

Berita tersebut adalah tentang kabar bahwa OnePlus X yang dihadirkan di Indonesia ini merupakan versi OnePlus X yang belum mendukung teknologi 4G. Artinya, OnePlus X yang hadir di Indonesia hanya mendukung koneksi data 3G dan 2G saja.

Apa yang terjadi bukanlah sebuah ketidaksengajaan dari pihak OnePlus.

Apa yang dilakukan pihak OnePlus ini adalah akibat adanya peraturan yang mengatur soal TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) untuk ponsel 4G adalah 20%. Artinya, semua ponsel 4G yang dijual di Indonesia harus mengandung setidaknya 20% bahan-bahan yang diproduksi di Indonesia.

Mendengar kabar ini, tentu para fans OnePlus Indonesia merasa sangat kecewa tentang kabar ini dan langsung membanjiri grup official dari OnePlus Indonesia dengan komentar-komentar yang berupa pertanyaan karena tidak percaya bahwa OnePlus X hadir tanpa dukungan terhadap teknologi 4G.

Tapi seperti itukah kenyataan dari OnePlus X yang hadir di Indonesia?

Setelah diskusi yang cukup panjang di Grup OnePlus Indonesia, sebuah titik terang tentang permasalahan OnePlus X ini berhasil ditemukan. OnePlus X di Indonesia memang hadir dengan dukungan teknologi hanya hingga 3G saja.

Tapi itu bukanlah masalah pada hardware, melainkan software-nya.

Artinya, para pengguna OnePlus X yang belum sempat membeli atau masih stuck di bagian checkout bisa langsung memboyong si mungil nan elegan ini karena jika kendala yang ditemukan adalah dibagian software, pasti ada cara untuk membuat OnePlus X ini bekerja di jaringan 4G di Indonesia.

Bagi mereka yang takut garansi hangus ketika mengoprek OnePlus X demi menjangkau dunia 4G juga sepertinya dapat bernapas dengan lega. Tentunya karena OnePlus Indonesia memang tidak melarang untuk mengoprek smartphone yang dijualnya sehingga tidak menghanguskan garansi dari smartphone.

Andaikan smartphone OnePlus X bermasalah ketika dioprek juga, 11 pusat servis OnePlus yang tersebar di 11 wilayah di Indonesia akan siap membantu Anda memperbaiki smartphone bermasalah dengan gratis.

Lalu bagaimana nasib 4G di OnePlus X ini kedepannya?

Apakah dukungan 4G akan berhasil dimunculkan oleh salah seorang master otak-atik smartphone di Indonesia?

ataukah smartphone yang katanya tidak memiliki yang jauh berbeda dengan OnePlus One ini harus menyerah dan tetap menggunakan teknologi 3G sebagai andalannya untuk mengakses internet.

 

 

Tags Smartphone

About The Author

Fahd M. 78
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel