Setelah Rilis Meizu Pro 5, Akan Muncul Meizu Pro 6 dengan RAM 6 GB

16 Mar 2016 10:15 2673 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ponsel Meizu Pro 6 adalah pelanjut ponsel Meizu Pro 5 dengan prosesor Exynos baru yang lebih kencang dan memori 6 GB yang menggoda.

Belum lama ini, Meizu, pabrikan baru asal Negeri Tirai Bambu Tiongkok, merilis produk terbarunya, Meizu Pro 5. Smartphone dari Meizu tersebut sempat ramai diperbincangkan karena menggunakan sistem operasi yang bisa dibilang berbeda dari kebanyakan ponsel pintar lainnya yang menggunakan iOS (produk Apple), Windows Mobile, ataupun Android. Meizu Pro5 adalah ponsel pintar buatan Tiongkok yang menggunakan sistem operasi Ubuntu alih-alih sistem operasi lain yang lebih mainstream.

Ketika kebanyakan ponsel pintar umumnya menanamkan sistem operasi Android karena memiliki versatilitas dan utilitas yang lebih luas ketimbang sistem operasi lain, Meizu justru menggunakan Ubuntu yang meskipun sama-sama menggunakan kernel Linux seperti Android, masih kurang mendapat dukungan aplikasi kategori mobile dari para third party developer.

Ponsel Meizu Pro 5 ini sendiri sebenarnya bukan yang pertama membawa sistem operasi Ubuntu. Di antara produk Meizu sendiri, sudah ada ponsel Meizu MX3 dan Meizu MX4 yang lebih dulu membawa sistem operasi Ubuntu.

Dari segi hardware sendiri ponsel Meizu Pro 5 tidak mengecewakan. Membawa prosesor Exynos 7420 buatan Samsung plus chipset yang sama dengan yang digunakan dengan Samsung Galaxy S6, ponsel ini juga membawa memori sebesar 3 GB. Dipadu dengan memori internal sebesar 32 GB, jelas Meizu Pro 5 bukan ponsel dengan spek ecek-ecek.

Nah, belum lama setelah rilisnya Meizu Pro 5, kini Meizu sudah merencanakan untuk merilis generasi selanjutnya yaitu Meizu Pro 6. Dan mengikuti spesifikasi tinggi dari generasi sebelumnya, Meizu pun sepertinya tak tanggung-tanggung merancang ponsel generasi baru ini.

 

Spesifikasi dan Hardware

Setelah Rilis Meizu Pro 5, Akan Muncul Meizu Pro 6 dengan RAM 6 GB

Dari segi spesifikasi dan hardware, ponsel Meizu Pro 6 masih mengikuti pola pemilihan komponen untuk pendahulunya Meizu Pro 5. Ponsel tersebut disebut memanfaatkan prosesor Exynos 8890 yang juga digunakan pada ponsel Samsung Galaxy S7. Performa prosesor tersebut tak perlu dipertanyakan lagi.

Exynos 8890 adalah prosesor octa-core alias berinti delapan, dimanufaktur dalam skala 14 nanometer, dan berinstruksi set 64-bit. Prosesor ini menggunakan empat chip Cortex A53 yang dipadu dengan empat custom core prosesor buatan Samsung sendiri.

Bersama dengan prosesor canggih tersebut, rencananya Meizu jubga membekali ponsel ini dengan GPU Mali T880 MP12 buatan ARM. GPU berkode nama Midgard ini berkecepatan maksimal 650 MHz dengan 12 SPU dan dimanufaktur dalam skala 16 nm. Kompatibel penuh dengan DirectX 11.2 dan OpenGL ES 3.1.

Hal lain yang menarik dari spesifikasi hardware Meizu Pro 6 adalah kapasitas RAM 6 GB yang terbilang sangat besar. Untuk sebuah ponsel pintar, memori sebesar 6 GB adalah jumlah yang tidak sedikit, karena jika dibandingkan dengan laptop saja, kebanyakan laptop netbook dan mainstream masih dibekali memori sebesar 2 GB sampai 4 GB.

Setelah Rilis Meizu Pro 5, Akan Muncul Meizu Pro 6 dengan RAM 6 GB

Sementara itu, untuk penyimpanan data, Meizu membekali Pro 6 dengan kapasitas memori 128 GB. Jika masih terasa kurang, ponsel ini memiliki Slot SD Card yang bisa dijejali kartu memori berkapasitas maksimal 128 GB.

Oh ya, menurut kabar dari beberapa sumber pula, Meizu juga merencanakan varian model Pro 6 dengan spesifikasi komponen reguler yang lebih rendah daripada spesifikasi tersebut. Model ini akan dibekali dengan prosesor dan GPU yang sama namun hanya memiliki 4 GB memori untuk RAM dan 64 GB kapasitas memori untuk penyimpanan data. 

 

Fitur dan Kelengkapan

Selain penggunaan komponen hardware yang begitu menggoda, ponsel pintar dari Meizu ini akan dilengkapi pula dengan fitur-fitur keren yang menantang.

Mulai dari layar, ponsel ini akan dibekali layar jenis Super AMOLED berukuran diagonal 5,7 inci. Layar dengan sensor input capacitive touchscreen ini mampu menampilkan gambar beresolusi maksimal 1440 x 2560 pixel dengan kerapatan pixel (pixel density) sekitar 551 ppi. Demi melindungi layar tersebut, Meizu melapisi permukaan luarnya dengan Corning Gorilla Glass 4.

Oh ya, sensor input pada layar ponsel ini juga dilengkapi fitur Force Touch, ternyata. Bagi mereka yang mengenal produk Apple, tentu mengenal nama Force Touch sebagai fitur yang mampu mendeteksi tekanan sentuhan pengguna pada sensor layar sentuh ponsel atau perangkat digital lain yang menggunakan touch screen. Fitur ini memanfaatkan komponen elektroda-elektroda kecil di sekitar permukaan layar untuk membedakan mana sentuhan ketuk atau tap dan yang mana sentuhan keras yang berbeda tingkat tekanan.

Kemudian dari kelengkapan asesoris dan fitur lainnya, ponsel ini akan dilengkapi adapter Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band, dengan fitur Wi-Fi Direct dan Hotspot. Bluetoothnya sudah versi 4.2 dengan A2DP LE. Untuk GPS, ponsel ini dilengkapi fasilitas A-GPS, GLONASS, dan BDS. Namun, perlu dicatat bahwa ponsel ini katanya tidak bisa menangkap sinyal FM Radio.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor Fingerprint, Accelerometer, Gyrometer, Proximity meter, dan Compass.

 

OS, Interface, dan Baterai

Berbeda dari pendahulunya yang sempat dibekali sistem operasi Ubuntu, ponsel Meizu Pro 6 direncanakan akan diinstalasi sistem operasi Android v6.0 (Marshmallow). Dan seperti halnya banyak ponsel Meizu yang lain, Pro 6 akan dibekali dengan antarmuka khas Meizu bernama Flyme v 6.0.

Setelah Rilis Meizu Pro 5, Akan Muncul Meizu Pro 6 dengan RAM 6 GB

Interface Flyme terbilang lumayan unik karena menggunakan filosofi desain yang flat namun memainkan warna dan ikon yang kontras sehingga mudah terbaca namun tetap estetis dan tampak dinamis.

Oh ya, soal baterai, ponsel pintar ini dibekali baterai Lithium Ion berkapasitas 2750 mAh yang bisa dicas dengan cepat berkat adanya fitur Fast Battery Charging. Namun sayangnya, baterai ini tidak bisa dicopot dengan mudah dari unit ponsel.

 

Simpulan dan Harga

Mendengar semua uraian spesifikasi, komponen, dan fitur yang ditawarkan, tentu banyak orang yang berekspektasi tinggi dengan ponsel pintar ini. Speknya yang menggoda, penampilannya yang trendi dan sistem operasi yang unik adalah nilai jual yang menarik dari ponsel ini.

Belum ada informasi resmi dari Meizu tentang harga jual Meizu Pro 6 yang akan dilepas ke pasaran pada kuartal ketiga tahun 2016 ini. Namun begitu, jika berpandu dari taksiran harga Meizu Pro 5 yang berada di rentang Rp 6 jutaan, ponsel terbaru Meizu Pro 6 sepertinya akan keluar dengan harga Rp 7 jutaan hingga lebih. Tertarik?

About The Author

Shafwan Nugraha 78
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel