6 Persiapan Wajib Sebelum Menonton Gerhana Matahari Total 2016

7 Mar 2016 17:00 4183 Hits 2 Comments
Catet Mblo, Tips khusus menghadiri acara Gerhana Matahari Total 2016

Gerhana Matahari Total 2016 sudah di depan mata, fenomena yang sangat langka bagi warga Indonesia ini, meskipun akan terjadi lagi setiap 18 bulan sekali pada garis edar bumi, untuk wilayah Indonesia, peristiwa ini baru akan berulang kembali 7 tahun yang akan datang. Jika dipersempit skalanya pada titik lokasi yang sama, katanya fenomena ini bahkan baru akan terulang 400 tahun lagi (via nationalgeograpic.com).

Baca juga : Jelang Gerhana Matahari Total 2016 oleh wan

Karena fenomena ini terlalu manis untuk dilewatkan, berikut sedikit tips dan trik sebagai persiapan sebelum menonton atau melihat langsung peristiwa astronomi yang spektakuler ini:

 

1. Ketahui Jalur dan Jadwal Gerhana Matahari Total 2016

Wilayah Indonesia yang dapat melihat Gerhana Matahari Total adalah di daerah:

  • Palembang (durasi gerhana 1 menit 52 detik)
  • Belitung (durasi gerhana 2 menit 10 detik)
  • Balikpapan (durasi gerhana 1 menit 9 detik)
  • Luwuk (durasi gerhana 2 menit 50 detik)
  • Sampit (durasi gerhana 2 menit 8 detik)
  • Palu (durasi gerhana 2 menit 4 detik)
  • Ternate (durasi gerhana 2 menit 39 detik)
  • Bangka (durasi gerhana 2 menit 8 detik)
  • Palangkaraya (durasi gerhana 2 menit 29 detik)
  • Poso (durasi gerhana 2 menit 40 detik), dan
  • Halmahera (durasi gerhana 1 menit 36 detik).

Namun wilayah lain tetap bisa menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian, seperti pada kota-kota berikut dan daerah sekitarnya yang berdekatan:

  • Padang (95,43 persen)
  • Bandung (88,76 persen)
  • Denpasar (76,53 persen)
  • Kupang (65,49 persen)
  • Surabaya (83,08 persen)
  • Banjarmasin (98 persen)
  • Manado (96,66 persen)
  • Jakarta (88,76 persen)
  • Pontianak (92,96 persen)
  • Makassar (88,54 persen), dan
  • Ambon (86,90 persen)

Jadi, jangan sampai salah jam apalagi salah hari ya! Baca juga : Jalur dan Jadwal Lengkap Gerhana Matahari Total 2016 di Indonesia

 

2. Ketahui Prakiraan Cuaca pada Hari H di Kota Anda

Image via inputbali.com

Poin ini bikin resah saya, Mblo, sudah beberapa hari ini Muara Teweh selalu diguyur hujan di pagi hari, di situ kadang saya merasa sedih. So, alangkah lebih baiknya jika Mbloers sudah siap dengan prakiraan cuaca terpercaya pada jam "acara" di tempat Anda tinggal dan di kota sekitar. Karena acaranya pagi hari, cari wilayah dengan cuaca tercerah dan segera cabut ke kota terdekat yang lebih cerah jika tidak ingin ketinggalan momen ini. OK, Mblo?

Baca juga : Aplikasi Cuaca Terbaik di Smartphone dan 5 Aplikasi Cuaca yang Paling Sering Digunakan di Android oleh Plimbi Editor

 

3. Persiapkan Fisik Anda

Image via smartdetox20hari.com

Terdengar sepele bukan? Tapi jangan salah Mblo, meski terjadi saat tanggal merah, walau daerah Anda positif dilewati, persiapan fisik itu perlu. Mengapa? Karena "acara" GMT 2016 berlangsung pagi hari, jadi para Mbloers dan Begadangers diharapkan untuk mempersiapkan fisik terutama mata Anda. Ini penting, sekali lagi, persiapkan mata Anda!

 

4. Persiapkan Lokasi Strategis

Image via pontianak.tribunnews.com

Cari tempat yang lapang dan strategis, maksudnya tempat yang tidak terhalang oleh sesuatu apapun di sebelah timur. FYI, matahari terbit dari timur ke barat... OK, semua sudah tahu, ya... Bruakakak. Nah, liat-liat dulu di sebelah timur Mbloers, usahakan cari tempat yang titik horizonnya tidak terhalang oleh pepohonan atau gedung-gedung. Mengapa? Karena "acara" GMT 2016 berlangsung di pagi hari, catet!

 

5. Persiapkan Peralatan Tempur

Image via gibranknight.wordpress.com

Bukan, kita tidak sedang memerangi naga yang akan memakan matahari bulat-bulat, maksudnya tentu saja peralatan yang mendukung keamanan dan kenyamanan kita saat "rekreasi gerhana".

Apa saja alat tempurnya? Ok, catet nih:

1. Busana, jangan sampai Mbloers lupa memakai baju atau celana.

2. Sikat gigi, err... maksudnya ini dipakai sebelum keluar rumah, kasian orang-orang sekitar kalo Mbloers berbaur di kerumunan massa dengan aroma mulut yang memikat, peduli alam sekitar itu perlu meski status Anda jomblo, Inget!

3. Kacamata hitam berfilter. kalau ada kacamata khusus gerhana itu jauh lebih baik, namun jika susah ditemukan, kacamata hitam yang benar-benar hitam masih bisa digunakan loh, apalagi yang sudah ada filter UVnya. Kacamata ini digunakan sebelum dan sesudah Gerhana Matahari Total terjadi, ketika matahari tertutup sepenuhnya oleh bulan, kacamata aman untuk dilepaskan.

Image via fajrialfajri.tk

Itu saja?

O iya, tambahan, bagi yang ingin mengabadikan momen ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan foto gerhana seperti apa yang diinginkan dan komposisi foto yang seperti apa yang ingin didapatkan. Semua itu akan menentukan peralatan dan perlengkapan apa saja yang harus disiapkan, semisal perangkat kamera, lensa binokuler, teleskop, dan sebagainya, namun perlu diingat, lengkapi lensanya dengan filter khusus cahaya matahari ya...

Image via jkt.life

Kemudian, jika Mbloers memutuskan untuk membawa peralatan tambahan, usahakan perangkat atau gadget Anda berada dalam pengawasan, kalau meletakkannya dalam tas, posisikan tas pada bagian depan tubuh, biar gak ada tangan jail yang nyelip di punggung Mbloers saat lengah.

 

6. Persiapkan Pasukan

Image via sejarahperang.wordpress.com

Gak ada yang melarang menonton sendirian, Mblo, keputusan untuk "sendiri" adalah hak kalian semua, namun karena momen ini langka, gak ada salahnya memanfaatkannya untuk kumpul-kumpul bareng teman-teman atau keluarga. Nah, sebaiknya persiapkan dari sekarang untuk mengatur waktu dan tempat janjian. OK, Mblo?

 

Demikian Tips dan Trik dari saya, silakan menambahkan! Jangan lupa untuk menuliskan liputan peristiwa maupun ulasan hasil pengamatan Gerhana Matahari Total 2016 ya...

Baca Juga : 7 Mitos Gerhana Matahari oleh Fahd Magat

 

Cover Image via news.liputan6.com

Tags

About The Author

Tuhuk Ma'arit 52
Expert

Tuhuk Ma'arit

Bodoh, miskin, dan pemalas. Lahir di Kotabaru (Kalimantan Selatan) pada tanggal 30 Januari 1988. Menulis adalah hal yang biasa bagi saya, saya sudah melakukannya sejak Sekolah Dasar. Saya sudah terbiasa menyalin contekan PR, dihukum menulis di papan tulis, menulis absen dari jarak jauh ketika bolos (mungkin bisa disebut mengisi absen secara online), menulis cerpe'an sebelum ulangan, dan menulis surat cinta di tahun 90-an. Tetapi, menulis ide orisinil adalah hal baru yang akan saya kembangkan. Semoga, amin. Sekarang saya bekerja tetap sebagai pengangguran. Hobi saya yang bercita-cita memberi pekerjaan kepada sejuta rakyat Indonesia adalah bermalas-malasan. Jika istri saya tidak mengetahui akun ini, berarti status saya adalah masih single dan available. Eh?

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel