Pantau Cuaca Harian di Sekitar Anda dengan Aplikasi Cuaca Terbaik Langsung dari Smartphone

24 Apr 2014 18:00 4624 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan kerap beraktivitas di luar ruangan, keberadaan smartphone sangat membantu dalam beraktifitas. Tak hanya sekadar alat komunikasi, alat bermain, hingga alat berinternet ria semata, smartphone terkadang menjadi alat lain yang berguna berkat tambahan aplikasi di dalamnya.

Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan kerap beraktivitas di luar ruangan, keberadaan smartphone sangat membantu dalam beraktifitas. Tak hanya sekadar alat komunikasi, alat bermain, hingga alat berinternetria semata, smartphone terkadang menjadi alat lain yang berguna berkat tambahan aplikasi didalamnya. Seperti saat ini, saat cuaca yang tak bersahabat, kehadiran smartphone cukup membantu berkat adanya aplikasi perkiraan cuaca. Apalagi Saat ini telah banyak tersedia aplikasi cuaca terbaik di berbagai sistem operasi dan berbagai pasar aplikasi dengan kelebihan dan kekurangan masing–masing.

Berikut daftar aplikasi cuaca terbaik yang paling layak diunduh dan digunakan di berbagai sistem operasi.

 

  • WeatherPro (Android)

Aplikasi ini menyediakan ramalan cuaca dan laporan lebih dari dua juta lokasi didunia. Termasuk didalamnya ramalan cuaca untuk 7 hari ke depan dengan interval per tiga jam. Di dalamnya Anda juga bisa melihat keadaan suhu, arah dan kecepatan angin, tekanan udara, curah hujan, kelembaban relatif, waktu terbit dan tenggelamnya matahari serta masih banyak lagi.

Aplikasi ini juga memanfaatkan satelit global dan radar dalam tampilan animasi yang menarik. Untuk kemudahan tersedia juga fungsi memperbesar dan memperkecil tampilan dari suatu lokasi. Weather Pro tersedia dalam 14 bahasa dan dilengkapi fitur POI (point of interest) yang mengAndalkan fasilitas aatelit global. Sayangnya, Anda tak bisa mendapatkan aplikasi cuaca terbaik ini secara gratis, namun berbayar $3,4, Anda bisa unduh di sini.

 

 

  • WeatherBug Elite (Android)

Masih untuk smartphone Android, aplikasi WeatherBug Elite hadir agar Anda dapat mengakses cuaca pada jaringan dunia secara real time. Dilengkapi dengan beragam fitur seperti ramalan, peringatan dan masih banyak lagi. Aplikasi ini mampu memberikan peringatan dini bila ada bahaya cuaca ekstrim berkat jaringan Severe Storm Network. Aplikasi akan mendeteksi lokasi Anda dengan bantuan GPS dan menampilkan kondisi cuaca dalam tampilan peta interaktif.

Aplikasi cuaca terbaik yang tersedia dalam versi berbayar dan gratis ini  hadir dengan multiple maps menarik yang menyajikan informasi radar Dopler, kilatan petir, kelembaban udara, kecepatan angin, hingga kondisi lalu lintas. Anda bisa unduh di sini.

 

  • AccuWeather (iOS dan Android)

Jika Anda mencari Aplikasi cuaca terbaik, Anda tak bisa melewatkan AccuWeather. AccuWeather adalah aplikasi cuaca dengan tampilan keren 3D, disertai hari dan tanggal, kecepatan angin, kompas dan juga lokasi Anda berada. Hadir dengan interface yang menarik, aplikasi ini menampilkan detil grafis serta notifikasi yang memudahkan penggunanya. Saat aplikasi ini meramalkan suatu cuaca, akan terlihat tampilan berwarna oranye yang mencolok.

 

Menariknya, Anda juga bisa melihat cuaca di lokasi lain untuk berjaga-jaga jika Anda sedang ingin berbisnis atau bepergian jauh bersama keluarga. Aplikasi ini juga dapat menampilkan berita dan kondisi cuaca dalam format video serta berbagi informasi tersebut lewat jejaring sosial secara seketika dan mendukung 27 bahasa dunia. Anda bisa unduh di sini untuk Android dan di sini untuk iOS.

 

  • Weather 2x (iOS)

Aplikasi untuk sistem iOS ini tak jauh berbeda dengan aplikasi cuaca lainnya. Weather 2x memiliki kumpulan gambar yang indah untuk menunjukkan setiap kondisi cuaca. Gambar-gambar tersebut akan mengisi satu layar secara penuh dengan menampilkan beberapa informasi sederhana seperti lokasi, jam, kondisi, dan suhu di tempat.

Weather 2x akan selalu memunculkan kondisi cuaca di lokal terlebih dahulu. Namun Anda memiliki pilihan menambahkan wilayah lainnya dengan swipe dari kanan ke kiri. Anda juga bisa melihat ramalan cuaca untuk 5 hari ke depan dapat diakses dengan melakukan double-tapping atau dengan menarik pegangan yang berada di bawah layar. Anda juga dapat swipe dari kanan ke kiri untuk memunculkan ramalan cuaca hari ini dalam interval 3 jam untuk 5 hari berikutnya. Aplikasi ini berjalan dengan baik meski sempat lag akibat animasi yang terlalu banyak pada background. Anda bisa unduh di sini.

 

  • Simply Weather (Windows Phone)

Sesuai namanya, Simply Weather merupakan aplikasi cuaca terbaik di sistem windows yang akan menginformasikan cuaca secara minimali. Aplikasi ini hanya menginformasikan cuaca saja, tidak lebih. Namun itulah yang membuat aplikasi ini menarik. Aplikasi menarik ini menampilkan informasi prakiraan cuaca hingga lima hari ke depan. Anda bisa mengatur data informasi yang ingin ditampilkan dengan menggunakan ‘celcius’ atau ‘fahrenheit’. Seperti aplikasi cuaca Windows Phone lainnya, Simply Weather mendeteksi lokasi dimana Anda berada saat itu.

Dibanding aplikasi cuaca terbaik lainnya, pengembang lebih mengutamakan desain.  Desain dari Simply Weather sangat ciamik, pembuatnya sangat mengerti bagaimana mengimplementasikan tren desain khas windows phone. Selain itu, Simply Weather juga memberikan fitur live tile yang sangat interaktif dan menarik. Sayangnya, aplikasi ini masih tersedia untuk pengguna Windows Phone 8 saja. Anda bisa unduh di sini.

 

Kini dengan adanya aplikasi cuaca terbaik di smartphone kesayangan Anda, Anda dapat beraktifitas dengan tenang. [ARS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel