Review Spek dan Performa SSD DATA Premier Pro 256GB SP900

16 Feb 2016 09:00 3314 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
A-Data Premier Pro SP900 256 GB adalah SSD yang memadukan kecepatan dan kapasitas maksimal dengan fitur Zero Provision.

Solid State Drive alias SSD adalah media penyimpanan data (mass storage media) untuk komputer yang sudah cukup banyak diminati para pengguna PC sebagai alternatif dari hard disk drive (HDD) konvensional. Keunggulannya adalah kecepatan dan durabilitas yang jauh lebih tinggi daripada HDD konvensional.

Akan tetapi biaya produksi dan harga jual SSD belum seekonomis HDD konvensional sehingga tidak sedikit pula orang yang masih bertahan membeli HDD baru ketimbang memilih SSD.

Harga rata-rata SSD berkapasitas 256 GB saja, saat ini masih berada di rentang Rp 1 juta 600 ribuan. Namun begitu, A-Data, vendor yang telah dikenal sebagai merek HDD eksternal, modul memori serta USB flashdrive, memiliki produk A-Data Premier Pro Adata SSD 256GB SP900 yang dijual dengan harga lebih murah.

 

Desain dan Dimensi Fisik

Secara fisik, unit SSD A-Data Premiue Pro 256 GB SP900 dibalut dengan casing berwarna hitam berbahan plastik dengan tekstur kasar. Dimensinya standar, berukuran 6,98 cm x 10 cm dengan ketebalan 0,95 cm dan bobot 76 gram. Ramping, kompak, dan simplistik, namun berkesan kokoh dan mantap.

Review Spek dan Performa SSD ADATA Premier Pro 256GB SP900

Dimensi SSD ini memang kecil, disesuaikan dengan ukuran standar HDD laptop. Ini untuk memudahkan instalasi SSD pada komponen yang kompak seperti laptop dan netbook. Untuk diinstalasi ke komputer Desktop, Anda bisa memanfaatkan slot khusus SSD atau yang biasanya terdapat pada casing komputer desktop. Namun jika slot tersebut

SSD ini menggunakan interface SATA 3 yang mampu menghantarkan data dengan kecepatan 6 Gbps. SSD ini memang bisa dibilang masih kalah soal kecepatan kalau dibandingkan dengan SSD M.2 yang memanfaatkan jalur PCI yang lebar bandwidthnya lebih luas. Namun begitu, jika dibandingkan dengan HDD konvensional, jelas kecepatan SSD masih lebih tinggi.

Durabilitas bodi dan komponen jeroan SSD memang terbilang tahan banting karena tidak ada komponen mekanis yang bergerak di dalamnya. Namun begitu, A-Data membatasi kekuatan benturan SSD ini sampai 1500 G.

 

Spesifikasi Hardware dan Fitur

SSD A-Data Premier Pro SP900 terdiri dari 3 varian model. Ketiga varian model tersebut berbeda soal kapasitas penyimpanan saja, jenis memori dan kontroler flash yang digunakan lebih kurang sama.

Review Spek dan Performa SSD ADATA Premier Pro 256GB SP900

SSD A-Data ini menggunakan chip NAND Flash jenis asynchronous sebanyak 2 Drive Cell. Chip dan manajemen memori tersebut dikendalikan oleh chip SandForce Flash Controller SF-2281 generasi terbaru dengan fitur zero-provision. Kontroler memori dengan firmware terbaru yang memberikan fitur zero-provision ini adalah salah satu yang pertama digunakan untuk SSD komersil dan diproduksi masal.

Bagi Anda yang asing dengan istilah zero-provision, perlu Anda ketahui bahwa hampir setiap SSD menggunakan sebagian kapasitas memorinya untuk background activity seperti buffering data dan lainnya. Nah, ruang memori yang digunakan untuk background activity inilah yang disebut sebagai provision.

Beberapa SSD memiliki konfigurasi provision sampai 14% dan ada yang 7%. Ini berarti, kapasitas maksimal pada SSD semacam itu akan berkurang 7% sampai 14% bergantung besar provision space yang dikonfigurasi.

Nah, pada SSD A-Data Premier Pro SP900, konfigurasi zero-provision tetap memberikan 7% provision space untuk operasional normal. Namun begitu, kapasitas penyimpanan memori SSD yang terdeteksi akan tetap penuh 128 GB dan bisa diisi sampai benar-benar penuh. Namun begitu, ketika penuh dengan data, jelas performa dan kecepatan SSD ini akan menurun karena tidak memiliki provision space lagi untuk aktivitas buffering data dan sebagai macamnya.

Fitur media penyimpanan data lainnya yang dimiliki oleh SSD ini adalah kompatibilitas dengan RAID, S.M.A.R.T, dan TRIM Configuration.

 

Performa dan Kecepatan

SSD A-Data SP900 berkapasitas 256 GB ini menggunakan kontroler SandForce generasi terbaru yang memberikan kecepatan yang cukup baik dengan harga yang ekonomis.

Berdasarkan pengujian ATTO, kecepatan baca (read speed) unit SSD ini mencatat angka 550 MB/s sedangkan kecepatan menulisnya (write speed) sampai 520 MB/s. Sementara itu, pengukuran multimedia data transfer (AS-SSD) mencatat angka kecepatan baca sampai 220 MB/s dan kecepatan tulis sampai 255 MB/s.

Berdasarkan informasi teknis dari A-Data, SSD ini mampu dioperasikan pada temperatur 0°C sampai 70°C. Untuk penyimpanan (storage temperature) adalah -40°C sampai 85°C. Selama beroperasi, SSD ini menarik konsumsi listrik yang sangat rendah, hanya 0,9 watt ketika bekerja dan 0,5 watt ketika idle (menyala tanpa operasi).

A-Data mengklaim bahwa Premier Pro SP900 semua varian model mampu bertahan sampai penggunaan 1.000.000 jam. A-Data juga memberikan garansi sampai 3 tahun. Cukup menarik.

 

Simpulan dan Harga

Mencari SSD yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi pada masa sekarang ini memang masih sulit, terutama karena HDD konvensional masih menjadi pilihan utama media penyimpanan data. Namun begitu, nilai ekonomis SSD A-Data Premier Pro 256 GB SP900 tidak terlalu mengecewakan. Pun, mencari SSD lain dengan nilai ekonomis yang dimiliki SSD A-Data ini tidak mudah.

Dijual di rentang harga Rp 1 juta 200 ribuan membuat SSD ini salah satu yang paling ekonomis jika membandingkan kapasitas dengan harga. Nilai ekonomis SSD A-Data ini akan meningkat jika dipertimbangkan pula aspek kecepatan dan fitur 0-provisions yang dimiliknya.

Di rentang harga tersebut, penantang terdekatnya adalah Sandisk SSD 256 GB Z400s dan Samsung 850EVO 250 GB yang sepantaran harga atau Samsung 850PRO yang lebih murah Rp 100 ribuan namun dengan kapasitas yang hanya setengahnya (128 GB).

Tags komputer

About The Author

Shafwan Nugraha 78
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel