HP Pavilion TouchSmart 15-P051US: Rp 5 Jutaan untuk TouchScreen dan Optical Drive

13 Feb 2016 11:30 3564 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
HP Pavilion TouchSmart 15-P051US adalah laptop Rp 5 jutaan yang ekonomis karena memiliki layar TouchScreen 15,6 inci dengan DVD-R/W optical drive.

Mendapatkan laptop dengan layar touchscreen berukuran 15,6 inci dan memiliki prosesor yang cepat di rentang harga Rp 5 jutaan bukan hal mudah. Kebanyakan laptop dengan spesifikasi tersebut biasanya dijual di rentang harga yang lebih tinggi, mulai dari Rp 7 juta hingga belasan juta.

Namun demikian, di pasaran saat ini, Anda masih bisa menemukan laptop dengan layar 15 inci dan memiliki fitur touchscreen. Meskipun bukan barang yang benar-benar baru dilempar ke pasaran, HP Pavilion TouchSmart 15-P051US adalah pilihan yang sangat menarik karena fitur yang ditawarkannya pada rentang harga yang relatif ekonomis.

Desain dan Dimensi Fisik

HP Pavilion 15-P051US adalah laptop dengan desain tradisional yang ditempatkan pada kategori laptop mainstream, namun desainnya sendiri memiliki elemen-elemen desain laptop kelas premium.

Bodi laptop ini berdimensi 37,8 cm x 25 xm dengan ketebalan sekitar 3 cm. Bodi tersebut memang tampak lebar dan tebal. Namun ukuran ini tentu untuk mengakomodasi layar 15,6 inci yang cukup luas.

Permukaan bodi laptop ini dilapisi tekstur serat logam yang menampilkan kesan mewah dan premium, kecuali pada cover bagian bawah. Kualitas konstruksi bodi laptop ini terkesan kokoh, pun pada bagian engsel tidak memberikan kesan ringkih ketika dibuka tutup dengan keras maupun lembut.

Spesifikasi Hardware

Laptop HP Pavilion TouchSmart 15-P051US memang bukan laptop yang baru keluar kemarin sore. Laptop ini telah rilis sejak tahun kemarin, namun masih bisa dijumpai di beberapa retailer HP di Indonesia.

Pavilion TouchSmart berlayar 15 inci ini dilengkapi prosesor AMD APU QuadCore A10 7475M 2,1 GHz yang mampu dipacu hingga 2,9 GHz dengan turbo boosting. APU dengan core prosesor berarsitektur Richland ini memiliki 2 MB L2 Cache dan memiliki performa yang lebih kurang setara dengan intel Core i3 2310M. Namun karena APU ini disisipi GPU AMD Radeon, semestinya prosesor ini mampu memberikan performa multimedia dan gaming yang lebih baik ketimbang prosesor Intel.

Memori yang diberikan untuk laptop ini adalah DDR3 berkapasitas 4 GB. Memori ini terbilang cukup besar, mengingat beberapa laptop berlayar touchscreen dari layar yang seharga dengannya, hanya memberikan memori sebesar 2 GB.

Sedangkan untuk penyimpanan data, laptop ini mengandalkan HDD berkapasitas 750 GB yang terbilang tanggung. Umumnya, laptop menggunakan HDD berkapasitas 500 GB atau 1 TB sekalian.

 

Graphics dan Display

HP Pavilion TouchSmart 15-P051US: Rp 5 Jutaan untuk TouchScreen dan Optical Drive

Menggunakan CPU dari AMD berarti laptop ini menggunakan GPU AMD Radeon yang terintegrasi pada chip prosesor APU. Prosesor grafis yang digunakan adalah ATI Radeon HD8610G, sebuah GPU dengan core berarsitektur Terascale 3. GPU ini bekerja dengan kecepatan 533 MHz sampai 626 MHz (via TurboBoost).

Keunggulan GPU tersebut adalah 384 unified shader unit yang jelas lebih banyak ketimbang GPU integrated Intel HD Graphics. GPU ini juga kompatibel penuh dengan DirectX 11 dan dibuat dalam skala 32 nm. Secara performa, GPU ini mampu memberikan performa setara dengan NVIDIA Geforce GT 540M atau AMD Radeon HD6630M dari generasi yang lebih lawas. Kalau dibandingkan dengan Intel HD Graphics, sepertinbya hanya Intel HD Graphics 4600 yang mampu melampaui overall performance kartu grafis ini.

Untuk mengakomodasi kartu grafis yang cukup baik itu, HP memberikan layar display berukuran 15,6 inci diagonal. Kualitas kecerahan dan kontras layar laptop 15 inci dari HP ini sebenarnya tidak terlalu spesial, malah bagi sebagian orang mungkin bisa dinilai mengecewakan.

Tetapi setidaknya, HP berani memberikan fitur touchscreen untuk laptop berharga tak sampai Rp 6 jutaan ini. Selain itu, dimensi layar yang cukup besar tentu bisa memberikan Desktop dan tampilan layar yang lega ketimbang laptop lain yang menggunakan layar 14 inci.

 

Konektivitas dan Ports

Untuk berkoneksi dengan jaringan dan Internet, laptop HP Pavilion 15 inci ini mengandalkan dua konektivitas jaringan. Koneksi wireless network mengandalkan adapter Wi-Fi 802.11 b/g/n dan konektivitas Bluetooth 4.0.

HP Pavilion TouchSmart 15-P051US: Rp 5 Jutaan untuk TouchScreen dan Optical Drive

Untuk berkoneksi secara kabel, laptop ini juga memiliki adapter Gigabit LAN yang memanfaatkan interface RJ45 untuk kabel LAN.

Konektivitas dengan perangkat eksternal diakomodasi dengan 4 colokan USB yang terdiri dari 2 colokan USB 3.0 dan 2 sisanya colokan USB 2.0. Konektivitas suara dengan perangkat audio eksternal menggunakan port 3,5 mm audio jack, sementara untuk berkoneksi dengan prangkat display eksternal seperti proyektor atau monitor ekstra, Anda bisa menggunakan port HDMI.

 

Simpulan dan Harga

Dijual di rentang harga Rp 5 juta 600 ribu, laptop HP Pavilion TouchSmart 15-P051US adalah laptop layar 15 inci dengan touchscreen yang cukup menggoda. Laptop ini memang bukan tipe konvertibel seperti jajaran HP Spectre, sehingga menggunakan touchscreen di layar laptop yang tidak bisa dilipat dengan bebas memang bisa menimbulkan rasa “kagok” alias tanggung.

Namun bagi mereka yang memang membutuhkan fitur touchscreen, laptop ini bisa menjadi salah satu pilihan laptop touchscreen dengan harga ekonomis, berprosesor cepat, dan layar yang lebih lega daripada laptop 14 inci.

Alternatif laptop yang mungkin bisa menjadi pesain laptop ini adalah Asus Transformer Book Flip TP550LD CJ100D yang juga memiliki layar 15,6 inci touchscreen. Laptop Asus tersebut dilengkapi Intel Core i3 4030U dan 4 GB DDR3 memori namun dibanderol lebih mahal, sekitar Rp 6 juta 400 ribuan.

Tags Laptop

About The Author

Shafwan Nugraha 78
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel