Inilah Perbandingan Kecepatan 4G Semua Operator

11 Feb 2016 14:00 24031 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Pengujian kecepatan dilakukan di Kota Bandung.

Sebagian dari kita mungkin sudah mengenal dengan yang namanya koneksi internet 4G LTE.

Berbeda dengan teknologi pendahulunya yaitu teknologi 3G yang tidak memprioritaskan koneksi data internet, teknologi 4G menjadikan koneksi internet prioritas nomor 1.

Sebagai buktinya, teknologi 4G memiliki latency atau yang biasa kita sebut ‘ping’ yang lebih rendah serta kecepatan transmisi data yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan teknologi 3G.

Kedua alasan yang sudah disebutkan di atas sepertinya sudah layak menjadi faktor penentu untuk memilih koneksi internet yang sudah mendukung teknologi 4G sebagai alat pendukung dalam melakukan aktivitas sehari-hari yang mengharuskan kita terhubung ke internet.

Di Indonesia sendiri, teknologi 4G yang baru-baru ini mulai populer dikalangan masyarakat mulai gencar dipromosikan oleh para operator seluler ternama seperti Telkomsel, XL Axiata, Smartfren dan Indosat Ooredoo.

Dalam melakukan promosi tersebut, para operator seluler sampai menyatakan bahwa produk 4G mereka memiliki kecepatan tertinggi dan jangkauan terluas di Indonesia.

Tapi apakah benar seperti itu adanya?

Untuk membuktikan pernyataan para operator seluler tersebut, disini saya akan melakukan sebuah studi banding yang tujuannya sendiri untuk membandingkan kecepatan dari keempat operator seluler tersebut di sebuah tempat yang bisa dibilang cukup rawan sinyal karena berada di perbatasan antara wilayah kota dan kabupaten.

Pengujian kecepatan keempat operator seluler tersebut saya lakukan dalam keadaan cuaca cerah tak berawan di sebuah lokasi di Bandung, tepatnya di daerah Buahbatu.

Alat pembanding yang saya gunakan disini ada tiga yaitu,

sebuah smartphone 4G bermerek Hisense Pure Shot, aplikasi Speedtest.net untuk mengukur kecepatan secara umum, serta 4Gmark yang fungsinya untuk mengukur kecepatan secara spesifik seperti kecepatan streaming dan kecepatan dalam membuka suatu situs di internet.

Untuk tes kecepatannya sendiri, saya melakukan enam kali tes kecepatan menggunakan aplikasi speedtest untuk menentukan kecepatan maksimal serta kecepatan minimal.

Hal tersebut saya lakukan agar nantinya Anda akan tahu sebaik apa suatu operator seluler di lokasi saya dan mungkin juga lokasi Anda yang tentunya akan menjadi pertimbangan bagi orang-orang pinggiran kota lainnya yang berdomisili tidak hanya di kota Bandung.

Baiklah, tanpa panjang lebar lagi mari kita mulai perbandingan kecepatan internet dari masing-masing operator seluler dimulai pada halaman berikutnya.

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel