Mau Beli Keyboard Baru? Pertimbangkan Dulu Enam Hal Ini Sebelum Membeli!

3 Feb 2016 19:00 11299 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
 Pertimbangkan enam hal ini sebelum membeli keyboard 

Keyboard adalah salah satu komponen sistem komputer yang sangat penting. Keyboard adalah salah satu dari sepasang alat input utama pada sistem komputer pada umumnya. Alat input utama lainnya itu adalah mouse.

Meskipun keyboard memiliki bentuk tradisional yang cenderung mudah dikenali, namun ternyata keyboard tidak semuanya sama. Ada keyboard yang khusus untuk mobilitas  ada pula keyboard yang mementingkan kenyamanan. Ada keyboard yang dipakai untuk kerja serbaguna, ada pula keyboard yang digunakan khusus untuk gaming. Ada juga keyboard yang masih menggunakan kabel, ada pula keyboard yang menggunakan koneksi wireless dan bluetooth.

Nah, jika kebetulan Anda ingin membeli keyboard baru, mungkin keenam poin ini patut menjadi bahan pertimbangan. Mari simak!

 

1. Standard atau Gaming?

Tahukah Anda bahwa keyboard itu sebenarnya tidak hanya begitu-begitu saja? Bagi kita yang awam, mungkin mengenal keyboard sebagai keyboard biasa, berfungsi sebagai alat input, untuk memasukkan data angka dan huruf (alfanumerik), atau simbol-simbol lainnnya, juga sebagai alat kendali komputer. Namun begitu, sejatinya ada banyak sekali jenis keyboard di dunia.

Coba perhatikan dua contoh keyboard di bawah ini. Apa perbedaan di antara keduanya? Yang atas tampak biasa sedangkan yang dibawahnya tampak lebih keren?

Mau Beli Keyboard Baru? Pertimbangkan Dulu Enam Hal Ini Sebelum Membeli!

Sebenarnya bukan cuma soal keren atau polosnya sih. Gambar tersebut memperlihatkan perbandingan umum tombol dan kelengkapan fitur pada dua jenis keyboard: keyboard generik yang serbaguna dan keyboard gaming yang memiliki tombol makro. Keyboard gaming berbeda dari keyboard biasa karena biasanya dilengkapi dengan yang namanya tombol macro. Tombol ini bisa diprogram ulang sendiri fungsinya, melalui software yang disediakan ataupun secara langsung.

Umumnya, harga keyboard gaming lebih mahal daripada keyboard generik karena memiliki memori sendiri untuk merekam fungsi-fungsi programmable macro tadi.

About The Author

Shafwan Nugraha 77
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel