Cara Berani Berbicara di Depan Umum

19 Jan 2016 13:04 4310 Hits 1 Comments
Hari ini, kita akan bersama-sama belajar tentang Berani Berbicara di Depan Umum. Baru-baru ini, saya mensurvey 20 orang mahasiswa tentang "Mengapa Takut Berbicara ?". Dari hasil yang saya peroleh bisa disimpulkan 80% dari 20 mahasiswa yang mengikuti survey takut untuk berbicara di depan umum. Ini kalangan mahasiswa, ketakutan berbicara di depan umum bukan saja dialami oleh mahasiswa, usia kerja ...

Halo pembaca setia Plimbi.com. Hari ini, kita akan bersama-sama belajar tentang Berani Berbicara di Depan Umum. Baru-baru ini, saya mensurvey 20 orang mahasiswa tentang "Mengapa Takut Berbicara ?". Dari hasil yang saya peroleh bisa disimpulkan 80% dari 20 mahasiswa yang mengikuti survey takut untuk berbicara di depan umum. Ini kalangan mahasiswa, ketakutan berbicara di depan umum bukan saja dialami oleh mahasiswa, usia kerja dan tua pun juga mengalami hal ini. Lalu bagaimana mengatasinya ? Kali ini kita akan bersama-sama belajar untuk berani berbicara di depan umum. Oh ya, sebelum jauh membahas apa yang harus dilakukan untuk berani berbicara di depan umum, mari kita simak terlebih dahulu hasil survey yang baru-baru ini saya lakukan.

Survey via Google Form

Pada survey yang saya lakukan, saya memberi 3 pertanyaan yang wajib dijawab oleh kontributor. Pertanyaan pertama adalah Seberapa sering Anda malu ketika akan berpendapat ? 25% dari 20 orang memilih "sering sekali" dan sisanya memilih "kadang-kadang". Ini menunjukkan bahwa 25% orang masih sering malu ketika akan berpendapat, padahal mengemukakan pendapat adalah salah satu cara agar kita dianggap kehadirannya dalam suatu pergaulan.

Survey via Google Form

Pertanyaan kedua adalah Tahukan Anda apa penyebabnya ? 60% orang menjawab "tahu" dan 40% "tidak tahu". Ini adalah pertanda yang sangat baik, mayoritas orang mengetahui mengapa mereka takut untuk berbicara. Bagi Anda yang belum tahu, maka cari tahulah agar mudah menakhlukkannya, caranya bisa merenung atau minta bantuan teman dekat Anda.

Survey via Google Form

Kemudian pertanyaan terakhir adalah Apa penyebabnya ? 80% orang menjawab Takut mencoba, 5% Trauma dan terkahir 15% tidak tahu. Mental takut mencoba sering dimiliki banyak orang, padahal dengan mencoba kita akan tahu sampai dimana kemampuan kita sebenarnya.

Itulah hasil survey yang saya lakukan kepada 20 mahasiswa. Bagaimana dengan Anda ? Apakah Anda juga mengalami hal yang sama ? 

Baiklah, kita akan belajar bagaimana cara berani berbicara di depan umum. Berikut tips-tipsnya :

 Membaca

gambar by perfectogift.com

1. Membaca. Dengan membaca Anda telah mencuri start dari orang lain, bahasa kerennya adalah selangkah lebih maju. Bagi Anda yang sudah terbiasa membaca, perbanyaklah lagi refrensi Anda, dan bagi Anda yang belum terbiasa membaca, mulailah dengan membaca hal-hal yang Anda sukai. Percayalah, dengan Anda banyak membaca maka rasa percaya diri pelahan akan meningkat. Jika Anda akan melakukan presentasi, maka baca dan pahamilah dengan baik materi yang akan disampaikan. Jangan sampai Anda tidak paham dengan apa yang Anda sampaikan. Ingat, bukan dihapal, namun di pahami. Ini sangat berbeda.

Sosialisasi

gambar by citraremajagaul.blogspot.com

2. Sosialisasi. Jangan pernah mengurung diri kalau Anda ingin berani berbicara, keluarlah dan bersosialisasilah. Dunia ini sangat indah pembaca Plimbi.com. Banyaklah Anda berkenalan dengan orang, latih diri Anda untuk mendengarkan apa yang disampaikan orang lain, lalu sampaikan tanggapan Anda. Pelahan-lahan maka akan terbiasa membuat Anda bertemu banyak orang dan kemudian rasa pecaya diri akan tumbuh. Bagi pembaca Plimbi.com yang masih Pelajar atau Mahasiswa, Anda bisa mengikuti berbagai Organisasis Intra (dalam) atau Organisasi Ekstra (luar) sekolah dan kampus. Di dalam oraganisasi, Anda akan berlatih berbicara, berpendapat, dan bersosialisasi dengan natural.

Bercermin

gambar by andriewongso.com

3. Cermin. Seringlah berlatih berbicara didepan cermin. Perhatikan wajah Anda, Ekspresi, Mimik dan Gesture Anda. Sampaikan pendapat Anda kepada cermin itu, bayangkan seakan-akan pantulan cermin itu adalah orang lain. Bangun percaya diri Anda. Selain itu, Anda juga bisa berdiri diatas kasur kemudian bayangkan seakan-akan didepan Anda banyak sekali orang. 

Gunakan Gerakan Tangan dan Ekspresi Wajah

gambar by beritasatu.com

4. Gunakan Tangan dan Ekspresi Wajah. Jika sudah mulai terbiasa, maka belajarlah menggunakan gerakan tangan dan ekspresi wajah. Natural saja tidak usah terlalu dibuat-buat dan berlebihan. Coba Anda saksikan para narator-narator yang menggunakan gerakan tangan dan ekspresi wajah seperti Presiden Tercinta Kita, Bapak Presiden Joko Widodo.

Ikhlas

gambar by kumpulankatabijak.com

5. Ikhlas. Ikhlas dalam menyampaikan. Ikhlaslah dalam menyampaikan apa yang ingin Anda sampaikan. Kadang kala yang membuat kita gerogi adalah kita ingin menyaingin orang lain. Motivator Indonesia Mario Teguh mengajarkan Ikhlas dalam menyampaikan pendapat di depan umum. Berikut videonya : 

Itulah cara Berani Berbicara di Depan Umum. Mudah-mudahan dengan hadirnya artikel ini bisa membantu Anda terutama yang masih malu berbicara didepan umum. Mulai dari diri sendiri, ajak keluarga kemudian orang lain. Jangan pernah takut mengatakan dan melakukan yang benar. Semoga bermanfaat. Selamat berbicara didepan umum.

About The Author

Mirza Bareza 27
Novice

Mirza Bareza

Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Univ. Muhammadiyah Malang

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel